cara menghilangkan komedo

Banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo karena dianggap mengganggu penampilan dan kelak akan menjadi jerawat yang membandel. Well, komedo sendiri adalah kumpulan debris sel kulit yang bercampur dengan minyak dan kotoran serta tersumbat di folikel rambut sehingga membentuk lesi primer sebelum menjadi jerawat. Komedo sendiri terdiri atas beberapa jenis: komedo terbuka atau blackhead, komedo tertutup atau whitehead, mikrokomedo, makrokomedo, dan dua terakhir ini memerlukan penanganan oleh dokter spesialis kulit yaitu: giant komedo dan solar komedo. Nah, buat Realfoodfam yang punya masalah blackhead dan white head, simak 8 cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba di rumah! 

Membersihkan Wajah dengan Oil-based Cleanser 

Penggunaan sunscreen, makeup, dan paparan polusi sehari-hari dapat menjadi penyebab munculnya komedo di wajah. Membersihkan wajah dengan face wash saja tidak cukup karena sunscreen dan makeup kebanyakan memiliki basis minyak agar tahan lama di wajah. Selain itu membersihkan wajah dengan minyak juga dapat membantu mengemulsi kotoran di wajah lho! Jadi biasakan membersihkan wajah dengan Cleansing Oil atau Cleansing Balm sebelum mencuci wajah agar wajah benar-benar bersih sempurna, dan komedo dapat berkurang dengan sendirinya. 

Pilih Face Wash yang Sesuai dengan Jenis Kulit 

Jika kamu masih menggunakan face wash seadanya atau bahkan membersihkan wajah dengan body wash, coba deh mulai mencari face wash sesuai dengan jenis kulit agar komedo membandel mau menghilang! Pilih face wash dengan kandungan tea tree atau salicylic acid untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat atau vitamin E dan ceramide untuk pemilik kulit kering. Hal ini bertujuan agar kulit mendapatkan pembersih yang tepat dan tidak menyebabkan sisa kotoran tertinggal di wajah.

Lakukan Eksfoliasi untuk Membantu Mengangkat Sel-sel Kulit Mati dan Komedo

Bukan rahasia lagi dong kalau salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi. Komedo sendiri disebabkan karena bercampurnya sel kulit mati, kotoran, dan minyak sehingga eksfoliasi dapat menjadi cara mencegah sekaligus menghilangkan komedo. Pilih eksfoliator yang sesuai dengan kulitmu dan komedomu: untuk kulit berminyak, pilih salicylic acid dan kulit kering, pilih glycolic acid. Jika kamu memiliki blackhead, ada baiknya gunakan salicylic acid secara rutin untuk membantu melunakkan komedo di dalam kulit. Sedangkan untuk whitehead, gunakan lactic acid atau mandelic acid yang mampu mengangkat sel-sel kulit terluar dengan lembut. Pastikan kamu tidak terburu-buru dengan menggunakan exfoliator berkonsentrasi tinggi setiap hari ya! Mulai dari konsentrasi rendah 2 kali seminggu lalu bangun toleransi kulit secara perlahan. 

Gunakan Serum Khusus untuk Kulit Berjerawat atau Berkomedo

Nah, di tahap serum, Realfoodfam bisa menggunakan begitu banyak pilihan serum, tetapi pilihlah serum yang mampu meregenerasi kulit dan melunakkan komedo sehingga komedo perlahan menghilang dan kulit tampak halus. Realfoodfam bisa menggunakan perpaduan serum ini:

  1. Salicylic acid: zat ini mampu menembus hingga ke pori dan membersihkan pori dan kotoran serta melunakkan komedo. Wajar saja jika salicylic acid menjadi opsi utama dalam menghilangkan komedo karena serum yang satu ini ampuh banget digunakan di kulit berkomedo dan berjerawat
  2. Retinol: Bagi kulit berkomedo dan berjerawat, retinol dapat membantu mendorong regenerasi kulit sehingga kulit tampak mulus dan halus. 
  3. Niacinamide: salah satu zat yang mampu mengatur produksi sebum sehingga buat Realfoodfam yang punya masalah dengan jerawat dan komedo, niacinamide bisa menjadi solusinya! 
  4. Tea Tree: sering menemui komedo yang berubah menjadi jerawat? Well, cobalah menambahkan serum tea tree yang mampu menghilangkan komedo serta mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat!

Kurangi Penggunaan Skincare dengan Kandungan Minyak Tinggi

Kulit berminyak sekalipun pasti membutuhkan moisturizer dan minyak, tetapi pemilihan produk moisturizer dan facial oil harus sangat diperhatikan. Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu, seperti kulit berminyak dapat memilih pelembap dengan kandungan air yang tinggi seperti gel atau gel-cream. Facial oil dapat digunakan di malam hari atau dicampur dengan toner agar tidak terlalu terasa berminyak. Namun, kamu juga bisa lho memilih skincare dan makeup yang berlabel “non-comedogenic” yang telah diformulasi tanpa bahan-bahan penyebab komedo seperti coconut oil dan shea butter.

Kulit Berkomedo Jangan Lupakan Sunscreen!

Siapa bilang kulit berkomedo dan berjerawat gak wajib pakai sunscreen? Justru sunscreen yang ada di pasaran saat ini memiliki perlindungan ganda terhadap sinar UV, bluelight, dan polusi sehingga sangat baik untuk melindungi kamu dari polusi. Dan biasanya, saat kamu menggunakan sunscreen, kamu akan membersihkan wajah lebih detail lagi agar sunscreen benar-benar bersih dari wajahmu. Jadi kenapa tidak, melindungi wajah dari agresor eksternal secara menyeluruh? Oh ya, salah satu cara menentukan sunscreen untuk kulit dengan masalah komedo adalah dengan memilih sunscreen yang mudah meresap, tidak lengket, dan memberikan hasil akhir matte. 

Gunakan Clay Mask Setiap Minggu

menggunakan clay mask

Pore supervacuum! Pernah dengar gak kalau clay mask terutama yang terbuat dari bentonite clay mampu menyerap minyak berlebih dari pori-pori dan membuat komedo lebih mudah hilang? Yes, boleh banget lho di akhir pekan kamu melakukan me time dengan cara steam wajah dengan uap panas, gunakan salicylic toner, lalu pakai clay mask untuk “menyedot” komedo sehingga komedo perlahan hilang! Ingat, jangan dilakukan setiap hari ya! Cukup seminggu sekali setelah menggunakan makeup dengan berlebihan. 

Kurangi Konsumsi Lemak, Pedas, dan Garam Tinggi

konsumi makanan tinggi garam dan lemak

Gak cuma menggunakan skincare, Realfoodfam juga sebaiknya menjaga gaya hidup terutama makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan tinggi lemak, pedas, dan garam dapat membuat produksi minyak di tubuh juga semakin meningkat dan tentunya tidak baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan berat badan lho! Konsumsi sayur dan air putih secara rutin akan membantu membersihkan dan mesekresikan kotoran dari tubuh dengan lebih baik, ditambah dengan skincare yang tepat tentunya dapat menjadi cara untuk menghilangkan komedo dengan benar! Jangan lupa untuk konsumsi makanan dan minuman bernutrisi seperti Realfood Up yang kaya akan kolagen. Baik untuk kulitmu dan juga tubuhmu dong! 

Artikel Terkait Lainnya: