cara menghilangkan stretch mark

Stretch mark tidak hanya terasa gatal tetapi juga kerap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Hal inilah yang ingin membuat Realfoodfam mencari cara menghilangkan stretch mark. Sebenarnya stretch mark bisa dihilangkan dengan terapi laser atau pengobatan mikrodermabrasi, namun hal tersebut tentunya beresiko.

Untuk meminimalisir resikonya, Realfoodfam bisa mencoba menghilangkan stretch mark dengan bahan yang alami. Penyebab stretch mark pun beragam, mulai dari kehamilan, kondisi medis tertentu, hingga penggunaan kortikosteroid. Yuk, cari tahu bagaimana cara menghilangkan stretch mark menggunakan bahan alami berikut ini:

1. Kopi

Selain bisa menghilangkan ngantuk, kopi juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch mark dengan menjadikannya sebagai scrub. Caranya mudah, haluskan biji kopi atau menggunakan bubuk kopi instan murni dan belum tercampur bahan apapun.

Kemudian, campurkan bubuk kopi tersebut menggunakan air hangat hingga membentuk pasta. Aplikasikan campuran bubuk kopi tersebut pada area kulit yang memiliki stretch mark dan pijat secara perlahan.

2. Cocoa Butter

Biasanya cocoa butter terkandung dalam bentuk lotion dan juga sunblock. Cocoa butter sendiri merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Manfaat dari cocoa butter adalah untuk menghilangkan stretch mark yang ada pada bagian perut dan paha.

Pasalnya, cocoa butter memiliki sifat melembabkan yang baik untuk menyamarkan stretch mark. Cara menggunakan cocoa butter untuk menghilangkan stretch mark yaitu dengan mengoleskannya pada malam hari di area kulit yang terdapat stretch mark.

3. Bubuk Coklat

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya yaitu dengan menggunakan bubuk coklat murni. Realfoodfam bisa membuat pasta bubuk coklat dengan mencampurkannya dengan air hangat. Pastikan teksturnya pas, tidak terlalu encer dan tidak terlalu pekat.

Oleskan pasta coklat tersebut pada bagian kulit yang memiliki stretch mark. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit dan bilas hingga bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali sehari.

4. Lidah Buaya

Untuk menghilangkan stretch mark, pastikan kulit terjaga kelembabannya. Oleh karena itu, menghilangkan stretch mark bisa menggunakan lidah buaya karena sifatnya mampu melembabkan kulit.

Caranya yaitu dengan mencuci bersih lidah buaya, kupas, dan ambil gel-nya. Aplikasikan gel tersebut secara merata pada bagian stretch mark. Tunggu gel lidah buaya hingga meresap kurang lebih 45 menit dan bilas hingga bersih.

5. Gula Pasir

Bahan alami yang bisa menghilangkan stretch mark adalah gula pasir karena bisa dijadikan sebagai agen mikrodermabrasi alami. Gula yang berbentuk butiran kecil bisa dijadikan sebagai scrub yang jika dioleskan pada kulit dapat membantu pengelupasan area tersebut dan stretch mark berangsur-angsur menghilang.

Campurkan satu cangkir gula dengan ¼ cangkir minyak kelapa. Kemudian, aplikasikan pada area kulit yang memiliki stretch mark dan pijat secara perlahan. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu sebelum mandi agar hasilnya optimal.

6. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak zaitun dinilai mampu menghilangkan stretch mark pada kulit. Kemudian, minyak zaitun juga mampu melembabkan kulit sehingga stretch mark pun memudar.

Stretch mark juga seringkali menimbulkan sensasi gatal karena adanya peregangan kulit. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang memiliki stretch mark, rasa gatal pun berangsur-angsur berkurang.

7. Lemon

Salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kulit sehingga membantu mengurangi resiko terjadinya stretch mark yaitu dengan memenuhi asupan vitamin C. Selain itu, Realfoodfam bisa menggunakan bahan alami seperti lemon yang kaya akan vitamin C untuk diaplikasikan pada area stretch mark.

Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit yang dapat memperparah stretch mark. Aplikasikan lemon pada area kulit yang memiliki stretch mark karena dapat membantu dalam regenerasi kulit sehingga stretch mark cepat hilang.

8. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch mark. Pasalnya, minyak kelapa kaya akan vitamin E dan asam lemak yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Realfoodfam bisa menggunakan minyak kelapa murni yang banyak dijual di pasaran atau membuatnya sendiri. Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak kelapa yaitu dengan mengoleskannya pada area stretch mark. Pijat secara perlahan dan diamkan beberapa menit agar menyerap sempurna.

9. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang berfungsi sebagai antibiotik alami yang berguna untuk meregenerasi kulit. Oleh karena itu, kentang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch mark.

Caranya mudah, yaitu Realfoodfam bisa menumbuk kentang yang sudah direbus hingga halus. Campurkan dengan 2 sendok susu hingga bertekstur seperti pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada area kulit yang terdapat stretch mark, diamkan hingga 30 menit, dan bilas hingga bersih.

Ternyata terdapat beragam cara menghilangkan stretch mark hanya dengan bahan alami. Bahkan, beberapa bahan alami tersebut bisa Realfoodfam temukan dengan mudah di rumah. Jangan lupa untuk rutin melakukannya agar stretch mark berangsur-angsur menghilang.

Artikel Terkait Lainnya: