manfaat masker tomat

Sudah lama memang beredar informasi mengenai manfaat masker tomat, tetapi belum banyak yang bisa menjabarkan manfaat masker tomat jika digunakan secara rutin. Tomat sendiri adalah buah dengan kandungan lycopene dan vitamin C yang tinggi, terutama tomat yang matang akan memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan tomat hijau. Licopene dan vitamin C ini akan membantu mencegah kerusakan kolagen pada kulit. Sehingga tomat sangat baik dikonsumsi maupun digunakan sebagai masker. 

Yuk simak 10 manfaat masker tomat yang bisa bikin kamu pingin pakai masker tomat sekarang juga!

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan lycopene menjadi salah satu penyebab manfaat masker tomat begitu banyak! Lycopene adalah karotenoid yang juga bekerja sebagai antioksidan. Lycopene sendiri banyak diteliti sebagai anti aging alami karena mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih. Ada baiknya Realfoodfam mengonsumsi tomat secara rutin, tetapi manfaat masker tomat juga tidak terelakkan lho! Coba resep masker tomat anti aging yang satu ini di kulit setiap hari untuk mendapatkan manfaat masker tomat ini:

Bahan: 

  • ½ buah tomat merah segar 
  • 1 sdm virgin olive oil 
  • 1 kapsul vitamin E 

Cara Membuat: 

  1. Hancurkan tomat merah segar dengan garpu 
  2. Campurkan virgin olive oil dan vitamin E ke dalam tomat
  3. Oleskan ke wajah, biarkan hingga hampir kering. Bilas dengan air bersih.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen pada Kulit

Secara alami, tomat kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Konsumsi kandungan vitamin C yang tinggi dapat menunjang produksi kolagen di dalam kulit, bersama dengan lycopene akan bekerja melindungi kulit dari radikal bebas sehingga masker tomat menjadi kaya manfaat terutama untuk meingkatkan produksi kolagen pada kulit. Cobalah untuk rutin mengonsumsi tomat yang sudah direndam di air panas tanpa gula, dan menggunakan masker tomat yang satu ini!

Bahan: 

  • ½ buah tomat merah segar
  • 2 sdt jelly

Cara Membuat: 

  1. Lumat halus tomat segar menggunakan blender dan sedikit air 
  2. Di panci terpisah, campurkan 2 sdt jelly dengan 50ml air lalu aduk hingga rata dan masak hingga larut
  3. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan sampai hangat
  4. Masukkan air tomat ke dalam campuran jelly, aduk rata
  5. Aplikasikan masker ke wajah dalam keadaan telentang. Bisa juga lapisi wajah dengan kain kasa terlebih dahulu agar nanti masker lebih mudah dicabut 
  6. Biarkan masker jelly mengering di wajah, lepaskan setelah jelly mengering 

3. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Manfaat dari masker tomat secara rutin adalah mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Hal ini dikarenakan tomat secara alami bersifat astringent dan pH rendah yang mampu menyamarkan tampilan pori-pori. Hasilnya kulit menghasilkan lebih sedikit minyak di wajah lho! Simak cara membuat masker tomat untuk kulit berminyak di sini: 

Bahan: 

  • ½ tomat segar 
  • ⅓ mentimun 

Cara Membuat: 

  1. Masker tomat ini dapat dibuat dengan dua cara: yaitu memblender tomat dan mentimun atau diparut untuk mendapatkan sarinya. 
  2. Setelah didapatkan sarinya, aplikasikan ke wajah menggunakan brush khusus masker. Diamkan sejenak hingga kering, lalu ambil ampasnya dan gosok ke wajah dengan lembut.

4. Mencegah Kemunculan Jerawat

Tidak hanya sekedar mengurangi minyak, manfaat masker tomat yang bisa dinikmati selanjutnya adalah mencegah munculnya jerawat lho! Realfoodfam bisa mencoba dengan memotong tomat segar dan mengoleskannya ke wajah, tetapi manfaat masker tomat akan lebih terasa jika membuat masker yang satu ini karena kandungan lactic acid dari yogurt akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati lho!

Bahan: 

  • ½ tomat merah segar 
  • 2 sdm greek yogurt tanpa rasa

Cara Membuat: 

  1. Blender halus tomat dan yogurt
  2. Aplikasikan ke wajah, biarkan hingga kering, lalu bilas. 
  3. Masker ini sebaiknya digunakan di malam hari dan gunakan sunscreen di pagi hari.

5. Melembapkan Kulit

Masa sih manfaat masker tomat bisa melembapkan kulit? Tentunya bisa! Tomat sendiri adalah buah yang tinggi kandungan air. Ditambah dengan bahan-bahan alami lain, yuk rasakan kelembapan ekstra dengan masker tomat! 

Bahan: 

  • ½ tomat merah segar
  • 1 sdm madu hutan, tanpa gula dan perisa
  • ⅓ mentimun, diparut dan diperas airnya
  • 1 sdt virgin olive oil 

Cara Membuat: 

  1. Hancurkan tomat segar menggunakan garpu
  2. Campurkan madu hutan, air mentimun, dan olive oil ke tomat hingga merata
  3. Oleskan pada kulit perlahan, pijat kulit agar cairan meresap
  4. Bilas hingga bersih, segera aplikasikan pelembap wajah dan face oil

Jangan lupa untuk bantu kulitmu lebih sehat dengan konsumsi makanan dan minuman kaya kolagen seperti tomat, ceker ayam, kaldu sapi, dan Realfood Up Peach & Kolagen. Konsumsi kolagen dan rutin menggunakan masker tomat tentunya akan memberikan dampak yang lebih baik untuk kulitmu. Berani coba?

Artikel Terkait Lainnya: