cara mengencangkan kulit wajah

Beragam cara mengencangkan kulit wajah dilakukan demi memiliki wajah yang kencang dan awet muda pastinya menjadi impian setiap perempuan. Padahal, kulit wajah yang mengendut adalah proses yang normal saat bertambah usia dikarenakan lemak yang berkurang di area wajah sehingga tampak kendur seperti balon kempis. 

Selain itu proses penuaan akibat berkurangnya produksi kolagen dan paparan sinar ultraviolet berlebih juga bisa menyebabkan kulit menjadi kendur sebelum waktunya lho. Namun, kamu juga tetap bisa kok menggunakan 3 cara mengencangkan kulit wajah yaitu dengan skincare, pola makan, dan gaya hidup. Ketiganya akan memperlambat mengendurnya kulitmu lho! Yuk simak cara mengencangkan kulit wajah di sini!

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Menggunakan Produk Kecantikan

1. Gunakan Skincare dengan Kandungan Peptide dan Kolagen

Sudah tahu belum, Realfoodfam, kalau peptide dan collagen di dalam skincare ternyata mampu menjadi salah satu cara mengencangkan kulit wajah? Peptide adalah asam amino yang dibutuhkan oleh kulit untuk membangun kolagen dan elastin, sehingga menggunakan serum atau moisturizer dengan kandungan peptide akan membantu mengencangkan kulit sehingga kulit tampak awet muda dan terhindar dari jerawat. Sedangkan collagen di dalam skincare mampu terjaga kelembapannya sehingga kulit tampak awet muda. 

2. Rutin Lakukan Pijat Wajah dengan Microcurrent 

Microcurrent adalah cara mengencangkan kulit wajah dengan cara memijat wajah dan memberikan listrik voltase rendah yang menargetkan pertumbuhan sel adenosine triphosphate (ATP) sehingga hal ini bekerja sebagai cara mengencangkan kulit wajah dengan mengencangkan otot dan jaringan penghubung pada wajah. Terutama pada area dahi. Tidak hanya microcurrent, kamu juga bisa menggunakan gua sha untuk memijat wajah. Pijat sendiri menstimulasi aktivitas selular seperti produksi kolagen, pembuangan limfatik, mengencangkan kulit, dan meratakan tekstur kulit.

3. Pakai Serum Retinol dan Vitamin C

Bukan rahasia lagi, retinol adalah cara mengencangkan kulit wajah yang bisa dilakukan sejak dini. Retinol adalah turunan vitamin A yang paling banyak diteliti untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Retinol mampu meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Gak cuma kencang dan bebas keriput aja, retinol juga menunjang pertumbuhan sel baru sehingga bebas noda lho! Sedangkan vitamin C sangat baik di pakai di pagi hari sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin C memang bukanlah satu-satunya cara mengencangkan kulit wajah, tetapi menggunakan vitamin C dapat menunjang produksi kolagen dan menunjang kinerja sunscreen.

4. Rutin Menggunakan Sunscreen 

Salah satu penyebab kulit menjadi kendur adalah paparan sinar ultraviolet! Maka dari itu cara mengencangkan kulit wajah untuk menangkisnya adalah dengan menggunakan sunscreen. Pastikan kamu menggunakan sunscreen 2 jari dan re-apply setiap 2 jam atau setelah kontak dengan air. Pemilihan sunscreen dengan broad spectrum atau PA system juga membantu mencegah pengenduran kulit karena sinar UV A lah yang menyebabkan kulit menjadi kendur. 

5. Berkonsultasi dengan Dokter untuk Perawatan Invasif

Kulit yang kendur dan berkeriput terkadang membutuhkan perawatan yang invasif di bawah pengawasan dokter spesialis kulit lho! Cara mengencangkan kulit wajah yang satu ini lebih pasti, cepat, aman, dan terbukti hasilnya karena memadukan penggunaan ultrasound, radiofrequency, microneedling, botox dengan bakteri C. botulinum, dan juga face lift. Pastinya cara mengencangkan kulit wajah yang satu ini gak murah ya, tapi hasilnya terjamin!

Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Pola Makan

1. Hindari Konsumsi Gula 

Tidak hanya gula berbahaya untuk kesehatan, gula juga memberikan dampak buruk untuk kulitmu melalui proses alami yang bernama glycation. Gula yang berada di pembuluh darah akan mengikat protein dan menghasilkan radikal bebas berbahaya yang disebut advanced glycation end produces (AGEs). AGEs yang terakumulasi akan membahayakan protein di sekitarnya sehingga kulit pun menjadi kendur.

2. Hindari Merokok dan Alkohol 

Minum alkohol dan merokok akan membuat kulit dehidrasi, kering, dan mudah berkeriput. Salah satu cara mengencangkan kulit wajah dengan mudah adalah menghindari dua hal ini! 

3. Perbanyak Sayur dan Buah 

Bukan rahasia lagi kalau cara mengencangkan kulit wajah adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Konsumsi sayur dan buah juga baik untuk kesehatan lho!

4. Konsumsi Cairan yang Cukup

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih atau cairan setidaknya 2 liter perhari untuk memenuhi kebutuan air tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengambil kelembapan dari kulit dan darah lho!

5. Konsumsi Minuman kolagen  

Meskipun banyak yang bilang kolagen tidak dapat diserap oleh tubuh secara optimal karena ukuran partikelnya yang terlalu besar, tetapi tidak ada salahnya mengonsumsi kolagen secara rutin lho! Kolagen yang dikonsumsi tidak hanya baik untuk kulit tapi juga untuk sendi lho! 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Gaya Hidup

1. Tidur Berkualitas yang Cukup 

Selalu penuhi kebutuhan tidur sehari yaitu 7-9 jam sehari! Saat kita terlelap, kulit memproduksi sel-sel kulit baru dan juga kolagen sehingga kulit tampak lembap dan kenyal senantiasa!

2. Kelola Stress dengan Baik 

Stres juga sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit lho! Cara mengencangkan kulit wajah tidak akan optimal jika kamu tidak mengelola stres kamu. Cobalah untuk rutin meditasi dan berlibur, serta berjemur setiap hari agar hormon kortisol tidak diproduksi berlebihan. 

3. Rutin Berolah Raga

Olah raga juga membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga bisa menjadi cara mengencangkan kulit wajah karena peredaran darah yang lancar akan menjadi cara mengencangkan kulit wajah terutama jika dilakukan secara rutin sejak usia 20an. 

4. Lakukan Yoga Wajah 

Tidak hanya berolah raga, lakukan juga yoga wajah. Yoga wajah adalah teknik menggerakkan wajah sekaligus memijat wajah untuk mengurangi garis halus di wajah. Rutin deh melakukan yoga wajah setiap malam menggunakan pelembap atau face oil. 

5. Latihan Poker Face

Poker Face? Ya, wajah datar tanpa ekspresi! Percaya atau tidak, banyak kegiatan sehari-hari yang membuat kita terbiasa mengerutkan wajah dan kemudian akan membuat garis halus dalam jangka panjang. Oleh karena itu, berlatihlah beraktivitas tanpa mengerutkan wajah atau memicingkan dahi. Tersenyumpun tidak perlu sampai membentuk smile lines. Sulit ya? Tapi itulah harga dari cara mengencangkan kulit wajah yang satu ini!

Baca Artikel Lainnya: