manfaat labu kuning

Rasanya yang manis membuat banyak orang gemar mengkonsumsi labu kuning. Selain itu, labu kuning menyimpan segudang manfaat, termasuk manfaat kecantikan kulit wajah. Jika Realfoodfam ingin tahu bagaimana melakukan perawatan kulit wajah menggunakan labu kuning dan berbagai manfaatnya bagi kecantikan, berikut ini adalah ulasannya:

Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Labu Kuning

Realfoodfam bisa melakukan perawatan kecantikan kulit yang alami menggunakan labu kuning. Bagi Realfoodfam yang memiliki kulit berminyak, cukup mencampurkan satu sendok makan yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh cuka apel. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada area wajah, biarkan hingga mengering, dan bilas menggunakan air dingin.

Sedangkan untuk perawatan kulit kering, campurkan dua sendok teh labu kuning yang sudah dihaluskan dengan ½ sendok teh madu, ¼ sendok teh krim kocok kental, dan ¼ sendok teh susu. Lalu, oleskan pada wajah hingga merata, biarkan 10-15 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

9 Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain mampu mengatasi permasalahan untuk kulit kering dan berminyak, labu kuning ternyata memiliki segudang manfaat lainnya. Berbagai kandungan yang terdapat pada labu kuning membuatnya bisa mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah. Berikut ini adalah 9 manfaat labu kuning untuk kecantikan kulit wajah:

1. Mencegah Penuaan Dini

Labu kuning mengandung antioksidan yang dapat membantu mempertahankan sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan keriput hingga kanker kulit. Selain itu, labu kuning juga mengandung beta karoten dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu mengembalikan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV serta memperbaiki tekstur kulit. 

2. Mengatasi Jerawat

Adanya kandungan riboflavin, niasin, folat, dan vitamin B6, membuat labu kuning bermanfaat untuk meredakan dan mengatasi jerawat. Kemudian, adanya kandungan zinc pada labu kuning dapat membantu proses pemulihan kulit serta membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Menghaluskan Bekas Jerawat

Kandungan asam alfa hidroksi dan enzim pada labu kuning dapat memecah sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi sehat dan kuat. Selain itu, adanya beta karoten pada labu kuning juga dapat memperbaiki kulit dan mampu menghaluskan bekas jerawat.

4. Membantu Mengatasi Flek Hitam

Realfoodfam bisa memanfaatkan labu kuning untuk mengatasi flek hitam. Siapkan satu sendok makan labu kuning yang sudah dihaluskan, satu sendok teh madu, 1 sendok teh jeruk nipis, dan 1 sendok teh minyak vitamin E. Kemudian, oleskan campuran ini pada area wajah, diamkan hingga 30 menit, dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Melembapkan Kulit

Di dalam labu kuning, terdapat vitamin E dan antioksidan yang dapat melembapkan kulit. Realfoodfam dapat menggunakan masker labu kuning selama dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang lembap dan sehat.

6. Mencegah Produksi Minyak Berlebih

Zinc pada labu kuning berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat. Realfoodfam bisa mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah menggunakan masker labu kuning yang dihaluskan dan dicampur dengan cuka apel. Pasalnya, cuka apel berguna untuk mengurangi sebum dengan menyerap kelebihan minyak yang ada pada permukaan kulit wajah.

7. Melawan Radikal Bebas

Dengan mengkonsumsi labu kuning secara rutin, dipercaya dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Kemudian, adanya kandungan antioksidan pada labu kuning membuatnya dapat menstabilkan beberapa molekul radikal bebas yang berkembang pada jaringan kulit dan membentuk kolagen alami. Dengan begitu, kulit wajah menjadi lebih kenyal dan tampak awet muda.

8. Mencerahkan Kulit

Enzim yang terkandung pada labu kuning fungsinya mirip dengan kandungan alpha hydroxyl yang ada pada produk pencerah kulit. Cara kerja enzim ini yaitu dengan menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

9. Mengurangi Kerutan dan Garis-Garis Halus

Jika ingin meningkatkan elastisitas kulit, Realfoodfam dapat mengkonsumsi labu kuning atau menjadikannya sebagai masker wajah. Adanya kandungan vitamin A pada labu kuning juga berfungsi untuk mengurangi kerutan serta garis-garis halus pada kulit wajah.

Bagi Realfoodfam yang ingin mendapatkan berbagai manfaat dari labu kuning yang dikemas menjadi snack jelly yang sehat dan praktis, yuk, coba Realfood Jelly Pure. Kandungan labu kuningnya mampu meredakan peradangan jerawat dan meningkatkan produksi kolagen. Realfood Jelly Pure juga mengandung sarang burung walet, wortel, zinc, dan madu hutan yang dapat mengatasi permasalahan jerawat dan berfungsi sebagai anti aging

Artikel Terkait Lainnya: