manfaat bunga rosella

Bunga rosella atau Hibiscus sabdrariffah adalah bunga asli dari benua Afrika. Tidak hanya penampilannya yang cantik dipandang mata, bunga berwarna merah ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan apabila dikonsumsi secara rutin. 

Lazimnya, bunga rosella ini diseduh sebagai teh dengan rasa asam sepat yang unik. Hal ini dikarenakan bunga rosella kaya akan antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, beta karoten, kalsium, omega-3, dan beragam asam esensial di dalamnya. Konon, bunga rosella diyakini ampuh sebagai penawar penyakit batuk, demam, hingga penyakit hati/ liver. Gak cuma itu aja, yuk simak beragam manfaat bunga rosella untuk kesehatan dan kecantinkan! 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat bunga rosella yang paling populer adalah mampu menurunkan tekanan darah jika seorang penderita hipertensi ringan rutin mengonsumsinya selama 2-6 minggu. Dikarenakan bunga rosella memiliki sifat diuretik yang mampu mengurangi kadar cairan di dalam tubuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi bunga rosella untuk mengatasi tekanan darah tinggi. 

2. Mengatasi Kadar Kolesterol Tinggi

Bunga rosella juga diperkaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Menurut Journal of Nutritional Health & Food Engineering, konsumsi ekstrak bunga rosella selama tiga kali sehari menunjukkan penurunan kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total akibat ekstrak etanol dan antosianin yang berada di bunga rosella. Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa bunga rosella mampu menjaga kadar gula darah yang lebih baik!

3. Menjaga Fungsi Hati 

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan konsumsi ekstrak bunga rosella selama 12 minggu dapat mengurangi penumpukan lemak di hati yang merupakan salah satu penyebab gagal hati.

4. Mengatasi Masalah Asam Urat 

Bunga rosella juga disebut dapat meringankan kerja ginjal yang membuang kelebihan asam urat, kalsium, dan natrium dalam darah dengan cara menurunkan kadar kreatinin, asam urat, asam sitrat, asam tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat di dalam ginjal. Baik sekali mengonsumsi bunga rosella dalam bentuk teh untuk menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh dan menurunkan asam urat yang mengganggu nih!

5. Mendorong Produksi Kolagen Alami 

Bunga rosella kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam proses pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan salah satu jenis protein yang bekerja sebagai lem sel, termasuk sel kulit. Penting bagi kita yang sudah menginjak usia 25 ke atas untuk rutin mengonsumsi vitamin C agar produksi kolagen tetap terjaga dan kulit terjaga kelembapan, kekenyalan, dan keelastisitasannya. Tidak hanya untuk produksi kolagen, bunga rosella juga membantu meningkatkan sistem imun lho! Yuk, biar gak gampang sakit, mulai konsumsi bunga rosella! 

6. Antioksidan Anti Radikal Bebas

Tubuh kita mengalami peradangan, salah satunya adalah jerawat. Bunga rosella mengandung antioksidan yang tinggi, yaitu antosianin dan beta karoten yang membantu mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bekerja untuk meredakan peradangan dan menetralkan radikal bebas di jaringan kulit. Rutin mengonsumsi bunga rosella dalam bentuk teh maupun menggunakan skincare dengan kandungan hibiscus dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di wajah. 

Sudah lihat dong manfaat bunga rosella yang bisa Realfoodfam dapatkan bila rutin mengonsumsinya? Jangan ragu untuk mulai konsumsi teh bunga rosella ataupun menambahkan ekstrak bunga rosella di dalam masakan. Pakai skincare dengan kandungan bunga rosella atau hibiscus juga ternyata bermanfaat ya! Yuk, mulai rutin gunakan rosella!

Artikel Terkait Lainnya: