cara menghilangkan whitehead

Whitehead atau komedo putih merupakah salah satu jenis jerawat yang warnanya putih dan terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat. Yang menyebabkan sel kulit mati dan minyak terperangkap dan membentuk whitehead. Biasa muncul di T-zone atau area sekitar dahi dan hidung, whitehead banyak dialami oleh Realfoodfam yang memiliki wajah cenderung berminyak. Berbeda dengan blackhead atau komedo hitam, biasanya komedo putih tertutup pori-pori sehingga cara menghilangkan whitehead menjadi lebih tricky. 

Penyebab Munculnya Whitehead

Sebelum membahas berbagai cara menghilangkan whitehead yang dapat Realfoodfam lakukan, ada baiknya kita mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya whitehead. Secara alami, kulit kita memiliki kelenjar yang menghasilkan sebum untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Namun jika kelenjar ini bisa menghasilkan lebih banyak sebum dari yang kulit kita butuhkan, sehingga mengalami penumpukkan di pori-pori. Tertutupnya pori-pori merupakan cikal bakal penyebab jerawat yang biasa disebut komedo putih (whitehead). Disebutkan juga bahwa bercampurnya minyak, debu, dan kotoran di kulit wajah kita merupakan salah satu awal munculnya whitehead. 

Mengutip American Academy of Dermatology, salah satu penyebab komedo putih adalah ketika pori-pori kulit tersumbat dan bercampur dengan minyak, bakteri, dan sel kulit mati sehingga menyebabkan munculnya whitehead. Faktor lain yang menyebabkan adanya whitehead adalah: 

  • Perubahan hormon
  • Faktor genetik
  • Menopause
  • Merokok
  • Paparan bahan kimia pada kosmetik 
  • Mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak tak baik
  • Kulit yang terlalu kering

Lantas apa saja sih cara menghilangkan whitehead yang dapat Realfoodfam lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan jauh dari komedo putih? Berikut 6 langkah menghilangkan whitehead yang berhasil kami rangkum

1. Menjaga kebersihan wajah

Salah satu cara menghilangkan whitehead yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan rajin membersihkan wajah. Terutama jika kamu menggunakan makeup yang tebal atau seharian beraktivitas di luar ruangan. Pastikan untuk memilih sabun pembersih wajah yang non comedogenic ya, Realfoodfam. Dan juga sesuaikan kandungannya dengan jenis kulitmu masing-masing.

2. Hindari memencet komedo

Memencet jerawat termasuk komedo tidak boleh Anda lakukan karena bisa memperbesar resiko terjadinya infeksi bila tangan Anda tidak bersih saat menyentuh wajah. Komedo memang terkadang mengganggu, apalagi jika jumlahnya cukup banyak dan terlihat. 

Beberapa orang justru berusaha untuk menghilangkan whitehead dengan cara memencetnya atau menusuknya dengan bantuan alat. Mengutip dari jurnal yang dikeluarkan oleh Weill Medical College, memencet, menarik, atau mendorong, semua itu dapat meregangkan elastisitas di sekitar pori-pori, yang membuatnya semakin lebar dan besar, dan tidak akan kembali ke bentuk semula. Selain itu jika kita memencet komedo putih, justru akan membuat bakteri dari tangan atau area luar masuk ke kulit wajah dan menyebabkan makin banyaknya komedo atau justru menjadi jerawat. Jadi hati-hati ya Realfoodfam, jangan sembarangan memencet komedo di wajah. 

3. Gunakan benzoil peroksida

Cara menghilangkan whitehead lain yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan kandungan benzoil peroksida. Zat ini memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Biasa terdapat di dalam produk sabun pembersih wajah, toner, atau krim, benzoil peroksida terkadang membuat kulit wajah kering, sehingga belum bisa digunakan oleh beberapa orang dengan jenis kulit tertentu. 

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menggunakan produk dengan benzoil peroksida yang memiliki kandungan rendah untuk diaplikasikan. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya maksimal satu kali sehari ya Realfoodfam!

4. Lakukan Terapi Wajah

Selain dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan di rumah, cara menghilangkan whitehead lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan terapi yang dilakukan oleh ahli dermatologi seperti: 

  • Terapi laser atau terapi dengan cahaya untuk mengurangi produksi minyak, menghilangkan komedo. Terapi cahaya dinilai mampu membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan. Namun seringkali setiap melakukan terapi laser, kulitmu akan terasa perih dan kemerahan
  • Mikrodermabrasi terapi yang dilakukan dengan alat khusus ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit. Mikrodermabrasi juga berfungsi untuk mengangkat whitehead, blackhead, jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit belang, mengurangi stretch marks, mengecilkan pori-pori, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah. Perawatan ini juga membantu menebalkan kolagen di kulit, sehingga kulit akan tampak lebih muda, kencang, dan halus. Namun treatment ini hanya boleh dilakukan maksimal satu kali dalam satu bulan ya, Realfoodfam!

5. Hindari junk food

Selain melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan atau menggunakan produk skincare tertentu, cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo putih adalah dengan menjaga asupan makanan. Misalnya mengurangi konsumsi makanan berminyak dan junk food. Selain memiliki kandungan nutrisi yang rendah, junk food juga kaya akan minyak sehingga memicu timbulnya whitehead terutama pada kamu yang pada dasarnya memiliki kulit berminyak. 

6. Oleskan lemon pada wajah 

Bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan whitehead adalah lemon. Kaya akan vitamin C, lemon dapat berfungsi sebagai pemutih wajah alami dan menghilangkan komedo, sel kulit mati, dan memperkecil pori-pori. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampur perasan lemon dengan air, kemudian membasuhnya pada wajah selama 3-5 menit. Setelah itu membilasnya dengan air hangat. 

Banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan whitehead, kira-kira cara mana nih yang sudah pernah kamu coba, Realfoodfam? Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan dan kandungan skincare yang kamu gunakan agar whitehead tetap terkontrol ya, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: