kulit wajah mengelupas

Kulit wajah mengelupas bisa dialami oleh siapa pun, tidak peduli apa jenis kulitnya maupun skincare yang digunakan. Pada dasarnya, penyebab kulit wajah mengelupas adalah akibat proses pergantian kulit baru. Ini adalah mekanisme kulit dalam melindungi lapisan kulit yang dalam saat terbakar matahari atau terkena panas ekstrim. Namun, di era penuh polusi seperti saat ini, penyebab kulit wajah mengelupas bisa terjadi karena beragam faktor seperti penggunaan skincare yang berlebihan, treatment menggunakan bahan kimia berpersentase tinggi, hingga kondisi medis tertentu. Yuk cari tahu penyebab kulit wajah mengelupas yang mungkin Realfoodfam alami: 

1. Kulit Wajah Kering dan Dehidrasi

Kulit wajah yang kering adalah kulit wajah yang kekurangan produksi minyak alami sehingga hal ini bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Ketika kulit kering, sel-sel kulit biasanya tidak mampu menjaga skin barrier kulit sehingga terjadi iritasi dan pengelupasan. Diperparah dengan kondisi dehidrasi alias kurangnya kelembapan alami kulit, kulit akan menjadi mudah mengelupas bahkan hingga terasa perih dan gatal. Imbangi dengan skincare yang melembapkan dan meningkatkan kekuatan skin barrier kulit, seperti ceramide, hyaluronic acid, fatty acid, dan collagen.

2. Penggunaan Produk untuk Jerawat dan Anti-Aging

Beberapa jenis produk untuk jerawat dan anti-aging dapat menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Meskipun hal ini bersifat sementara, tetapi kulit wajah mengelupas dapat menganggu penampilan sehari-hari. Penggunaan kandungan retinoid atau retinol dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas dan makeup susah menempel, sehingga ada baiknya kamu menggunakan retinoid atau retinol di kulit yang kering dan gunakan pelembap. Sedangkan asam salisilat dan benzoyl peroxide untuk jerawat sebaiknya dikurangi frekuensi penggunaannya untuk mengurangi kulit wajah mengelupas. 

3. Treatment Peeling 

Dokter kulit atau dermotologist biasanya menggunakan AHA dan BHA tinggi saat melakukan chemical peeling dan hal ini dapat menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Pasalnya, AHA dan BHA akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan mengelupas seminggu setelahnya. Gunakan krim wajah dengan kandungan silicone dan bebas parfum untuk meredakan kulit wajah yang mengelupas.

4. Kulit Terbakar Matahari

Apakah kamu baru saja mengunjungi pantai atau beraktivitas di bawah matahari? Jika iya, sunburn atau terbakar matahari bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Sunburn adalah kondisi kulit yang terpapar matahari terus-menerus sehingga kulit mati mengelupas. Biasanya diikuti dengan kemerahan, rasa perih, dan peradangan. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aloe vera gel atau aftersun. Jika kulit terasa sangat menyakitkan dan kulit wajah mengelupas sangat parah, segera kunjungi dokter. 

5. Reaksi Alergi

Menggunakan skincare atau makeup yang salah juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti kulit wajah mengelupas. Biasanya terjadi saat alergen bertemu dengan kulit kemudian membuat kulit menjadi gatal, digaruk, kering, dan kemudian mengelupas dengan lepuhan. Jika Realfoodfam mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pertolongan pertama yang tepat. Cari tahu juga bahan baku yang mungkin menyebabkan alergi di kulitmu.

6. Masalah Kulit Tertentu

Kulit wajah mengelupas tanpa hal yang jelas? Mungkin terjadi karena kulitmu sensitif dan memiliki kondisi penyakit seperti eksim, psoriasis, rosacea, infeksi bakteri atau jamur, dermatitis seboroik, atau bahkan hipotiroidisme. Jika kamu merasa kemungkinan penyakit kulit, kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan juga pengujian tiroid jika kulitmu sangat kering hingga mengelupas karena kemungkinan itu adalah gejala hipotiroid!

Artikel Terkait Lainnya: