minyak kelapa

Minyak yang biasa digunakan sebagai alternatif dalam memasak ini tak hanya sehat, namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan. Minyak kelapa merupakan minyak jenuh yang secara tradisional dibuat dengan cara mengekstraksi minyak dari buah kelapa mentah atau kelapa kering. Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang meliputi asam laurat, asam miristat, asam kaprilat, asam palmitat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang wajib Realfoodfam ketahui. Salah satunya bisa membuat wajah glowing dan awet muda glowinglho!

1. Bisa digunakan untuk diet

Selain menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif pengganti minyak sawit saat memasak, kamu juga bisa menyelipkan minyak kelapa dalam program dietmu lho. Caranya bisa dicampurkan dengan menu makanan tertentu pada program dietmu. Minyak kelapa akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Lemak yang ada dalam minyak kelapa juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh.

2. Sebagai penghapus riasan

Bagi Realfoodfam yang sehari-hari menggunakan make up pasti sudah tidak asing dengan minyak kelapa yang dijadikan penghapus make up atau make up remover. Kamu bisa menjadikan minyak kelapa sebagai first cleanser atau pengganti cleansing oil untuk menghapus riasan wajah yang sifatnya ringan lho! Minyak kelapa dapat membantu menghilangkan semua kotoran tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah.

3. Melembapkan kulit

Salah satu kunci kulit glowing dan awet muda adalah dengan menjaga asupan cairan agar kulit tetap terhidrasi. Untuk itu, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit wajah agar kulit tetap lembap dan terhidrasi. Sebuah penelitian NCBI membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral pada orang dengan kulit kering, dan menemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim. 

4. Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat minyak kelapa yang jarang diketahui banyak orang salah satunya dapat meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa membantu menjaga kekenyalan kulit lho. 

Selain menggunakan minyak kelapa di wajah, kamu juga bisa melengkapi upaya menjaga kulit sehat dan glowingmu dengan mengonsumsi beauty snack Realfood Jelly. Cemilan Jelly sehat pertama di Indonesia ini memiliki  kandungan kolagen dan retinol yang pastinya sangat baik untuk kulit. Kamu bisa mengonsumsi cemilan beauty jelly ini dimanapun dan kapanpun.

5. Mengobati jerawat

Minyak kelapa mengandung senyawa yang berperan sebagai antiinflamasi dan dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Dituliskan oleh Cosmopolitan bahwa minyak kelapa bermanfaat dalam merawat kulit yang rentan berjerawat dengan kandungan asam linoleat di dalamnya yang juga berfungsi untuk menenangkan kulit. Selain itu juga asam laurat dianggap sebagai antimikroba yang terbukti membantu menurunkan bakteri penyebab jerawat.

6. Membantu mencegah penuaan dini 

Polusi lingkungan dan paparan sinar UV menjadi salah satu penyebab stres oksidatif yang memicu penuaan dini. Minyak kelapa memiliki fungsi untuk membantu mencegah penuaan dini. Minyak kelapa dapat menjadi penghalang terhadap debu dan polutan lingkungan lainnya yang memperlambat penuaan dini.

7. Kurangi peradangan

Peradangan kulit dapat memicu munculnya berbagai gangguan kulit lain seperti eksim, dermatitis atau psoriasis. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan. Minyak kelapa mengandung banyak asam laurat dan kaprilat yang juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Selain itu, fungsi antioksidan pada minyak kelapa juga sangat membantu dalam menetralkan peradangan.

8. Membantu penyembuhan luka

Manfaat minyak kelapa juga disebut-sebut dapat membantu proses penyembuhan luka. Dalam penelitian yang dipublikasikan Skin Pharmacology and Physiology disebutkan bahwa minyak kelapa murni dapat mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu penyembuhan luka. Tak hanya itu, antimikroba yang ada pada minyak kelapa juga mampu mencegah infeksi.

9. Untuk kesehatan rambut

Selain untuk kulit, minyak kelapa juga sangat efektif untuk menghilangkan protein yang dapat menyebabkan rambutmu kering dan tidak sehat lho Realfoodfam! Dengan begitu minyak kelapa dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat dan tentunya rambut akan menjadi lebih berkilau.

Itulah 9 manfaat minyak kelapa untuk tubuh dan kulit. Meskipun sehat dan memiliki banyak kebaikan untuk tubuh, namun pastikan untuk memilih produk minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) ya Realfoodfam! Pasalnya produk minyak kelapa yang baik biasanya memiliki label murni, dan non-GMO, selain itu biasanya memiliki warna kekuningan cenderung bersih.

Artikel Terkait Lainnya: