cara menghilangkan flek hitam

Kemunculan flek hitam pada hidung memang tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun tenang saja, Realfoodfam bisa menghilangkan flek hitam di hidung dengan mudah. Ada 10 cara menghilangkan flek hitam di hidung hanya menggunakan bahan alami.

Penggunaan bahan alami lebih disarankan karena lebih aman dikulit dan minim iritasi. Selain itu, bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam di hidung juga sangat mudah ditemukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, cobalah menggunakan bahan alami terlebih dahulu untuk menghilangkan flek hitam di area hidung.

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Bahan Alami

Flek hitam pada wajah termasuk di area hidung dapat disamarkan bahkan dihilangkan dengan mudah hanya menggunakan bahan alami. Dengan begitu, warna kulit wajah lebih merata, bersih, dan bercahaya. Jika ingin tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di hidung menggunakan bahan alami, berikut ini adalah ulasannya:

1. Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan flek hitam di hidung yang pertama adalah menggunakan cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk mencerahkan serta meratakan warna kulit. Jika ingin merasakan khasiat cuka apel untuk menghilangkan flek hitam pada hidung, caranya sangat mudah.

Campurkan beberapa tetes cuka apel dan air matang dalam sebuah mangkuk kecil. Kemudian, oleskan campuran cuka apel dan air matang tersebut pada area hidung yang terdapat flek hitam. Diamkan sekitar 2 – 3 menit dan bilas wajah menggunakan air bersih hangat. Lakukanlah cara ini dua kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengaplikasikan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan senyawa aloin. Kedua kandungan tersebut berguna untuk menghilangkan bintik hitam di hidung secara alami. Untuk bisa merasakan manfaatnya, kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya pada area hidung yang terdapat flek hitam. Ambil satu batang lidah buaya, cuci bersih, kupas, dan ambil gel dari lidah buaya tersebut.

Kemudian, oleskan gel lidah buaya tersebut ke area hidung pada malam hari sebelum tidur. Jadikan gel lidah buaya tersebut sebagai masker. Diamkan hingga gel lidah buaya menyerap pada kulit dan bilas dengan air bersih hangat. Lakukan cara ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mengoleskan Madu

Madu tidak hanya berguna untuk menyehatkan badan saja tetapi juga bisa menghilangkan flek hitam yang ada di area hidung. Hal ini karena madu mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Dengan begitu, madu juga bisa berguna untuk membantu masalah pigmentasi pada kulit, termasuk area hidung sekalipun.

Oleskan madu di area hidung tipis-tipis dan diamkan selama 5 – 10 menit. Kemudian, bilaslah menggunakan air bersih hangat. Kamu juga bisa membuat scrub yang terbuat dari campuran madu dan garam atau gula. Pijat perlahan area hidung menggunakan kedua campuran tersebut. Selain bisa menghilangkan flek hitam, scrub juga mampu mengangkat sel kulit mati.

4. Menggunakan Teh Hijau

Cara menghilangkan flek hitam di hidung selanjutnya yaitu menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berfungsi untuk menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi pada kulit. Kandungan lainnya yang terdapat pada teh hijau adalah asam ellagic dan asam galat yang mampu menyehatkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau untuk menghilangkan flek hitam pada hidung,  seduh kantong teh hijau pada air panas selama 3-5 menit. Angkat kantong air teh tersebut dan biarkan hingga dingin. Aplikasikan air seduhan teh hijau tersebut pada area hidung yang memiliki flek hitam. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini dua kali sehari.

5. Mengoleskan Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang mampu menghilangkan flek hitam pada wajah, termasuk di area hidung. Jika ingin merasakan khasiat dari yoghurt untuk menghilangkan flek hitam di hidung, pilihlah yoghurt tanpa rasa. Kemudian, oleskan yoghurt tipis-tipis pada permukaan hidung. Diamkan hingga beberapa menit, kemudian bilas menggunakan handuk hangat dan basuh menggunakan air bersih.

6. Mengaplikasikan Susu

Sama seperti yoghurt, susu juga mengandung asam laktat yang berguna untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit, termasuk flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam di hidung menggunakan susu sangatlah mudah. Kamu bisa menuangkan susu secukupnya pada kapas.

Kemudian, aplikasikan kapas tersebut pada area hidung dan jadikan seperti masker. Diamkan beberapa menit hingga kapas dirasa tidak terlalu basah. Kemudian, bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Jika ingin hasil yang optimal, lakukan cara tersebut beberapa kali seminggu secara rutin.

7. Menggunakan Kentang

Kentang memiliki zat tepung yang berfungsi untuk mengatasi masalah bintik hitam atau flek pada kulit, termasuk di daerah hidung. Sementara itu, enzim yang terdapat pada kentang berguna untuk menyehatkan kulit. Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan flek hitam pada hidung sangatlah mudah.

Kupas, cuci, dan parut kentang. Kemudian, campurkan parutan kentang tersebut dengan satu sendok teh madu. Oleskah campuran tersebut pada bagian hidung yang terdapat flek hitam. Diamkan kurang lebih 15 menit atau hingga mengering dan bilas menggunakan air hangat.

8. Mengaplikasikan Oatmeal

Kandungan saponin pada oatmeal berguna untuk pembersih alami. Kamu bisa menggunakan oatmeal untuk mengangkat kulit mati dan menyamarkan flek hitam yang terdapat di area hidung. Oatmeal juga bisa melembabkan, menghaluskan, dan meremajakan kulit sehingga kulit lebih sehat.

Baca Juga: Mudah! Cara Menghilangkan Komedo dengan Ini!

Cara menghilangkan flek hitam di hidung menggunakan oatmeal adalah dengan menumbuk halus oatmeal secukupnya. Kemudian, tambahkan air perasan jeruk lemon dan oleskan campuran tersebut pada area hidung. Diamkan beberapa saat hingga pasta masker mengering. Bilaskah menggunakan handuk bersih hangat atau langsung mencucinya dengan air hangat.

9. Mengoleskan Jeruk Lemon

Seperti jeruk pada umumnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C. Vitamin C berguna untuk mencerahkan serta meratakan warna kulit. Dengan begitu, air jeruk lemon juga bisa digunakan untuk menyamarkan flek hitam yang terdapat di area hidung.

Jika ingin merasakan manfaatnya, cobalah untuk membasahi kapas menggunakan air perasan lemon. Kemudian, oleskan tipis-tipis pada area hidung secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Namun, pastikan pada bagian hidung tidak terdapat jerawat atau luka agar tidak memperparah masalah kulit.

10. Mengaplikasikan Mentimun

Mentimun memiliki efek yang menenangkan jika diaplikasikan menjadi masker wajah. Selain itu, mentimun juga berguna untuk menghilangkan flek pada kulit, termasuk pada area hidung sekalipun. Pasalnya, mentimun mengandung vitamin C yang mampu menyelesaikan masalah hiperpigmentasi pada kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan agar Wajah Lebih Sehat dan Cerah

Untuk menghilangkan flek hitam pada hidung, cobalah untuk mencuci timun dan memarutnya. Kemudian, aplikasikan parutan timun tersebut pada area hidung yang memiliki flek hitam. Biarkan hingga sari mentimun terserap pada kulit, kurang lebih 30 menit. Lalu, bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Kini, Realfoodfam sudah tahu tentang 10 cara menghilangkan flek hitam di hidung. Cobalah salah satu cara tersebut yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika hasilnya ingin lebih optimal dan kulit wajah lebih sehat, cobalah untuk mengkonsumsi Realfood. Realfood adalah program sehat berbahan dasar burung walet yang diformulasikan untuk kebaikan tubuh, termasuk menjaga kulit tetap sehat.