tea tree oil

Setelah mengenal asal muasal, manfaat tea tree oil, hingga efek sampingnya secara mendasar dalam artikel sebelumnya, Anda perlu mengenalnya lebih dalam karena masih ada segudang manfaat minyak alami satu ini. Penasaran? Simak 11 manfaat tea tree oil mulai dari ampuh mengobati jerawat hingga digunakan dalam beragam kebutuhan rumah tangga di bawah ini, ya! 

1. Ampuh Mengobati Jerawat Karena Bersifat Antibakteri

Apakah tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati jerawat? Jawabannya ya. Minyak alami ini memiliki kandungan yang sama dengan zat benzoil peroksida yang ditemukan dalam berbagai obat jerawat. Perbedaannya ialah minyak alami ini tidak membuat efek samping seperti kulit yang merah, kering, atau mengelupas saat digunakan ke wajah.

Cara mengobati jerawat dengan tea tree oil ialah dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan dua sendok teh madu, kemudian aduk hingga merata dan gosokkan ke area yang berjerawat. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Perlu diketahui, meskipun mengandung unsur nama teh, minyak alami ini tidak untuk dikonsumsi dengan cara diminum, ya! Jaga kecantikan dari dalam dengan konsumsi makanan yang dapat mendukung kesehatan kulit dan mengatasi jerawat seperti konsumsi sayur dan buah. Hindari makanan tinggi kalori hingga produk dairy secara berlebih. Konsumsi sarang burung walet dan kolagen juga baik yang terkandung dalam Program 12 Hari Realfood Forever Young dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatasi jerawat. 

2. Tea Tree Oil Membantu Meredakan Gatal Eksim

Cara mengobati eksim dengan tea tree oil ialah dengan mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 5 tetes tea tree oil dan 2 tetes ekstrak lavender. Gunakan sebagai lotion atau totolan untuk meredakan eksim yang kambuh.

Minyak alami satu ini memiliki kandungan antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan rasa gatal eksim dan psoriasis kulit. Eksim adalah reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan gejala kulit kemerahan, kering, dan gatal yang ketika terinfeksi dapat muncul benjolan kecil berisi cairan bening atau kekuningan.

3. Tea Tree Oil Mengatasi Ketombe

Masih berkaitan dengan kulit, Anda yang punya masalah pada kulit kepala khususnya ketombe dapat menggunakan tea tree oil yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Manfaat tea tree oil hampir sama seperti minyak kelapa yang dapat membantu mengobati ketombe, menenangkan kulit mati yang mengelupas, dan merawat rambut agar terhindar dari masalah rambut lainnya seperti serangan kutu.

Jika Anda tidak menemukan produk perawatan rambut yang mengandung minyak alami tersebut, ada cara mengobati ketombe dengan tea tree oil yakni dengan menggunakan ramuan yang terdiri dari campuran 10 tetes cairan tea tree oil, gel lidah buaya, dan 3 sendok teh santan. Gunakan ramuan ini dua hari sekali selama satu bulan pemakaian untuk mendapatkan benefit yang maksimal, ya!

4. Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kuku

Selain populer sebagai salah satu kandungan ampuh dalam beberapa obat jerawat, tea tree oil nyatanya juga dapat membantu mengatasi jamur pada kuku. Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov perawatan dengan menggunakan cream medis yang mengandung 2% butenafine dan tea tree oil dapat membantu menyembuhkan jamur kuku. Disebutkan bahwa hasil survey membuktikan 80 persen orang yang mengikuti pengobatan cream medis selama 16 minggu dapat sembuh dari jamur kuku.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka Ringan

Masih dilansir dari healthline.com, tea tree oil dapat mempercepat penyembuhan luka ringan seperti luka akibat sayatan kecil dan goresan yang dapat menyebabkan infeksi apabila dibiarkan terbuka tanpa pengobatan. Minyak alami ini disebut dapat membunuh berbagai bakteri penyebab infeksi. Cara mengobati luka dengan minyak alami ini ialah dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa. Setalah mencuci bersih luka, oleskan ramuan tersebut dan tutup dengan plester. 

6. Dapat Mengatasi Bau Badan, Pengganti Deodoran

Manfaat tea tree oil adalah mampu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh berkat kandungan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan pada kulit.

Untuk mengatasi bau badan menggunakan tea tree oil cukup mudah yakni dengan menyampurkannya dengan minyak kelapa dan baking soda. Oleskan secara rutin formula ini ke bagian ketiak sebelum tidur dan dibiarkan semalaman. Kemudian bilas dengan air dingin saat mandi di pagi hari.

7. Digunakan Sebagai Obat Kumur Alami Non Kimiawi

Tea tree oil juga disebut dapat melawan kuman penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak ini efektif melawan bakteri penyebab plak dibandingkan dengan chlorhexidine yang terkandung dalam obat kumur pada umumnya. Cara membuat obat kumur alami sendiri juga mudah yaitu dengan menyampurkan 3 tetes minyak tersebut ke dalam air hangat. Gunakan dengan cara dikumur selama 30 detik kemudian buang.

8. Bisa Jadi Hand Sanitizier

Menurut healthline, produk tea tree oil jadi salah satu produk yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan secara alami. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah influenza. Selain itu, minyak alami ini disebutkan juga dapat menangkal bakteri Escherichia Coli..

9. Mencegah Tumbuhnya Jamur dalam Ruangan

Tea tree oil dapat digunakan sebagai diffuser untuk menghilangkan jamur yang disebabkan oleh ruangan lembap. Teteskan minyak alami ini pada diffusur untuk mendapatkan benefit anti jamur di rumah..

10. Essential Oil untuk Diffuser yang Meredakan Kecemasan

Tea Tree yang digunakan sebagai diffuser disebut juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. lho! Memiliki efek aromatherapy, wangi dari minyak alami ini terbukti mampu membantu merelaksasi tubuh dan meredakan kecemasan.

11. Kandungan Antibakteri, Ideal Sebagai Pembersih Serbaguna

Manfaat tea tree oil ialah sebagai all purpose cleaner alias pembersih serbaguna dalam kebutuhan rumah tangga. Kandungan antimikroba yang ada dalam tea tree oil dapat membunuh bakteri yang melekat pada berbagai benda. Minyak alami ini sempurna digunakan dalam kebutuhan rumah tangga karena bersifat alami, tanpa bahan kimia berbahaya.

Cara  membuat pembersih serbaguna ialah dengan menyampurkan 20 tetes tea tree oil dengan ¾ air, dan ½ cup cuka apel dalam wadah botol spray. Anda dapatmenyemprotkannya pada peralatan rumah tangga seperti wastafel, peralatan dapur, perlengkapan dalam kamar mandi, hingga menghilangkan jamur pada meja.

Ternyata manfaat tea tree oil multifungsi, tidak terbatas hanya digunakan secara atopik untuk mengatasi jerawat, melainkan juga untuk perawatan bagian kulit lain. Bahkan minyak alami ini juga bermanfaat sebagai hand sanitizer, hingga pembersih serbaguna. Jadi, kini Anda semakin tertarik untuk memiliki produk minyak alami ini di rumah, bukan?

Artikel Terkait Lainnya: