minyak zaitun

Minyak zaitun seringkali dimanfaatkan untuk memasak atau sebagai dressing salad. Padahal minyak zaitun juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan karena kandungan vitamin E nya. Untuk memiliki kulit bersih dan cerah, Realfoodfam perlu rutin merawat kulit dengan baik mulai dari membersihkan wajah, exfoliating, hingga menggunakan pelembap. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun ke dalam beauty routine untuk mendapatkan kulit sehat dan putih bak artis Korea. 

1. Menghapus riasan di wajah

Jika Realfoodfam memiliki jenis kulit sensitif terhadap kandungan produk kecantikan tertentu, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu produk dalam rutinitas kecantikanmu. Minyak zaitun juga bisa menghapus riasan di wajah. Kamu dapat memanfaatkannya sebagai pengganti cleansing oil dalam tahapan double cleansing untuk mengangkat sisa make up dan kotoran di wajah. Oleskan pada wajah kemudian pijat dengan gerakan memutar beberapa menit. Bersihkan dengan kapas sebelum mencucinya dengan pembersih wajah pilihanmu. 

2. Melembapkan kulit wajah

Memiliki banyak nutrisi dan antioksidan, minyak zaitun mampu memelihara kesehatan kulit. Bahkan menurut penelitian, minyak ini merupakan jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kulit dan mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Dengan kelembapan terjaga, akan meminimalisir munculnya kerutan di wajah dan kulitmu akan terlihat sehat dan awet muda. 

3. Menangkal radikal bebas

Minyak zaitun juga memiliki antioksidan tinggi dan dapat berfungsi sebagai antiradang. Sehingga dapat membantu melindungi dan menangkal dampak buruk sinar matahari pada kulit wajah. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengoleskan minyak zaitun pada wajah setelah terkena paparan sinar matahari dapat membantu melawan sel-sel penyebab kanker.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan untuk Kesehatan

4. Sebagai eksfoliator wajah alami

Selain sebagai pembersih riasan wajah, minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan sebagai eksfoliator alami lho, Realfoodfam! Terutama jika kamu memiliki kulit kering bersisik, kamu bisa mencampurnya dengan garam laut atau gula dan menjadikannya scrub. Kemudian oleskan di wajah atau di area tubuh yang kering. Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih ya. 

5. Dapat digunakan sebagai krim mata

Untuk meminimalisir munculnya kerutan di area bawah mata, kamu bisa mengoleskan sedikit olive oil sebelum tidur. Olive oil akan menghidrasi kulit yang kering dan bisa kamu jadikan sebagai alternatif krim mata. 

6. Menghilangkan bekas jerawat

Mengobati bekas jerawat membandel juga bisa kamu lakukan dari rumah, misalnya dengan memanfaatkan olive oil. Oleskan sedikit minyak zaitun ke area bekas jerawat, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit perlahan untuk mempercepat penyerapan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. 

7. Menghaluskan wajah

Kegunaan olive oil untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk menghaluskan wajah. Kandungan squalene yang tinggi pada minyak zaitun membantu untuk menghaluskan wajah. Squalene merupakan molekul yang dapat diproduksi secara alami oleh sel-sel kulit. Namun seiring bertambahnya usia, produksi squalene akan melambat, hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan kasar. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu bisa gunakan minyak zaitun dengan campuran bahan lain, misalnya pepaya. Enzim papain pada pepaya dapat meregenerasi kulit, serta Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan membantu menutrisi, dan menghaluskan kulit wajah kamu lho, Realfoodfam! Cukup haluskan pepaya dan mencampurnya dengan minyak zaitun secukupnya, lalu diamkan campuran tersebut selama 10-15 menit di wajah. 

8. Mengencangkan wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga memperlambat timbulnya tanda penuaan. Minyak zaitun juga memiliki zat polifenol sebagai pelindung sel-sel dari kerusakan. Sehingga menggunakan minyak zaitun secara rutin dapat membantu mengencangkan kulit wajah dengan efektif 

9. Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan wajah

Untuk memutihkan wajah dengan minyak zaitun, kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dan mencampurnya dengan bahan alami lain seperti lemon. Berikut langkah membuat masker minyak zaitun untuk memutihkan wajah: 

  • Campur 1 sendok teh extra virgin olive oil dengan 2 sendok teh air lemon.
  • Campuran kemudian oles pada wajah perlahan
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat

Gabungan antara olive oil dan perasan air lemon memiliki nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mencerahkan, mengencangkan, serta melembutkan kulit. Namun jangan lupa untuk mencuci wajah sebelum menggunakan masker. Dan jika terjadi rasa perih, baiknya segera bilas masker dan gunakan gel untuk meredakan iritasi. Gunakan masker maksimal 1 kali seminggu agar tidak menimbulkan iritasi. Dan pastikan takaran olive oil yang kamu gunakan tidak terlalu banyak. Sebab menggunakan terlalu banyak 

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari minyak zaitun, kini Realfoodfam tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan olive oil pada menu makanan dan perawatan kecantikanmu. Namun pastikan produk yang kamu pilih sudah bersertifikat dan memiliki kualitas yang baik ya, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: