manfaat tea tree oil

Salah satu produk perawatan kulit yang saat ini tengah hits di kalangan pegiat beauty adalah tea tree oil. Produk perawatan kulit yang satu ini dipercaya memberikan khasiat kandungan yang alami bagi kulit. Eits, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping penggunaannya, Anda perlu mengenal apa tea tree oil ini, yuk simak ulasan lengkapnya mulai dari asal usul, manfaat, dan efek samping tea tree oil di bawah ini!

Mengenal Asal Usul Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak pohon teh yang memiliki nama latin Australia Melaleuca Alternifolia. Kalau Anda mengira bahwa minyak alami ini berasal dari jenis tanaman teh yang biasa diminum, berarti Anda salah. Sesuai dengan nama latinnya, tea tree oil berasal dari daun Melaleuca Alternifolia. Tanaman ini adalah adalah semak asli yang tumbuh di Australia, namun beberapa spesiesnya juga tumbuh di negara lain seperti di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, dan Filipina.

Tanaman semak ini sudah digunakan sejak 100 tahun terakhir sebagai obat antiseptic dan anti inflamasi yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia. Selain terkenal sebagai produk perawatan kulit, tea tree oil juga bermanfaat untuk produk rumah tangga. Tak perlu repot mengekstrasi karena produk yang mengandung bahan alami ini telah tersedia di pasaran dalam bentuk produk minyak murni hingga yang diformulasi langsung sesuai peruntukannya dalam produk kecantikan dan produk kebersihan.

Manfaat Tea Tree Oil

1. Tea Tree Oil Membantu Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Apakah tea tree oil bagus untuk jerawat? Dalam sebuah penelitian, minyak alami daru tumbuhan ini memiliki kandungan yang sama dengan zat benzoil peroksida yang ditemukan dalam produk yang bisa menyembuhkan jerawat. Perbedaannya, kandungan dari tea tree oil ini tidak membuat efek samping seperti kulit yang merah, kering, atau mengelupas saat digunakan di area wajah.

2. Membantu Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Kalau Anda punya masalah pada kulit kepala khususnya ketombe, maka menggunakan tea tree oil dapat membantu Anda menyembuhkan masalah tersebut. Tea tree oil sudah terbukti dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Manfaat produk ini sama seperti minyak kelapa, mampu menenangkan kulit mati yang mengelupas di rambut, mengobati ketombe, dan merawat rambut agar tidak terkena kutu.

3. Tea Tree Sebagai Pengharum Tubuh

Produk tea tree oil jadi salah satu produk yang kaya akan manfaat. Manfaat lainnya untuk tubuh adalah mampu untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh. Kandungan antimikroba pada tea tree oil bisa membunuh bakteri kulit yang menyebabkan bau badan.

4. Meredakan Gatal dan Iritasi Kulit Akibat Eksim

Kandungan antiinflamasi pada tea tree oil membuat produk ini bisa meredakan rasa gatal eksim dan psoriasis kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 5 tetes tea tree oil dan 2 tetes ekstrak lavender pada sebuah wadah botol. Dengan ketiga bahan yang dicampurkan ini, Anda bisa menggunakannya sebagai sabun mandi atau lotion yang mudah dibawa kemana saja.

5. Minyak Alami yang Antibakteri, Digunakan Sebagai Hand Sanitizier

Menurut healthline, produk tea tree oil jadi salah satu produk yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan secara alami dan ideal. Penelitian juga menunjukkan kalau tea tree oil bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah influenza. Sebeuah penelitian lain bahkan mengatakan kalau tea tree oil yang dicampurkan ke pembersih bisa menangkal bakteri Escherichia Coli.

6. Dapat Digunakan Sebagai Pembersih Alat Rumah Tangga

Jika tadi kita sudah membahas tentang manfaat produk tea tree oil untuk jerawat dan kesehatan kulit lainnya, maka kini Anda perlu tahu kalau tea tree oil juga bermanfaat untuk membersihkan alat rumah tangga. Kandungan antimikroba yang ada dalam tea tree oil bisa membunuh bakteri yang melekat di alat rumah tangga Anda.

7. Pembersih Alat Rumah Tangga

Jika tadi kita sudah membahas tentang manfaat produk tea tree oil untuk jerawat dan kesehatan kulit lainnya, maka kini Anda perlu tahu kalau tea tree oil juga bermanfaat untuk membersihkan alat rumah tangga. Kandungan antimikroba yang ada dalam tea tree oil bisa membunuh bakteri yang melekat di alat rumah tangga Anda.

Efek Samping Tea Tree Oil

1. Efek Samping Bagi Kulit Sensitif

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai tea tree oil untuk wajah, maka Anda perlu mewaspadai efek samping yang ditimbulkan. Bagi Anda pemilik kulit wajah yang sensitif, tea tree oil bisa memberikan efek samping seperti rasa kering, gatal, menyengat, hingga sensasi kulit terbakar di awal pemakaiannya. Jika merasakan efek samping itu, Anda perlu menghentikan pemakan beberapa saat dan mencobanya kembali setelah beberapa hari.

2. Efek Samping Menganggu Hormon Pria

Pada sebuah penelitian, pria sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan tea tree oil dan minyak lavender. Kedua kandungan minyak ini memiliki efek samping yang mengganggu hormone pria. Gangguan hormone ini antara lain tumbuhnya payudara abnormal atau yang dikenal sebagai ginekomastia. 

3. Tea Tree Oil Bukan Untuk Dikonsumsi

Seperti yang sudah disinggung di atas, tea tree oil bukan berasal dari tanaman teh yang biasa kita minum. Jadi, jangan meminum tea tree oil ini secara langsung. Tidak ada tips manapun yang akan meminta Anda meminum langsung minyak alami ini. Mengonsumsi tea tree oil akan membuat Anda mengalami masalah serius seperti pusing, lemas, dan munculnya rumah merah di tubuh.

4. Menimbulkan Masalah pada Telinga

Saat Anda mengoleskan tea tree oil pada selaput lendir, maka akan menimbulkan pembengkakan. Ketika Anda akan menggunakan tea tree oil ini untuk menyembuhkan luka di telinga maka sebaiknya campurkan produk ini dengan minyak zaitun atau minyak almond. Kombinasi ini tidak akan membuat Anda mengalami masalah pembengkakan pada telinga tersebut.

5. Jika Tidak Cocok, Dapat Menimbulkan Munculnya Masalah Kulit Kepala

Walau baik untuk mencegah ketombe dan masalah kulit kepala lainnya, bukan berarti bahan alami ini pasti cocok untuk Anda. Sebab seperti berbagai bahan lainnya, hasil pemakaian dan reaksi tubuh terhadap minyak alami ini biasa saja berbeda pada setiap orang.

Baca Juga: Produksi Kolagen Turun? Ini Faktor Penyebab dan 3 Cara Mudah Mengatasinya!

Menurut sebuah penelitian penggunaan tea tree oil sebagai sampo untuk kulit kepala perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Minyak ini lebih cenderung memberikan efek alergi kepada kulit kepala. Sehingga perlu kehati-hatian dalam menggunakan tea tree oil di kepala Anda. Jika ragu, Anda bisa mengencerkan dahulu tea tree oil ini agar aman diaplikasikan ke kulit kepala.

Nah, setelah mengenal lebih banyak tentang tea tree oil dari manfaat dan efek sampingnya, sekarang Anda ga perlu cemas dan bingung lagi buat memakainya dalam kegiatan sehari-hari, ‘kan? Yuk, gunakan produk yang mengandung minyak alami ini sesuai kebutuhan mulai sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: