cara mengatasi kulit kusam

Kulit tampak bersinar dan bebas kusam adalah idaman semua perempuan, tidak peduli warna kulit apapun, pasti Realfoodfam pun pernah mencari cara mengatasi kulit kusam dengan benar. Kulit kusam sendiri adalah kulit yang tampak gelap, berminyak, serta tidak rata dengan kulit lainnya. Intinya sih, kulit kusam biasanya tampak tidak bercahaya dan membuat wajah tampak kuyu. Kulit kusam sendiri disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, pola makan tidak sehat, kurang minum air putih (dehidrasi), dan kurang tidur berkualitas. Selain itu penumpukan sel kulit mati juga dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya. Apakah bisa mengatasi permasalahan kulit kusam tanpa harus ke dokter kulit? Tentu saja bisa! Yuk, simak mitos dan fakta cara mengatasi kulit kusam dengan benar di bawah ini. 

MITOS 

Kulit Kusam Diakibatkan karena Makeup 

mitos atau fakta make membuat kulit kusam

Penggunaan kosmetik seperti foundation dan bedak setiap hari dianggap dapat “menyumbat pori-pori” dan “menghalangi kulit bernafas” sehingga menyebabkan kulit tampak kusam. Padahal sebenarnya sih, produk makeup tidak menyebabkan kulit kusam lho! Justru dengan menggunakan base makeup dan teknik makeup yang tepat, Realfoodfam bisa tampil dengan wajah lebih cerah lho! Pastikan melakukan cara ini untuk menggunakan sunscreen dan primer sebelum menggunakan makeup, dan membersihkan makeup hingga tuntas agar wajah bebas dari kusam! 

FAKTA 

Sunscreen Bisa Mengatasi Kulit Kusam 

mitos atau fakta sunscreen dapat membuat kulit menjadi kusam

Seperti yang sudah ditulis di atas, sunscreen dengan kandungan Sun Protection Factor (SPF) dan Protection Grade UV A(PA) adalah salah satu cara mengatasi kulit kusam dengan melindungi kulit dari sinar UV A dan B. Pastinya cara ini gak instan ya, Realfoodfam! Sunscreen harus digunakan setiap hari dalam jangka waktu yang panjang dan tentunya hasilnya akan bertahan dalam jangka waktu yang lama pula. Psssst! Pilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide untuk memberikan efek tone up sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam yang benar dan instan!

MITOS 

Salah Pakai Skincare Bisa Bikin Kulit Kusam 

mitos atau fakta salah memilih skincare dapat membuat kulit menjadi kusam

Tentu saja mitos! Memakai skincare justru adalah salah satu cara yang populer digunakan orang untuk mengatasi kulit kusam.  Terutama skincare dengan kandungan acid seperti Alpha Hydroxy Acid, Beta Hydroxy Acid, dan Poly Hydroxy Acid yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati si penyebab kulit kusam. Selain acids, bisa juga Realfoodfam menggunakan retinoid dan bakuchiol untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru yang pastinya bebas kusam. Selain retinoid, bisa juga lho menggunakan serum yang mencerahkan kulit seperti vitamin C, niacinamide, kojic acid, alpha arbutin, atau tranexamic acid agar kulit tampak cerah, warna merata, dan bebas noda hitam. 

FAKTA 

Pola Hidup Mempengaruhi Kondisi Kulit 

mitos atau fakta pola hidup dapat membuat kulit menjadi kusam

Apapun cara yang dicoba untuk mengatasi kulit kusam, jika pola hidup masih berantakan akan terlihat dari kulitmu lho, Realfoodfam! Pola tidur yang berantakan alias sering begadang dan jam tidur tidak menentu bisa bikin kulit menjadi kusam lho! Hal ini dikarenakan pada pukul 23.00 adalah waktu regenerasi tubuh sehingga sebaiknya di jam tersebut kita sudah beristirahat. Pola makan juga sangat mempengaruhi kondisi kulit lho! Konsumsi sayur mayur dengan ragam warna, buah-buahan kaya serat, dan protein berkualitas dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga BAB lebih lancar dan kulit tampak berkilau. Gak percaya? Coba deh mulai konsumsi sayur dan buah 3 porsi sehari dan lihat bagaimana kulit kusam mulai menjadi lebih cerah dan bercahaya! 

MITOS

Minum Air Putih Hanya Bikin Kulit Lembap 

mitos atau fakta minum air putih dapat mengatasi kulit kusam

Malas minum air putih karena merasa kulit sudah cukup lembap dan cukup kadar minyaknya? Eits, dehidrasi ternyata salah satu penyebab kulit tampak kusam lho! Maka dari itu penting sekali untuk Realfoodfam mengonsumsi cairan yang cukup setidaknya 2 liter perhari untuk memberikan hidrasi ke tubuh. Ada baiknya juga menyemprotkan face mist ke seluruh wajah untuk memberikan kelembapan ekstra saat berada di ruangan ber-AC atau di suhu dingin. Niscaya makeup akan tampak lebih mulus dan kulit juga tidak memberikan kesan “pecah” lho! 

FAKTA 

Konsumsi Kolagen Sebagai Cara Mengatasi Kulit Kusam

minuman sarang burung walet ber kolagen

Lho, bukannya kolagen itu untuk mengencangkan kulit ya? Gak gitu, Realfoodfam! Kolagen juga mampu menunjang pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga kulit tampak cerah, kenyal, dan bebas kusam. Nah, penting nih buat kamu mulai konsumsi kolagen sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam. Kamu bisa coba Program Fit with Realfood 12 Hari Forever Young dan Forever Young+ yang mengandung kolagen. 

Hmmm, bedanya apa sih? Kalau Forever Young adalah semi-concentrated sarang burung walet yang lebih cair sehingga lebih mudah ditelan. Sarang burung walet sendiri mengandung asam amino, asam sialat, Epiderman Growth Factor, 500mg kolagen, dan antioksidan yang baik untuk kulit. Sedangkan buat kamu yang pingin formula fully-concentrated, bisa coba Forever Young+ yang mengandung 1000mg kolagen. Gak usah bingung-bingung karena sekarang sudah ada paket Beauty+ Package yang terdiri atas 12 botol Forever Young dan 12 botol Forever Young+, pas banget nih buat kamu konsumsi sebelum acara penting seperti wisuda, lamaran, atau pernikahan. Gimana, mau coba konsumsi kolagen sebagai cara mengatasi kulit kusam mu? Yuk, cek produknya di marketplace kesayanganmu! 

Baca Juga Artikel Terkait: