Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Dimulai dari Cara Berikut Ini

26 Mei 2020

Menerapkan pola hidup sehat merupakan anjuran yang sering kita dapatkan dari para ahli. Pola hidup sehat adalah pola hidup yang diterapkan sebagai usaha untuk menjaga kesehatan tubuh, fisik, pikiran, dan mental.

Cara seperti ini umumnya juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan tidak merokok.

Meski terdengar mudah, faktanya masih banyak orang yang belum mampu menerapkan cara hidup sehat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Realfoodfam mengikuti panduan bagaimana cara memulai hidup sehat yang tepat.

Contoh Melakukan Pola Hidup Sehat dengan Benar

Bagi Realfoodfam yang belum terbiasa menjalankan pola hidup sehat, mungkin akan terasa sulit untuk menerapkannya. Kali ini, Realfood akan membantu Realfoodfam untuk mulai membiasakan diri untuk memulai pola hidup sehat dan menjaga kebiasaan tersebut.

Meskipun ada tips–tips mudah yang bisa Realfoodfam ikuti, semuanya tetap bergantung pada komitmen Realfoodfam untuk menjalankannya. Jadi, hal pertama yang harus ditekankan adalah kemauan. Namun, memang tidak ada salahnya untuk mencoba cara menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah awal.

1. Makanan yang Sehat dan Bernutrisi

Menjaga pola makan adalah salah satu langkah awal dalam menerapkan pola hidup sehat. Realfoodfam harus mulai dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, menghindari makanan yang mengandung bahan kimia, serta memperbanyak konsumsi air putih.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat penting untuk mendapatkan asupan serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain buah dan sayur, Realfoodfam juga harus mengkonsumsi ikan dan daging dalam jumlah yang seimbang untuk menambah asupan nutrisi. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, usahakan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet.

2. Olahraga Teratur

Bagi Realfoodfam yang jarang melakukan aktivitas olahraga, ada baiknya mulai berolahraga sekarang. Olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga ringan, seperti lari, badminton, tenis meja dan sejenisnya. Realfoodfam bisa membaca tips mengenai 10 jenis olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Realfoodfam bisa saja melakukan olahraga atau latihan yang sedikit lebih berat, seperti angkat beban, bela diri dan lain–lain. Akan tetapi, tubuh mungkin akan kaget dan akan merasakan sakit di sekujur tubuh jika belum terbiasa.

3. Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidak banyak begadang pada malam hari dan kurangi aktivitas yang kurang bermanfaat. Menurut para pakar, begadang pada malam hari dapat meningkatkan resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, kanker, obesitas, hingga diabetes. Untuk menghindari resiko–resiko ini, usahakanlah untuk tidur pada pukul sembilan atau sepuluh malam.

4. Hindari Stres

Usahakanlah untuk menghindari stres yang berlebihan. Stres yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan tubuh, karena itu Realfoodfam tidak boleh terlalu memaksakan diri. Jangan terlalu larut dalam pekerjaan atau kegiatan lain yang menguras pikiran, berikanlah waktu pada otak untuk beristirahat.

Perlu diketahui juga bahwa stres dapat memicu beberapa gangguan, di antaranya: serangan jantung, diabetes, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, sakit kepala, hingga gangguan penglihatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar pikiran kita selalu dalam keadaan rileks.

Baca juga: 9 Langkah Pola Diet Sehat Menuju Hidup Selama Mungkin

5. Berhenti Merokok dan Berhenti Minum Alkohol

Rokok mengandung banyak zat adiktif berbahaya, beberapa zat – zat berbahaya yang umum diketahui adalah tar dan nikotin. Efek dari zat–zat berbahaya ini pun bermacam–macam, mulai dari gangguan pernafasan, serangan jantung, impotensi, hingga kanker. Dengan berhenti merokok, tentu resiko–resiko kesehatan tersebut bisa dihindari.

Selain rokok, Realfoodfam juga harus berhenti minum minuman beralkohol. Terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, diantaranya: penyakit jantung, kanker, gangguan otak dan saraf, penyakit paru – paru, penyakit hati (liver), gangguan pada sistem pencernaan, dan overdosis.

Setelah mengetahui efek buruk dari alkohol, mungkin Realfoodfam bisa lebih termotivasi untuk berhenti minum. Saat pertama kali mencoba untuk berhenti, pasti Realfoodfam akan mengalami tekanan yang luar biasa. Mulai dari dorongan untuk merokok dan minum alkohol, hingga emosi yang tidak stabil. Proses untuk berhenti memang sangat menyakitkan, tapi penderitaan yang dirasakan tersebut akan terus berkurang seiring berjalannya waktu.

6. Biasakan Minum Air Putih 8  Gelas Sehari

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya kita minum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari. Dengan begitu, Realfoodfam bisa merasakan manfaat minum air putih bagi tubuh, sebaliknya jika tubuh kekurangan cairan dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk, tubuh cepat lelah, sembelit, sakit kepala, sesak nafas, demam tinggi, hingga hilangnya kesadaran.

Itulah beberapa tips pola hidup sehat yang perlu Realfoodfam ketahui. Bila Realfoodfam memiliki keluhan atau ingin mengetahui informasi akurat lainnya, sangat disarankan untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan diri. Dengan begitu, Realfoodfam bisa mendapatkan rekomendasi langsung dari dokter terpercaya mengenai hal apa yang harus dilakukan.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars