cara memutihkan wajah secara alami

Kulit, bagi perempuan maupun pria adalah salah satu bagian tubuh yang memerlukan perawatan ekstra. Tidak sedikit orang yang ingin memiliki kulit putih, sehingga banyak sekali yang mencari cara memutihkan wajah secara alami. Meskipun kulit sawo matang khas Indonesia terlihat cantik, kulit wajah putih tetap menjadi dambaan banyak orang. 

Faktanya, kulit putih itu bisa saja terlihat kusam lho! Pemilik kulit sawo matang juga bisa terlihat lebih cerah dan menarik, sehingga penting sekali untuk merawat kulit. Tak cukup hanya dengan krim pencerah saja, Realfoodfam juga harus membiasakan diri untuk beberapa kebiasaan agar kulit tampakYuk, simak 9 cara mencerahkan wajah agar bebas kusam secara alami yang bisa Realfoodfam lakukan mulai dari sekarang!

Penuhi Kebutuhan Gizi untuk Kesehatan Kulit

Salah satu cara mencerahkan kulit secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang bergizi untuk kulit seperti telur, nanas, lemon, tomat, alpukat, bawang putih, dan bayam. Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat tentunya akan membuat kondisi kulit prima dan tampak putih cerah. Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan dan minuman tinggai probiotik agar pencernaan lancar dan akhirnya membuat kulit bebas dari jerawat.

Menghindari Paparan Sinar Matahari

Tentunya Realfoodfam sudah tahu dong kalau sinar UV terutama sinar UV B menyebabkan kulit menggelap dan kusam. Pastikan Realfoodfam menghindari sinar matahari di jam 10.00 - 14.00 atau saat indeks UV sedang tinggi-tingginya. Jika harus keluar ruangan, gunakan sunscreen dan pelindung tambahan seperti topi, kacamata hitam, atau visor untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Meskipun cara ini tidak langsung memutihkan wajah, setidaknya dengan menghindari sinar UV dapat menjaga kulit tetap cerah dan bebas kusam.

Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Sadar tidak sadar, membersihkan wajah juga menjadi bagian dari cara memutihkan wajah secara alami lho! Penggunaan skincare dan makeup harus dibersihkan secara tuntas menggunakan pembersih wajah agar tidak menumpuk dan menjadi kusam. Gunakan cleansing balm atau oil untuk membersihkan makeup waterproof, dilanjutkan dengan pembersih wajah yang mengandung AHA atau BHA agar wajah tetap putih dan cerah! 

Menggunakan Skincare dengan Kandungan Pencerah

Nah, ini dia cara memutihkan kulit wajah secara alami tetapi terbilang cukup cepat, yaitu dengan menggunakan skincare! Realfoodfam bisa memilih untuk menggunakan serum dengan kandungan vitamin C, niacinamide, retinol, kojic acid, dan alpha arbutin. Namun perlu diingat, sesuaikan serum dengan kebutuhan kulitmu dan hindari layering terlalu banyak serum dengan bahan aktif ya. Niatnya kulit putih dan cerah, malah jadi iritasi dan kemerahan! 

Gunakan Pelembap

Selain serum, menggunakan pelembap juga dapat mencerahkan wajah secara alami lho! Hal ini dikarenakan kulit dehidrasi yang tidak menggunakan pelembap akan terlihat kusam. Pelembap yang ada di pasaran saat ini juga banyak yang mengandung kandungan pencerah seperti niacinamide, vitamin C, dan alpha arbutin, jadi gak ada salahnya lho menggunakan pelembap ini! Namun, pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu agar terasa nyaman dan lembap seharian. Mungkin cara ini bukan cara tercepat untuk memutihkan kulit, tetapi jika dilakukan setiap hari, dijamin kulit tampak cerah untuk jangka waktu yang panjang!

Gunakan sunscreen setiap hari 

Sinar UV B adalah penyebab kulit terbakar, menggelap, dan kusam. Nah, percaya deh salah satu cara yang bisa memutihkan wajah jika Realfoodfam sudah memiliki kulit yang terbakar maupun tidak adalah dengan rutin menggunakan sunscreen! Setidaknya gunakan sunscreen di pagi hari setiap hari, bahkan saat beraktivitas di dalam ruangan saja. Gandakan proteksi saat harus beraktivitas di luar ruangan dengan mengaplikasikan ulang sunscreen. 

Lakukan Eksfoliasi Setiap Dua Hari Sekali 

Nah kalau sudah terlanjut punya kulit kusam, ada baiknya Realfoodfam menambahkan eksfoliasi di rutinitas skincare sehari-hari sebagai salah satu tahap mencerahkan dan memutihkan kulit. Pilih toner AHA dengan persentase rendah sebagai permulaan, gunakan dua hari sekali, dan lihat bagaimana kulit kusam akan terangkat dan kulit wajah menjadi tampak lebih putih! 

Rutin Olah Raga

Eits, percaya gak percaya, olah raga itu gak cuma bagus buat kesehatan tubuh lho Realfoodfam! Olah raga juga membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit terutama kulit wajah tampak sehat dan merona. Akhirnya kulit wajah tampak cerah dan lebih putih, tapi pastikan saat berolah raga ke luar ruangan untuk selalu menggunakan sunscreen dan topi sebagai proteksi ya! 

Tidur Minimal 7-9 Jam

Tidak kalah penting, tidur adalah salah satu cara memutihkan wajah secara alami lho! Kurang tidur tidak hanya berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental, tapi juga bisa menjadi dalang penyebab kulit tampak kusam. Tidur setidaknya 7 jam sehari akan membantu regenerasi sel-sel kulit yang kemudian membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih putih. Jangan lupa untuk menggunakan skincare sebelum tidur, mematikan lampu, dan menghindari tidur terlalu larut malam! 

Terlepas dari cara di atas, pastinya masih banyak Cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman. Seperti mengonsumsi suplemen dan makanan yang dapat mencerahkan kulit seperti Realfood Forever Young+ yang mengandung Asam Amino Esensial, Asam Sialat, Epidermal Factor Growth (EGF), 1000mg kolagen, dan antioksidan yang dapat menutrisi kulit sehingga kulit tampak cerah dan glowing! Jadi, kapan nih kita mulai memutihkan wajah secara alami yang lebih sehat dan aman?