cara mengatasi bibir hitam

Memiliki warna bibir kehitaman dapat mengurangi rasa percaya diri terutama pada wanita, namun banyak cara mengatasi bibir hitam yang dapat dilakukan. Pasalnya bibir memiliki lapisan kulit yang tipis, sehingga dapat dengan mudah berubah warna. Warna bibir yang menggelap juga menjadi salah satu tanda hiperpigmentasi. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh kelebihan kandungan melanin. 

Penyebab Warna Bibir Kehitaman

Sebelum membahas cara mengatasi bibir hitam, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi sebab perubahan warna bibir menjadi kegelapan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan bibir menjadi kehitaman, mulai dari pola hidup hingga kondisi medis tertentu. Berikut adalah faktor penyebab warna bibir menjadi kehitaman:

  • Gaya hidup dan kebiasaan
  • Faktor keturunan
  • Obat-obatan atau zat kimia
  • Kurang nutrisi
  • Reaksi alergi terhadap produk pasta gigi, lipstik
  • Kehamilan
  • Kekurangan vitamin
  • Menggunakan kosmetik yang kadaluarsa

Tidak hanya meningkatkan penampilan, warna bibir cerah atau merona juga menandakan bahwa bibir kamu sehat. Namun tentunya hal ini bisa diatasi dengan bantuan bahan alami. Berikut ini adalah 17 cara mengatasi bibir hitam dengan menggunakan bahan alami:

  1. Madu

Selain memiliki bergama manfaat untuk tubuh dan kulit, madu juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam dengan bahan alami. Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang membantu merangsang lapisan epidermis untuk memproduksi kolagen baru. Dengan begitu bibir dapat tampak segar dan kembali merona. 

  1. Gula

Tekstur kasar pada gula membantu mengangkat kulit mati pada bibir. Untuk itu gula dapat menjadi scrub bibir alami. Kamu bisa mencampur gula dengan madu atau 1 sdm jus stroberi dan menjadikannya scrub bibir dengan perasa alami. Jangan lupa membilasnya dengan air hangat untuk mengembalikan kelembapan bibir yang hilang. 

  1. Lemon

Sebuah hasil penelitian yang dimuat di Biological and Pharmaceutical Bulletin mengemukakan bahwa buah-buahan sitrus, termasuk lemon, dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Kamu dapat melakukan langkah sederhana sebagai cara mengatasi bibir hitam dengan mengoleskan potongan lemon di bibir pada malam hari. Diamkan beberapa saat dan jangan lupa membilasnya dengan air bersih. 

  1. Strawberry

Terkenal memiliki kandungan mineral dan vitamin, strawberry mampu menjaga bibir tetap sehat dan ternutrisi. Mencampurkan madu dan strawberry dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap. Selain itu, strawberry juga memiliki manfaat untuk mengurangi bibir pecah-pecah.

  1. Buah Delima

Menurut penelitian, ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi kulit. Selain itu polifenol pada buah delima juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Realfoodfam dapat mengolah delima menjadi jus dan mengoleskan pada bibir untuk mengurangi warna bibir menggelap.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi yang kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Aplikasikan pasta gigi pada bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

  1. Kunyit

Menurut jurnal Cell Biology and Toxicology pada tahun 2010, kunyit dapat bermanfaat sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi bibir gelap. Caranya cukup mencampurkan susu cair dengan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta. Kemudian gosokkan campuran tersebut pada bibir yang sudah dibersihkan. Lalu, biarkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air dingin.

  1. Mentimun

Kadar air dalam mentimun dapat membantu menjaga kelembapan bibir, sehingga bibir akan terhidrasi dengan baik dan nampak lebih cerah. Jadikan timun sebagai masker di bibir, diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih sebagai cara mengatasi bibir hitam. 

  1. Kentang

Kentang memiliki vitamin dan mineral yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam menjadi cerah merona. Kamu dapat melakukan perawatan dengan menghaluskan kentang lalu oleskan pada bibir.

  1. Es Batu

Es batu akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah pada bibir akan menjadi besar sehingga bibir nampak merah. Gosok-gosokkan es batu pada bibir selama 15 menit setiap hari.

  1. Lidah Buaya

Realfoodfam bisa mengoleskan bagian gel lidah buaya pada permukaan bibir, lalu diamkan sampai mengering. Jangan lupa membilasnya dengan air hangat untuk mengangkat residu dari gel lidah buaya

  1. Minyak Almond

Oleskan minyak almond pada bibir untuk membantu mengatasi bibir hitam agar kembali merona. Minyak almond dapat membantu meremajakan serta menghaluskan kulit bibir.

  1. Minyak Kelapa

Mengaplikasikan minyak kelapa di bibir selain dapat menghaluskan kulit bibir juga dapat mengembalikan warna bibir menjadi lebih cerah. Kamu dapat mencampurkan gula dan minyak kelapa kemudian menggosoknya dengan halus. Jangan lupa bilas dengan air bersih ya, Realfoodfam!

  1. Susu

Oleskan susu murni selama 10-15 menit pada bibir untuk membantu mengangkat kulit mati. Kandungan asam laktatnya dapat menghilangkan noda hitam di bibir dan kembali membuatnya lebih cerah. 

  1. Lip Balm

Selain menggunakan bahan alami, Realfoodfam juga bisa menambahkan langkah lain sebagai upaya untuk mengatasi bibir hitam dengan menggunakan lip balm. Selain memiliki fungsi untuk memberi kelembapan pada bibir, lip balm juga dapat membantu mencerahkan dan mengurangi bibir kusam. Pastikan produk lip balm yang kamu gunakan memiliki SPF agar melindungi bibirmu dari sinar matahari dan tidak semakin gelap

  1. Air Putih

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi selain menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, juga dapat membuat warna bibir menjadi gelap. Untuk itu memastikan untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup ternyata dapat menjadi salah satu cara mengatasi bibir hitam. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, ada baiknya Realfoodfam minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap hari. 

  1. Eksfoliasi

Tidak hanya wajah, bibir juga membutuhkan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi bibir juga merupakan langkah yang penting sebagai cara mengatasi bibir hitam dengan cepat. Dengan rutin melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati di bibir dapat terangkat dan mengembalikan warna alami bibir.

Lakukan eksfoliasi maksimal 2 kali seminggu sebagai cara mengatasi bibir hitam. Kamu bisa menggunakan campuran gula dan madu atau mentega untuk eksfoliasi bibir. Madu dan mentega memberikan kelembapan, dan tekstur gula yang kasar membantu mengangkat kulit mati. Namun jangan sampai over-exfoliate ya, Realfoodfam! Lakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu agar terhindar dari iritasi pada bibir.

Beberapa bahan alami di atas bisa menjadi alternatif cara mengatasi bibir hitam. 

Untuk menjaga warna bibir yang sudah cerah, Realfoodfam bisa menjalani pola hidup sehat dengan tidak merokok, minum banyak air putih, dan mengurangi kafein.Namun jika bibirmu tetap kering dan kusam meskipun sudah menerapkan langkah diatas, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya!

Artikel Terkait Lainnya: