manfaat niacinamide

Terkenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, tak heran belakangan niacinamide banyak ditemukan pada produk skincare baik lokal maupun dari luar. Manfaat niacinamide tidak hanya untuk kulit namun juga memiliki manfaat untuk sistem saraf, fungsi otak dan sistem pencernaan lho! Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang bermanfaat untuk tubuh dan memiliki kemampuan untuk mengurangi masalah kulit. Biasanya bahan aktif ini banyak terkandung pada produk skincare seperti toner, serum, pelembab, bahkan beberapa brand mengeluarkan produk sunscreen yang mengandung niacinamide. Sebelum membahas manfaat niacinamide lebih lanjut, ada baiknya Realfoodfam mengetahui cara memilih produk dengan niacinamide agar tidak salah dan justru menimbulkan efek lain bagi tubuh atau kulit. 

Berdasarkan penelitian dari International Journal of Toxicology, niacinamide termasuk dalam bahan yang aman digunakan, tidak menimbulkan iritasi, dan baik untuk kulit sensitif. Pada beberapa produk perawatan kulit, niacinamide ditulis sebagai niacin atau nicotinamide. Untuk perawatan kulit, kamu bisa memilih niacinamide yang memiliki kandungan 5% untuk mengatasi noda hitam. Namun jika kulitmu sensitif, kamu bisa memilih niacinamide dengan kandungan yang lebih rendah sebesar 2%. 

Rutin menggunakan niacinamide dalam rangkaian perawatan kulitmu dapat memberikan banyak manfaat untuk kulitmu lho, Realfoodfam! Berikut 14 manfaat niacinamide untuk kulit: 

1. Mengatasi jerawat 

Terkenal memiliki banyak kelebihan, salah satu manfaat niacinamide adalah mampu mengatasi jerawat, termasuk jenis pustula dan papula. Dituliskan dalam sebuah penelitian oleh International Journal of Dermatology, sejumlah orang yang menggunakan niacinamide dengan kadar 4% dan mengoleskan 2 kali sehari selama 8 minggu diketahui bisa mengurangi jerawat. Selain itu, niacinamide juga dapat membantu mengatasi bruntusan pada wajah jika rutin digunakan. 

2. Menyamarkan noda hitam

Manfaat lain niacinamide untuk kecantikan adalah membantu mencerahkan kulit dan juga menyamarkan noda hitam. Sebab niacinamide dapat merangsang produksi kolagen sehingga noda hitam bekas jerawat dapat tersamarkan. Rajin menggunakan skincare yang memiliki kandungan 5% niacinamide selama minimal 4 minggu dapat membantu menyamarkan noda hitam lho.

3. Mengecilkan pori-pori

Niacinamide dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga dapat mengecilkan pori-pori. Tidak heran kalau kandungan niacinamide sangat cocok untuk Realfoodfam yang memiliki pori-pori besar dan berminyak. 

4. Mengurangi garis halus dan keriput

Niacinamide memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas pada kulit. Menggunakan niacinamide secara rutin pada tahapan skincare mu akan membantu menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah. Dilansir dari Cosmetic Info, produk skincare yang mengandung niacinamide akan bekerja memperbaiki kulit kering dan rusak dengan cara mengembalikan kekenyalannya. 

Selain menggunakan niacinamide pada skincare routine kamu, Realfoodfam juga bisa lho mengonsumsi Realfood Forever Young+ untuk membantu mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit. Memiliki kandungan utama sarang burung walet dan kolagen, Realfood Forever Young+ mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) yaitu senyawa yang membantu produksi kolagen dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan elastisitas kulit. 

5. Melembapkan kulit

Penelitian dari  Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan bahwa niacinamide dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghalang lemak) sehingga dapat mempertahankan kelembapan kulit. Niacinamide juga dapat mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

6. Mengatasi peradangan kulit

Fungsi lain dari niacinamide adalah memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kulit meradang, dan berbagai penyakit kulit seperti eksim, rosacea, jerawat. 

7. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat lain niacinamide yang tidak kalah penting adalah kemampuannya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, dan juga meregenerasi sel-sel kulit sehat

8. Mencegah kanker kulit

Tak hanya digunakan dalam rangkaian skincare, niacinamide juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen lho. Mengonsumsi suplemen niacinamide diyakini dapat membantu mencegah penyakit seperti kanker kulit melanoma. Jenis kanker kulit ini muncul akibat paparan sinar UV. Dengan mengonsumsi suplemen niacinamide dapat meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Tentunya pencegahan terhadap kanker kulit ini perlu dibarengi dengan ritual lainnya seperti penggunaan sunscreen dan menerapkan gaya hidup sehat.

9. Membuat wajah lebih kencang

Manfaat niacinamide untuk kulit juga untuk membantu membangun keratin, yaitu protein yang membuat wajah lebih kencang dan sehat. Selain orang dewasa, remaja pun dapat mulai menggunakan skincare dengan bahan niacinamide, lho. 

10. Mengatur produksi minyak di wajah

Niacinamide dikenal memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit. Dengan terjaganya kelembapan kulit dengan baik, produksi minyak alami di wajah akan lebih terkontrol. Maka kamu bisa mendapatkan kulit sehat dan meminimalisir munculnya jerawat akibat minyak di wajah.

11. Mengatasi Hiperpigmentasi

Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi, khususnya saat terlalu sering terpapar sinar matahari. Menggunakan niacinamide dapat memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV

12. Sebagai Antioksidan

Sama halnya dengan vitamin C, niacinamide juga tergolong kedalam antioksidan yang memiliki manfaat baik bagi tubuh dan berfungsi untuk mengembalikan pasokan antioksidan ke kulit setelah terpapar sinar UV. Melansir Elemental, penggunaan antioksidan oles (dalam hal ini niacinamide) di pagi hari dan digunakan bersama sunscreen agar optimal.

13. Mencegah Stres Oksidatif

Ketidakseimbangan akibat radikal bebas dan kurangnya antioksidan dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif. Disini manfaat niacinamide berperan untuk melindungi kulit dari stres oksidatif. Niacinamide dapat membantu membangun sel kulit serta melindungi dari berbagai paparan stres lingkungan yang diakibatkan oleh sinar matahari, dan polusi.

14. Meningkatkan Imunitas Kulit Wajah

Terkena sinar matahari secara terus dapat membuat kulit terbakar bahkan memicu kerusakan kulit. Niacinamide memiliki kemampuan untuk membuat imunitas kulit menguat dan bekerja sebagai pelindung. Dengan begitu kulit tampak kenyal dan lembap. 

Ternyata banyak sekali ya manfaat niacinamide, Realfodfam? Kira-kira sudah tertarik untuk menambahkan niacinamide ke dalam skincare routine kamu belum nih? Jika kamu baru ingin mencoba, ada baiknya gunakan niacinamide dengan kadar rendah seperti 2% terlebih dahulu. Jika tidak ada efek tertentu, kamu bisa melanjutkannya. Yuk raih kulit glowingmu dari luar dengan skincare dan Realfood Forever Young+ sebagai asupan tambahan!

Artikel Terkait Lainnya: