manfaat air mawar

Bunga mawar identik sebagai lambang cinta untuk sepasang kekasih atau orang yang dicintai. Namun, apakah Realfoodfam tahu jika air bunga mawar memiliki sejuta manfaat, termasuk untuk kulit wajah, Manfaat air mawar sangat beragam, mulai dari membersihkan, melembabkan, mencegah terjadinya jerawat, hingga mengatasi iritasi pada kulit wajah.

Sejak jaman dahulu, air mawar telah digunakan sebagai ramuan untuk berbagai produk kecantikan. Biasanya proses untuk mendapatkan air mawar yaitu dengan cara melakukan penyulingan atau mengekstraksi kelopak bunga mawar. Hasil dari proses penyulingan atau ekstraksi tersebut akan menghasilkan cairan serta minyak dari kelopak bunga mawar. 

Air mawar yang telah diekstraksi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kulit wajah. Misalnya, yaitu kandungan vitamin C, antioksidan, anti inflamasi,dan anti bakteri. Yuk, cari tahu apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan yang berguna untuk Realfoodfam.

Membersihkan Kulit Wajah

Kegunaan air mawar yang pertama yaitu dapat membersihkan kulit wajah. Air mawar yang sudah diekstraksi menjadi minyak esensial mengandung antioksidan yang mampu mengamankan kulit wajah dari radikal bebas.

Kemudian, air mawar juga mengandung antiseptik yang mampu menyingkirkan kulit wajah dari bakteri. Pasalnya, air mawar bekerja membersihkan kulit dari kotoran sehingga tidak ada pori-pori yang menyumbat dan bakteri yang tertinggal di kulit wajah. 

Cara membersihkan kulit wajah menggunakan air mawar sangatlah mudah. Tuangkan air mawar pada kapas secukupnya. Kemudian, oleskan kapas tersebut pada kulit wajah dengan lembut dan merata. Lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat air mawar berikutnya adalah untuk melembabkan kulit wajah. Pasalnya, sari bunga mawar memiliki kandungan yang berguna untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah. Kemudian, air mawar yang telah diekstraksi menjadi minyak esensial juga memiliki kandungan pH yang baik untuk kulit. 

Jadi, untuk menghindari kulit kering, air mawar bisa digunakan sebagai toner alami. Cara lain untuk melembabkan kulit wajah menggunakan air mawar yaitu dijadikan sebagai face mist. Semprotkan air mawar secara merata pada kulit wajah sehingga kulit wajah senantiasa segar dan lembap.

Mencegah Munculnya Jerawat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika air mawar memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Kedua kandungan tersebut sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Tidak hanya itu saja, kandungan yang ada pada air mawar juga bisa untuk mempercepat keringnya jerawat, mencegah munculnya jerawat, dan menyamarkan bekas jerawat.

 Jika ingin merasakan kegunaan air mawar tersebut, gunakan air mawar pada pagi dan malam hari. Namun, pastikan untuk mengaplikasikannya setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare atau makeup. 

Mencerahkan Kulit Wajah

Jika memiliki masalah kulit wajah yang kusam, cobalah menggunakan air mawar. Pasalnya, air mawar memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin C membuat air mawar mampu meratakan, mengembalikan, dan mencerahkan warna kulit wajah.

Adanya kandungan vitamin C dan antioksidan pada air mawar mampu menutrisi kulit sehingga kulit wajah lebih cerah. Selain itu, manfaat air mawar lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai exfoliating alami. Dengan rajin melakukan exfoliasi kulit wajah, maka kulit mati akan terangkat dan menjadikan warna kulit wajah merata dan lebih cerah. 

Menghambat Penuaan Dini

Manfaat air mawar selanjutnya yaitu dapat menghambat penuaan dini. Penggunaan air mawar secara teratur dengan pengaplikasian yang benar mampu menyamarkan dan menghilangkan kerutan serta garis halus pada wajah. 

Pasalnya, air mawar mengandung antioksidan dan formula yang melembapkan. Adanya kandungan antioksidan pada air mawar mampu menangkal kulit wajah dari radikal bebas yang bisa merusak kulit wajah. Radikal bebas juga bisa membuat kulit lebih cepat keriput dan menua.

Gunakan air mawar sebagai exfoliator toner alami, setelah kulit wajah dibersihkan pada malam hari. Tuangkan air mawar pada kapas dan seka dengan lembut. Dengan menggunakan exfoliator toner, maka kulit mati akan terangkat dan mempercepat pergantian sel kulit baru yang membuat kulit wajah terlihat awet muda.

Meredakan Peradangan pada Kulit Wajah

Pernahkah mengalami masalah kemerahan pada kulit? Masalah tersebut bisa dipicu karena adanya peradangan pada kulit wajah. Peradangan kulit wajah bisa diredakan menggunakan air mawar. Pasalnya, air mawar memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat anti inflamasi. Dengan begitu, air mawar bisa meredakan peradangan pada kulit wajah akibat jerawat, iritasi, eksim, maupun masalah kulit lainnya.

Fungsi air mawar lainnya adalah untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit yang seringkali menyebabkan peradangan pada kulit wajah. Dengan mengaplikasikan air mawar pada kulit wajah, maka sisa kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah yang menyebabkan komedo dan jerawat bisa terangkat.

Memberikan Efek Relaksasi

Beraktivitas seharian tidak hanya membuat tubuh butuh istirahat tetapi kulit wajah juga bisa kelelahan. Kulit wajah yang lelah biasanya ditandai oleh kulit yang terlihat kusam, memerah, atau munculnya banyak jerawat. Jika hal tersebut terjadi, jangan khawatir gunakanlah air mawar. Pasalnya, manfaat air mawar yaitu dapat memberikan efek relaksasi sehingga kulit wajah lebih  sehat.

Untuk merasakan efek relaksasi, gunakan air mawar sebagai campuran masker. Tuangkan beberapa tetes air mawar, lalu aduk hingga merata. Kemudian, aplikasikan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan lebih dahulu secara merata. Tunggu beberapa menit hingga masker wajah mengering dan nutrisinya meresap sempurna pada kulit wajah.

Sebagai Penyempurna Riasan

Fungsi air mawar selanjutnya yaitu sebagai penyempurna riasan. Pasalnya, air mawar memiliki sifat melembabkan dan menyegarkan. Untuk merasak manfaat ini, semprotkan air mawar pada kulit wajah yang sudah dibersihkan dan setelah menggunakan make up.

Air mawar yang disemprotkan pada kulit wajah sesudah dibersihkan dapat mengunci kelembapan ekstra dan membantu penyerapan produk skincare yang digunakan. Jika kulit wajah lembap dan kenyal karena ternutrisi dengan baik, maka riasan pun menjadi terlihat lebih bagus. Kemudian, gunakan air mawar sebagai face mist setelah mengaplikasikan make up.

Dengan melakukan hal ini, kulit wajah akan terlihat lebih sehat, segar, dan bercahaya. Kelembapan dan kesegaran yang diperoleh dari air mawar bisa dirasakan sepanjang hari.

Merawat Bagian Mata

Bagian wajah yang memiliki lapisan kulit yang tipis dan sensitif adalah bagian mata, baik kelopak mata maupun kantung mata. Oleh karena itu, dibutuhkan formula yang lembut namun ampuh untuk merawat bagian mata. Salah satu formula yang bisa digunakan untuk merawat bagian mata adalah air mawar. 

Pasalnya, air mawar bersifat melembapkan yang bisa menghidrasi pada bagian kulit yang paling sensitif tersebut. Kemudian, adanya kandungan vitamin C pada air mawar, membuatnya bisa menyamarkan kantong mata yang menggelap. Untuk merasakan manfaat air mawar tersebut, kompres bagian mata dengan kapas yang sudah dibasahi oleh air mawar.

Mengatasi Luka Bakar di Wajah

Kulit wajah adalah bagian yang tersering terbakar matahari jika tidak mengaplikasikan sunscreen. Jika hal tersebut terjadi, atasi dengan menggunakan air mawar. Pasalnya, air mawar memiliki sifat menenangkan dan menyegarkan, menyembuhkan kulit terbakar, serta mampu meremajakan kulit dengan cepat.

Cara mengatasi luka bakar di wajah menggunakan air mawar sangatlah sederhana. Realfoodfam bisa menjadikannya sebagai face mist dengan menyemprotkannya pada bagian kulit wajah yang bermasalah. Atau, tuangkan air mawar pada kapas dan diamkan pada bagian kulit yang bermasalah beberapa menit saja.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel di Wajah Secara Alami

Itulah ulasan yang menarik mengenai 10 manfaat air mawar untuk kecantikan agar wajah lebih sehat dan cerah. Namun, jika Realfoodfam ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lengkapi perawatan dengan air mawar sembari mengonsumsi produk Realfood Forever Young yang dikonsumsi minimal 12 hari. Formulasi sarang burung walet dan kolagennya bantu merawat wajah dari dalam.  Mulai konsumsi Realfood dan rasakan langsung manfaatnya.