manfaat elderberry

Elderberry atau Sambucus adalah buah beri yang berbentuk bulat kecil dan berawarna merah karena kaya akan kandungan antosianin. Elderberry sendiri adalah pewarna alami yang digunakan di Amerika Serikat dan Jepang sebagai pewarna makanan alami, bahkan FDA menyebutnya sebagai pewarna organik lho! 

Selain sebagai pewarna, elderberry sendiri memiliki begitu banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, seperti flavonoid, vitamin A, vitamin B, vitamin C, tannin, fosfor, kalsium, kalium, asam viburnik, karotenoid, asam amino, dan tentunya bersifat antioksidan. Sehingga elderberry sering sekalo digunakan dalam pengobatan kanker dan diabetes di negara Eropa, Amerika Utara, Asia Barat, dan Afrika Utara. Seperti para dokter di Jerman akan menyuguhkan teh elderberry jika seseorang mulai terkena penyakit pilek dan batuk. Yuk, kita cari tahu manfaat elderberry lainnya yang bikin eldeberry ini layak disebut buah ajaib!

1. Menyembuhkan Flu 

Buah elderberry digadang-gadang sebagai penyembuh flu alami yang manjur lho! Elderberry memiliki kandungan Sambucus Agglutinis Nigra (SNA) yang mampu melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh dari infeksi. Kemampuan elderberry sendiri sudah sangat terbukti terutama kandungan flavonoid dapat mengeliminasi virus pilek dan flu dalam waktu 24 hingga 48 jam. Oh iya, elderberry juga aman lho dikonsumsi anak-anak sehingga banyak imun booster untuk anak yang diperkaya dengan elderberry! 

2. Mencegah Penyebaran Kanker

Elderberry yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk mencegah bertumbuh dan penyebaran sel kanker ke sel yang sehat. Thanks to flavonoid, elderberry juga mampu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh manusia akibat radikal bebas. 

3. Kaya akan Vitamin C

Tidak suka konsumsi vitamin C dari buah jeruk? Elderberry bisa jadi alternatifnya lho! Elderberry kaya akan vitamin C yang mampu mempercepat penyembuhan penyakit dan juga berperan sebagai antioksidan. Buat yang lagi sakit ataupun mencegah penyakit, elderberry cocok banget nih kamu pakai buat boost imun kamu! 

4. Membantu Mengontrol Gula Darah 

Tidak hanya antioksidan, buah elderberry juga mampu menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh meskipun manfaat yang satu ini belum memiliki bukti klinis yang cukup. Mengonsumsi buah elderberry mentah dapat meningkatkan risiko hipoglikemia dan tentunya buah elderberry yang mentah dapat menjadi racun lho. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi elderberry untuk diabetes ya, atau konsumsi dalam bentuk teh atau snack yang rendah gula!

5. Menjaga Kesehatan Mata 

Buah elderberry yang kaya akan vitamin A juga bagus banget nih untuk menjaga kesehatan mata kita. Kandungan vitamin A di dalam elderberry juga ternyata lebih tinggi daripada wortel lho! Ditambah dengan kandungan karoten, elderberry cocok banget dikonsumsi untuk kamu yang pingin menjaga kesehatan mata. 

6. Baik untuk Pencernaan

Meskipun jarang terdengar, tapi elderberry bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti wasir, diare, dan sembelit lho! Hal ini dikarenakan elderberry mampu menunjang pembentukan dan memperkuat prebiotik dan probiotik di dalam saluran pencernaan sehingga masalah seperti konstipasi bisa diatasi dengan konsumsi elderberry! 

7. Mengurangi Peradangan

Saat musim radang tenggorokan seperti sekarang ini, konsumsi elderberry sangat baik untuk mengurangi peradangan karena kandungan antiinflamasi dan histamin di dalam elderberry akan mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan lho. Siapa yang mau cepet sembuh? Yuk, konsumsi elderberry!

8. Mengurangi Stress 

Konsumsi elderberry juga sangat baik lho untuk mengurangi stress karena elderberry mampu mengontrol gula darah sehingga kortisol alias hormon stress dapat diseimbangkan.

9. Cocok untuk Kesehatan Kulit 

Kulit kita sehari-hari terpapar oleh radikal bebas dan polusi, sehingga untuk menjaga kesehatan kulit, ada baiknya sih rutin mengkonsumsi elderberry yang kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri akan melindungi sel-sel yang sehat dari serangan radikal bebas sehingga kulit tetap tampak muda dan sehat! 

Emang ada ya produk kecantikan atau skincare yang mengandung elderberry? Ada banget! Enaknya, skincare-nya bisa dimakan lho! 

Kenalan yuk sama Realfood Flawless Jelly yang rendah kalori (cuma 5 kcal!) dan rendah gula (cuma 1g gula perkonsumsi!) yang mengandung sarang burung walet, kolagen, elderberry, pomegranate, dan retinol lho! Sarang burung walet mengandung EGF yang dapat membantu produksi kolagen dan mengandung asam sialat untuk membantu mencerahkan kulit. Kolagen untuk mengencangkan kulit. Elderberry untuk meningkatkan imun tubuh dan sebagai pewarna merah alami. Ada juga pomegranate yang ngasih rasa manis enak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV. Dan pastinya ada retinol yang menstimulasi regenerasi sel kulit, tenang aja, Realfood Flawless jelly aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui lho! Yuk, nyemil elderberry dalam bentuk skincare yang bisa dimakan ini!

Artikel Terkait Lainnya: