Menghilangkan Bekas Jerawat

Perkara menghilangkan bekas jerawat bukanlah perkara mudah. Setelah menghentikan pertumbuhan jerawat dan mencegah yang baru saja ternyata bukan akhir dari permasalahan kulit berjerawat. Namun, kita juga harus mencari cara menghilangkan bekas jerawat terutama bekas jerawat yang tampak hitam. 

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan bekas jerawat, Realfoodfam perlu tahu nih kalau bekas jerawat hitam atau Post Inflammatory Hyperpigmentation itu akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak menggunakan treatment apapun. Hal ini diakibatkan karena noda hitam dimunculkan oleh produksi melanin dan hal itu normal banget. Kurang lebih jika tanpa treatment, bekas jerawat hitam akan hilang dalam waktu 2 tahun. Namun, dengan treatment yang tepat tentunya bekas jerawat akan hilang lebih cepat. Ini dia beberapa jenis perawat yang dapat Realfoodfam lakukan untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat hitam yang mengganggu!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Skincare 

1. Penggunaan AHA untuk Bekas Jerawat Hitam 

Produksi melanin yang menyebabkan bekas jerawat akan lebih cepat memudar dengan penggunaan produk mengandung AHA seperti glycolic acid, lactic acid, atau mandelic acid. Hal ini karena AHA mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga sel kulit baru akan lebih cepat beregenerasi dan noda hitam perlahan menghilang. Pastikan Realfoodfam tidak menggunakan AHA setiap hari agar tidak mengikis kulit dan membuatnya iritasi. 

2. Vitamin C untuk Menyamarkan Bekas Jerawat Hitam 

Di pagi hari, rutinlah menggunakan serum atau pelembap dengan kandungan vitamin C yang mampu mengurangi bekas jerawat terutama bekas jerawat hitam dengan cara mengurangi pembentukan melanin dengan efektif. Vitamin C akan bekerja lebih baik jika kamu menggunakannya setiap hari lho! Bye bekas jerawat!

3. Coba Rutin Menggunakan Retinol 

Nah, kalau yang ini pasangan terbaik untuk vitamin C! Retinol sangat ampuh menghilangkan bekas jerawat terutama yang hitam karena retinol mampu mempercepat regenerasi sel kulit baru. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan retinol di waktu yang bersamaan dengan vitamin C ya. Gunakan Vitamin C di pagi hari dan gunakan retinol di malam hari setidaknya 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

4. Azelaic acid untuk Bekas Jerawat Membandel 

Azelaic acid adalah zat yang berada di gandum, rye, dan barli untuk membantu menghilangkan jerawat dan rosacea, tetapi juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena paparan sinar matahari. Azelaic acid sendiri bekerja dengan mengatasi produksi melanin yang abnormal sehingga bekas jerawat hitam perlahan akan memudar. Kamu bisa gunakan azelaic acid 10% sebagai permulaan ya! 

5. Niacinamide dan Arbutin Bisa Menjadi Solusi Menghilangkan Bekas Jerawat

Buat Realfoodfam yang kulitnya sensitif dan gak bisa pakai vitamin C, retinol, maupun Azelaic Acid, bisa mencoba dua kombinasi niacinamide dan alpha arbutin untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Keduanya cukup lembut dan ramah di kulit sensitif, meskipun hasilnya bisa dibilang cukup lama ya dibandingkan dengan kombinasi vitamin C dan retinol.

6. Konsultasikan ke Dokter untuk Penggunaan Hydroquinone

Ingin solusi lebih cepat? Konsultasikan ke dokter untuk menghilangkan bekas jerawatmu! Dokter akan memberikan krim yang mengandung hydroquinone yang ampuh menghilangkan bekas jerawat hitam di wajahmu. Ingat ya, hydroquinone hanya bisa diberikan oleh dokter dermatologi ya! 

7. Rutin gunakan Sunscreen 

Tidak peduli serum apa pun yang suadh kamu pakai, bekas jerawatmu akan tetap nampak hitam jika kamu tidak melindungi kulitmu dari produksi melanin berlebih. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Tidak hanya selama beraktivitas di luar ya, tetapi juga saat beraktivitas di dalam rumah yang terkena sinar matahari langsung.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lifestyle 

Penggunaan skincare tidak akan cukup untuk menghilangkan bekas jerawat, atau kamu enggan menggunakan skincare karena kulitmu sensitif? Well, simak yuk cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang! 

1. Konsumsi vitamin C

Tidak hanya menggunakan vitamin c di kulit, konsumsi vitamin c secara oral juga sangat baik lho! Tentunya vitamin C dapat meningkatkan imun dan menunjang produksi kolagen di kulit, selain itu konsumsi vitamin C dapat membuat kulitmu tampak bersih. Malas konsumsi vitamin C? Kamu bisa suntik atau infus vitamin C lho! Pastikan dilakukan di bawah pengawasan dokter ya! 

2. Konsumsi Green Tea untuk Mencegah Pembentukan Melanin

Suka minum kopi? Ganti dengan teh hijau atau matcha! Bahan ini mengandung antioksidan dan EGCG yang tinggi sehingga mampu mencerahkan kulit dan mencegah pembentukan melanin berlebih di kulit sehingga bekas jerawat akan memudar dan kulit tampak bersih cerah! 

3. Hindari Paparan Matahari yang Memperparah Bekas Jerawat

Ini juga cukup mudah kok, hindari beraktivitas di bawah sinar matahari sebisa mungkin! Atau hindari beraktivitas di saat tingkat UV sedang tinggi-tingginya seperti di jam 10.00 - 14.00. Selalu gunakan sunscreen ya!

5. Gunakan Perlindungan Ganda saat Beraktivitas Outdoor 

Selain menghindari beraktivitas di bawah sinar matahari dan menggunakan sunscreen, ada baiknya kamu juga menggunakan pelindung ganda seperti topi, baju dengan kandungan UV, payung, dan kaca mata hitam. 

6. Rutin Konsumsi Tomat

Secara alami, tomat mengandung astaxanthin yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari lho! Oleh karena itu, konsumsi tomat setiap harinya mampu melindungi kulitmu dari pembentukan melanin berlebih dan membantu menghilangkan bekas jerawat. Yuk, coba minum jus tomat atau potongan tomat yang diberi jeruk nipis supaya terasa segar! 

7. Hindari Memegang Jerawat 

Nah yang satu ini gak kalah penting untuk mencegah bekas jerawat. Gak boleh pegang-pegang apalagi memecahkan jerawat dalam keadaan tangan kotor! Memegang maupun memecahkan jerawat bisa bikin luka dan akhirnya meninggalkan bekas jerawat hitam yang lebih membandel. Gunakan saja acne patch atau hydrocolloid agar jerawat aman dari tangan nakalmu!

8. Konsumsi Makanan dan Minuman Kaya Kolagen 

Kulit yang terdapat banyak kolagen akan mampu memperbaiki dan meregenerasi dengan lebih baik daripada kulit yang miskin kolagen, termasuk dalam hal menghilangkan bekas jerawat. Kulit yang kaya kolagen akan mampu menghilangkan bekas jerawat dengan sendirinya sehingga penting banget nih buat kamu konsumsi kolagen. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Realfood Program Sehat 12 Hari Forever Young dan Forever Young+. Forever Young mengandung 500mg kolagen sedangkan Forever Young+ mengandung 1000mg kolagen yang dapat menjaga kesehatan dan menghilangkan bekas jerawat jika dikonsumsi secara rutin. Keduanya sangat baik untuk kulitmu, tinggal kamu pilih saja sesuai dengan budgetmu. 

Semoga 14 cara menghilangkan bekas jerawat di atas bisa membantu kamu ya, jangan lupa untuk jaga terus kesehatan dan stay happy karena hati yang senang adalah obat yang manjur dan tentunya mencegah munculnya jerawat baru! Good luck! 

Artikel Terkait Lainnya: