pola makan sehat bergizi dan seimbang

Apa Itu Pola Makan Sehat?

Pengertian pola makan sehat adalah kebiasaan hidup sehari-hari yang lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Pola makan sendiri dapat berarti perilaku seseorang dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Sedangkan, apa yang dimaksud pola makan sehat merujuk pada konsumsi pangan yang mengandung semua gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Inilah 7 Ciri-Ciri Makanan Sehat yang Harus Diketahui

Penerapan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang bisa membuat dan menjaga tubuh tetap berada dalam keadaan prima. Seseorang disebut memiliki pola makan yang sehat jika makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan gizinya, Realfoodfam bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang untuk mengetahui apa saja yang harus dimakan.

Manfaat Menerapkan Pola Makan Sehat

Penerapan pola makan yang benar sangat berkaitan dengan pola hidup sehat yang dilakukan. Namun, tidak semua orang mau menerapkan pola makan ini. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan pola makan sehat tiap hari.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Sebagian besar penyakit bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, contohnya penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan asam urat. Dengan mengontrol dan mengatur apa saja jenis makanan dan jumlah pangan yang diasup, risiko terkena penyakit tersebut akan berkurang.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan berat badan, semua itu harus diupayakan. Namun, semua itu tidak akan bisa terjadi tanpa pola makan yang benar. Mengonsumsi makanan berlemak dapat mengakibatkan tubuh kelebihan berat badan hingga obesitas. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan sehat dan olahraga untuk menurunkan berat badan.

3. Organ Tubuh Berfungsi Maksimal

Konsumsi makanan yang penuh gizi dan berimbang mampu menjaga sel-sel tubuh berfungsi secara optimal, sehingga tubuh akan lebih sehat tidak tidak mudah sakit.

Contoh Bagaimana Cara Menjaga Pola Makan yang Sehat

Menjaga pola makan sehat sudah terbukti sangat menguntungkan bagi tubuh. Namun, konsistensi bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi yang baru berlatih. Lalu, bagaimana cara dan contoh yang ideal untuk menerapkan pola makan sehat?

1. Membuat Catatan Konsumsi Pangan

Untuk memulai menerapkan pola makan yang sehat, langkah awal yang bisa dilakukan adalah membuat catatan kecil mengenai makanan apa saja yang dikonsumsi. Dari catatan tersebut, rencana pengaturan pola makan pun bisa dimulai. Sebagai langkah awal, Realfoodfam bisa mencoba menghitung kebutuhan kalori makanan agar tahu porsi ideal yang dibutuhkan oleh tubuh.
Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

2. Jam Makan yang Teratur

Setelah catatan kecil dibuat, langkah selanjutnya adalah mengatur jam makan. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsumsi makanan berlebih yang bisa mengakibatkan kegemukan.

3. Makan Sesuai Dengan Pedoman Gizi Seimbang

Selain jam makan, penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hal ini, justru merupakan bagian yang terpenting dalam penerapan pola makan yang sehat. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi telah memenuhi pedoman gizi seimbang, yakni terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Selain jenis gizinya, porsi makanan juga harus diperhatikan.

4. Minum 2 Liter Air Putih / 8 Gelas Sehari

Cairan sangat penting karena membantu tubuh tetap terhidrasi. Tidak hanya itu, air juga membantu menstabilkan nafsu makan. Oleh karena itu, air wajib dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang cukup. Manfaat minum air putih bagi tubuh ialah dapat mencegah terjadinya dehidrasi serta melancarkan proses metabolisme tubuh.

Realfoodfam juga bisa mengikuti Program Immune Support Bundle yang berisi Program 12 Hari Royal Wellness dan Program 12 Hari Stay Fit yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil dan keluarga tercinta. Yuk, wujudkan pola makan sehat untuk hidup yang lebih baik dari sekarang.

 Sumber data:

  • https://www.academia.edu/12252215/POLA_MAKAN_SEHAT
  • https://www.health.harvard.edu/topics/healthy-eating
  • https://familydoctor.org/nutrition-tips-for-improving-your-health/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3471136/
  • https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/index.html
  • https://www.choosemyplate.gov/ten-tips-healthy-eating-for-an-active-lifestyle
  • https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/eight-tips-for-healthy-eating/