cara menghilangkan kulit belang

Beraktivitas di bawah paparan sinar matahari atau berjemur di pantai memang begitu menyenangkan, tetapi jika kamu tidak rutin re-apply sunscreen, pastinya kamu akan mendapatkan kulit belang di akhir hari. Yuk, cari tahu 5 cara menghilangkan kulit belang yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. 

1. Gunakan Aftersun

Pernah dengar aftersun? Produk kecantikan yang tidak kalah penting dari sunscreen ini mungkin banyak kita lewatkan, padahal aftersun mampu memberikan kesejukan dan rasa nyaman pada kulit yang terpapar sinar matahari seharian. Biasanya aftersun mengandung aloe vera dan bertekstur gel atau lotion ringan. Aftersun sendiri bekerja dengan membantu kulit beradaptasi dengan temperatur dan mencegah kulit menjadi dehidrasi. Kamu bisa banget lho pakai aloe vera gel atau pelembap bertekstur gel tanpa parfum sebagai aftersun. Niscaya, cara ini memang bukan cara menghilangkan kulit belang tetapi ampuh mencegah kulit belang!

2. Jangan Lupa Eksfoliasi! 

Setelah beberapa hari, biasanya kulit yang terbakar matahari akan menjadi belang dan mulai tidak sakit lagi. Setelah kulit tampak belang, yuk bantu angkat sel-sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi. Cara menghilangkan kulit belang yang satu ini juga mampu membuat kulitmu terasa halus lho! Pilih eksfoliator yang lembut seperti body peeling atau toner AHA <5%. Sabun dengan butiran scrub halus juga bisa menjadi pilihan, yang penting gosokkan ke tubuh dengan lembut ya! Lakukan cara ini setidaknya 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

3. Gunakan Masker Bahan Alami

Kamu juga bisa lho membantu mempercepat cara menghilangkan kulit belang dengan menggunakan masker alami. Contohnya kamu bisa menggunakan masker parutan bengkoang untuk membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Atau masker kunyit yang awalnya akan membuat kulitmu menjadi kuning tetapi lama kelaman akan menjadi lebih cerah. Masker madu dan pepaya juga sangat baik karena ada kandungan antiinflamasi, antibakteri, dan enzim bromielin yang akan mengangkat sel-sel kulit mati. Pastikan kamu tidak menggunakan masker alami yang bersifat asam seperti lemon atau jeruk nipis ya karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Rutin Gunakan Body Lotion 

Menggunakan body lotion, meskipun bukan body lotion pemutih ternyata adalah salah satu cara menghilangkan kulit belang lho! Pasalnya, body lotion akan melembapkan kulit sehingga kolagen dan elastin terus diproduksi terus menerus dan membuat kulit cepat berenegerasi. Ada lebih baik jika menggunakan body lotion dengan kandungan AHA di malam hari dan lotion yang mencerahkan di pagi hari. 

5. Tetap Gunakan Sunscreen 

Sunscreen tidak hanya digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, tetapi juga sebaiknya digunakan di siang hari saat di dalam ruangan. Hal ini karena sinar matahari dapat menembus kaca jendela lho! Dan dengan rutin menggunakan sunscreen dapat menjadi cara menghilangkan kulit belang secara alami. Pintarlah memilih sunscreen dengan tekstur gel atau water-based yang ringan sehingga tidak terasa lengket sama sekali agar tetap terasa nyaman digunakan seharian. 

6. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Salah satu cara menghilangkan kulit belang dan mencerahkan kulit adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Tidak perlu suntik atau infus vitamin C, kamu juga bisa kok mendapatkan kulit bebas belang dan cerah dengan vitamin C oral 500mg sehari. Vitamin C sendiri bermanfaat untuk menunjang produksi kolagen pada kulit sehingga pertumbuhan sel-sel kulit baru akan lebih cepat dan tentunya kulit belang perlahan menghilang. Selain itu, konsumsi vitamin C sendiri juga sangat baik untuk kesehatan dan sistem imunmu lho! 

7. Konsumsi kolagen untuk Menunjang Kulit 

Gak cuma sekedar sebagai cara menghilangkan kulit belang, konsumsi kolagen juga sangat baik untuk kesehatan kulitmu lho! Kolagen bekerja seperti “top up” kolagen alami ditubuh untuk menggantikan kolagen yang hilang. Selain itu juga akan membantu menggantikan elstin dan hyaluronic acid yang hilang di dalam tubuh sehingga kulit menjadi lebih sehat dan kencang. Pastinya juga membantu produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Kamu bisa lho rutin konsumsi Realfood Up Peach & Collagen yang rendah gula untuk menunjang pertumbuhan sel-sel kulit baru!

8. Konsumsi Air Setidaknya 2 Liter

Selain vitamin C dan kolagen, cara menghilangkan kulit belang paling simpel adalah dengan konsumsi cairan yang cukup atau setidaknya 2 liter. Kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi semakin kering, kusam, dan belang di kulit semakin tampak jelas.

9. Tutup Area Belang dan Bersabar

Kunci dari cara menghilangkan kulit belang yang paling utama adalah dengan bersabar! Tentunya setiap kulit memiliki kemampuan yang berbeda dalam memperbaiki belang di kulit dan  menyamaratakan warna kulit. Setelah berikthiar dengan cara-cara di atas, ada baiknya kamu menutupi dulu area yang belang dengan topi atau baju, cara ini juga ampuh lho untuk menyamarkan belang! 

Semoga dengan cara di atas, belangmu cepat hilang ya! Gak perlu terburu-buru menggunakan bahan-bahan yang berbahaya, utamakan kesehatan kulitmu ya. Good luck!

Artikel Terkait Lainnya: