cara menghilangkan blackhead

Apakah Realfoodfams tahu jika komedo ternyata banyak macamnya? Salah satu jenis komedo yang mengganggu penampilan dan sering muncul adalah blackhead atau komedo hitam. Blackhead kerap muncul beberapa bagian kulit wajah, seperti hidung, dagu, maupun dahi. Oleh karena itu, sebaiknya mengetahui bagaimana cara menghilangkan blackhead di kulit wajah.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan 6 Cara Menghilangkan Whitehead Rekomendasi Dermatologis

Blackhead memang bisa dihilangkan menggunakan beberapa cara, termasuk menggunakan bahan kimia sekalipun. Namun, sebaiknya Realfoodfams menggunakan cara alami terlebih dahulu karena selain lebih aman, blackhead juga termasuk jenis komedo yang lebih mudah dihilangkan dibanding jenis komedo lainnya. Jika ingin tahu bagaimana saja cara menghilangkan blackhead di kulit wajah secara alami, berikut ini adalah ulasannya:

1. Menggunakan Masker Putih Telur

Siapa sangka jika putih telur ternyata bisa menghilangkan blackhead pada kulit wajah serta mengecilkan pori-pori? Pasalnya, putih telur kaya akan protein dan juga mikronutrien sehingga mampu menarik blackhead yang membandel pada kulit wajah serta mencegah komedo.

Baca Juga: 17 Cara Mengatasi Bibir Hitam Agar Kembali Cerah, Yuk Coba!

Jika ingin menghilangkan blackhead menggunakan putih telur, caranya sangat mudah. Realfoodfams perlu memisahkan putih telur dengan kuning telur. Kemudian, oleskan putih telur pada area kulit wajah yang memiliki blackhead. Taruhlah tisu kering pada area kulit wajah yang telah diolesi putih telur dan tunggu hingga kering.

Langkah selanjutnya, cabut pelan-pelan lapisan tisu yang sudah kering. Terakhir, kompres area kulit wajah yang blackhead-nya telah tercabut dengan es batu agar pori-pori kembali menutup. Lakukan cara ini jika blackhead muncul kembali.

2. Mengaplikasikan Lemon dengan Madu

Lemon memiliki kandungan asam alpha hidroksi dan juga vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam kulit wajah. Kandungan tersebut juga mampu untuk menghilangkan blackhead pada kulit wajah. Sedangkan madu dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo karena adanya kandungan anti bakteri dan anti inflamasi.

Baca Juga: 11 Korean Skin Care Steps yang Perlu Kamu Tahu

Dengan begitu, kandungan keduanya sangat cocok untuk menghilangkan blackhead yang membandel. Cara menghilangkan blackhead menggunakan campuran lemon dan madu sangat sederhana. Peraslah lemon dan campurkan dengan madu. Aduk hingga rata dan oleskan campuran tersebut pada area kulit wajah yang memiliki blackhead. Tunggu hingga kering dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

3. Menggunakan Kopi Bubuk dan Gula

Kopi tidak hanya bisa dikonsumsi saja tetapi juga bisa merawat kulit wajah. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi berguna untuk meremajakan kulit dan bubuk kopi mampu menghilangkan blackhead. Begitu juga dengan butiran gula pasir yang ampuh mengangkat sel kulit mati termasuk blackhead.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Tomat yang Bikin Kamu Pingin Pakai Sekarang Juga!

Realfoodfams bisa mencampurkan 2 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok makan gula pasir. Kemudian, tuangkan sedikit air hangat agar mendapatkan tekstur scrub. Aplikasikan campuran tersebut sembari memijat secara lembut di kulit wajah yang memiliki blackhead. Setelah itu, langsung bilas dengan air hingga bersih.

4. Mengaplikasikan Kayu Manis

Cara menghilangkan blackhead secara alami pada kulit wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan kayu manis. Pasalnya, pada kayu manis terdapat kandungan yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengecilkan pori-pori wajah. Untuk menghilangkan blackhead menggunakan kayu manis, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan perasan lemon atau madu.

Baca Juga: Mudah! Cara Menghilangkan Komedo dengan Ini!

Kemudian, tambahkan sedikit air hingga teksturnya mengental. Aplikasikan campuran tersebut pada area kulit wajah yang memiliki blackhead dan biarkan hingga semalam. Jika ingin hasilnya maksimal, lakukan rutinitas ini dua kali dalam seminggu. Namun, cara ini hanya direkomendasikan bagi Realfoodfams yang memiliki kondisi kulit wajah normal dan berminyak.

5. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal kaya akan antioksidan yang mampu mengikis sel kulit mati serta menghilangkan blackhead sekalipun. Jika ingin mencoba untuk menghilangkan blackhead menggunakan teh hijau, Realfoodfams perlu menyediakan teh hijau bubuk murni terlebih dahulu.

Baca Juga: Mudah! Cara Menghilangkan Komedo dengan Ini!

Kemudian, campurkan bubuk teh hijau tersebut dengan sedikit air untuk mendapatkan tekstur seperti pasta. Oleskan campuran tersebut di area kulit wajah yang memiliki blackhead, baik itu area dagu, pipi, atau hidung sekalipun. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

6. Mengaplikasikan Lidah Buaya

Lidah buaya yang diaplikasikan pada kulit wajah tidak hanya mampu melembabkan tetapi juga bisa membersihkan pori-pori, serta menyingkirkan blackhead. Pasalnya, lidah buaya mengandung asam salisilat yang menjadi exfoliant yang dapat membuka pori-pori sehingga ampuh mengatasi masalah komedo, termasuk blackhead.

Baca Juga: 11 Cara Membersihkan Komedo di Hidung dengan Ampuh

Caranya adalah dengan memetik dan mengupas lidah buaya untuk diambil gel-nya. Kemudian, diamkan kurang lebih 15 menit hingga lidah buaya menyerap pada area kulit wajah yang terdapat blackhead. Bilas menggunakan air siam-suam kuku agar kulit wajah menjadi lebih relaks. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

7. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berkolagen

Menghilangkan blackhead tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja tetapi juga dari dalam tubuh. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen yang dapat membersihkan kulit dan menghilangkan komedo, termasuk blackhead. Salah satu produk yang mengandung kolagen yang berbahan dasar alami sarang burung walet adalah Realfood Forever Young.

Baca Juga: Jenis Jerawat, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Selain meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah karena mengandung asam amino prolin, Realfood Forever Young juga mampu mencerahkan kulit. Adanya kandungan threonine dan asam amino glisin membuat Realfood Forever Young dapat mencegah kerutan wajah dan anti jerawat sehingga kulit wajah sehat dan terbebas dari blackhead.

Realfoodfams, itulah 5 cara menghilangkan blackhead di kulit wajah menggunakan cara alami. Cobalah untuk rutin mengaplikasikan cara yang telah dijelaskan di atas agar blackhead menghilang dari kulit wajah. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi Realfood Forever Young yang merupakan semi concentrated bird nest yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah tetap kencang dan sehat.