minyak almond

Kacang almond terkenal kaya akan antioksidan dan nutrisi, seperti protein, mineral, dan Vitamin (A,B, D, dan E). Selain dikonsumsi sebagai makanan, almond juga banyak dimanfaatkan sebagai minyak almond untuk perawatan wajah. Minyak almond seringkali digunakan sebagai minyak untuk aromatherapy, hingga produk kecantikan wajah. 

Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, minyak almond memiliki beragam manfaat Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak almond untuk kecantikan dan kesehatan: 

1. Membersihkan Kulit Wajah 

Salah satu manfaat minyak almond adalah sebagai pembersih wajah alami. Sebab almond memiliki kemampuan melembapkan dan mencegah kulit kering, bahkan dapat meredakan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Namun pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kacang almond ya, Realfoodfam! Kamu dapat menggunakan minyak almond untuk membersihkan wajah, dan pijat selama 1-2 menit. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk. 

2. Memperlambat munculnya tanda penuaan

Kandungan vitamin A dan E pada minyak almond dapat membantu memperlambat tanda penuaan pada kulit. Kandungan Vitamin A merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sedangkan vitamin E bekerja untuk mencegah kerusakan kulit. 

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Berdasarkan penelitian dari Universitas Hamdard, minyak almond dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan meminimalisir dampak radikal bebas. Sebab salah satu manfaat lain dari minyak almond dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan minyak almond pada wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Almond kaya akan lemak tak jenuh dan fitosterol yang dapat membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Minyak almond memiliki sifat anti-inflamasi, serta bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Satu sendok makan minyak almond dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

5. Menangkal radikal bebas

Minyak almond memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat memicu munculnya sejumlah penyakit seperti kanker kulit. Untuk itu memperbanyak konsumsi vitamin E dapat membantu mengurangi resiko tersebut. 

6. Menurunkan berat badan

Dalam penelitian The Lancet Diabetes & Endocrinology disebutkan bahwa melakukan diet lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi minyak almond dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya mengonsumsi minyak almond dapat menimbulkan efek kenyang. Kamu dapat menggunakan minyak ini sebagai dressing salad sebagai opsi. 

7. Mengendalikan gula darah

Salah satu manfaat minyak almond adalah menjaga gula darah agar tetap stabil. Kandungan lemak jenuh dan tak jenuh dalam minyak almond dapat menurunkan kadar gula dalam darah. 

8. Meredakan peradangan jerawat

Memiliki kandungan vitamin E dan zinc, minyak almond dapat membantu mengobati peradangan pada kulit, dan juga mengobati jerawat. Zinc pada minyak almond berfungsi untuk menyembuhkan jerawat atau bekas luka wajah lainnya. 

9. Mengurangi stretch marks

Untuk Realfoodfam yang sedang hamil, kamu bisa memanfaatkan almond dalam bentuk minyak selama hamil untuk mencegah munculnya stretch mark. Penelitian yang dituliskan dalam The Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine pun menyebutkan bahwa krim yang mengandung minyak almond dapat mengurangi penyebaran stretch mark

10. Membantu menyuburkan rambut

Minyak kacang almond juga baik untuk kesehatan rambut seperti memperkuat dan memperbaiki helaian rambut menjadi lebih lembut dan halus. Antioksidan pada almond juga dapat melindungi rambut stress akibat polusi dan debu. Tak hanya itu, kandungan vitamin B-7 nya juga dapat membuat rambut dan kuku lebih sehat dan kuat.

Cara Menggunakan Minyak Almond

Berbagai manfaat yang dapat kamu dapatkan dari minyak almond dapat kamu rasakan dengan menggunakannya secara rutin dalam rutinitas kecantikanmu. Berikut beberapa cara menggunakan minyak dari almond: 

  • Sebagai pembersih wajah. Kamu dapat mengoleskannya sebelum mencuci muka dengan pembersih wajah. Cukup oleskan minyak almond dan pijat perlahan selama 5 menit sebelum mencuci muka untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. 
  • Sebagai scrub. Campurkan minyak almond dengan sedikit gula hingga bertekstur seperti pasta. Lalu usapkan pada wajah dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat. Dengan melakukan hal ini dapat mengeksfoliasi kulit dan membersihkan wajah secara menyeluruh. 
  • Sebagai pelembap wajah. Cara lainnya adalah menggunakan minyak almond sebagai face oil atau pelembap wajah. Namun pastikan untuk menggunakannya di malam hari untuk menghindari produksi minyak berlebih akibat sinar UV.
  • Sebagai masker rambut. Kamu dapat menggunakan minyak almond sebagai masker dengan mendiamkannya di rambut selama 15-20 menit sebelum keramas. Kemudian bilas rambut hingga bersih. Pastikan tidak ada residu yang tersisa ya, Realfoodfam! Agar tidak menimbulkan ketombe atau masalah rambut lainnya.
  • Pijat wajah. Minyak almond dapat digunakan sebagai minyak untuk memijat wajah. Cukup mengoleskan selama 10-15 menit di wajah. Setelahnya kulit akan terasa lembap dan rileks. 

Dengan berbagai manfaat minyak kacang almond yang disebutkan diatas, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan minyak almond dalam rutinitas kecantikanmu sehari-hari. Namun pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan untuk menghindari kulit menjadi berminyak dan munculnya jerawat.

Artikel Terkait Lainnya: