cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

Bekas jerawat yang berbentuk bopeng kerap kali menggangu penampilan karena sulit sekali untuk menutup bopeng dengan makeup. Bopeng bekas jerawat sendiri adalah bentuk dari jaringan parut bekas luka jerawat. Biasanya diakibatkan karena peradangan yang akut dan dipaksa untuk keluar sebelum waktunya sehingga menyebabkan luka di jaringan kulit. Pemilik jerawat nodul dan kista harus berhati-hati karean sangat besar kemungkinan terkena bopeng setelah jerawat mereda.  

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat pun bisa dibilang cukup sulit karena tidak bisa diatasi dengan skincare yang tersedia di pasaran. Melainkan harus melakukan treatment oleh dokter yang mampu mendesak pertumbuhan sel kulit baru yang membuat tampilan bopeng dan bekas jerawat tersamarkan. Yuk, simak 7 cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh! 

1. Cegah Bopeng dengan Skincare

Mungkin yang satu ini terdengar terlambat, tetapi ada baiknya di saat wajah sedang berjerawat, gunakan beberapa skincare dengan bahan aktif yang mampu meredakan inflamasi dan mempercepat penyembuhan jerawat seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), retinoid, dan Centella asiatica. AHA membantu pengelupasan lapisan luar kulit, sehingga membantu meratakan tekstur kulit sekaligus menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Sedangkan BHA bekerja di dalam kulit untuk membantu mengeluarkan kotoran dan minyak dari kulit dan merangsang pengelupasan kulit. Retinoid juga sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Terakhir ada Centella asiatica yang memberikan rasa tenang pada kulit sehingga jerawat nodul dan kista terasa lebih dingin dan tidak terlalu nyeri.

Perlu diingat bahwa skincare hanya dapat menghilangkan bopeng yang derajat keparahannya rendah dan harus digunakan secara konsisten untuk dapat melihat hasilnya. 

2. Dermabrasi 

Dermabrasi adalah cara yang paling efektif menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Dermabarasi akan mengangkat lapisan teratas kulit menggunakan laser atau sonic brush. Setelah perawatan ini, kulit akan tampak kemerahan dan nyeri selama beberapa hari, tetapi bopeng bekas jerawat akan tampak lebih samar bahkan memghilang. Hanya saja treatment ini sebaiknya dilakukan oleh dokter agar dokter bisa menilai terlebih dulu apakah kulitmu mampu dikikis dan tidak akan sensitif setelahnya. 

3. Laser 

Bukan rahasia lagi kalau laser merupakan cara yang paling ampuh dalam menghilangkan jerawat dan juga bopeng bekas jerawat, terutama untuk tingkat keparahan yang tinggi. Laser sendiri dapat dibagi menjadi dua: laser ablatif dan laser non-ablatif. Laser ablatif biasanya menarget area bopeng bekas jerawat dan kulit sekitarnya, sedangkan non-ablatif menyasar seluruh kulit wajah. Perawatan ini memadukan sinar dan suhu tinggi yang akan merangsang produksi kolagen di kulit, sekaligus membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat. Kunci keberhasilan laser ini adalah: konsisten dan rutin melakukan treatment! Jangan lupa untuk menggunakan skincare yang soothing agar tidak terasa perih dan panas ya. 

4. Chemical Peeling

Berbeda dengan menggunakan skincare mengandung AHA atau BHA, chemical peeling menggunakan konsentrasi AHA dan BHA yang lebih tinggi--biasanya dimulai dari 30% AHA untuk membantu menghilangkan lapisan teratas kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Meskipun sama-sama AHA dan BHA, chemical peeling yang ditujukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat sebaiknya diawasi oleh dokter ya karena rentan menyebabkan iritasi dan kulit terbakar. Dengan penggunaan chemical peeling secara rutin, kulit akan lebih cepat mengalami pengelupasan dan bopeng bekas jerawat akan terlihat semakin memudar. 

5. Filler 

Terkadang dokter akan menyarankan untuk melakukan treatment filler agar dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat. Hal ini dilakukan dengan cara mengisi bekas jerawat dengan kolagen, lemak, atau hyaluronic acid untuk memberikan tampilan kulit yang rata. Prosedur ini terbilang mudah dan instan hasilnya jika dibanding dengan treatment lainnya, tetapi filler ini bersifat sementara karena akan hilang seiring berjalannya waktu. Ada saja kok filler yang permanen tetapi biasanya biayanya lebih mahal. 

6. Microneedling

Pernah dengar wajah dilukai agar produksi kolagen meningkat? Nah, itu dia microneedling! Sesuai namanya, kulit dibuat luka mikro yang kasat mata dengan alat needle roller. Panjang jarum beragam, sesuai dengan tingkat keparahan bopeng bekas jerawat. Makin parah bopengnya, maka jarumnya akan semakin panjang dan tentunya akan terasa sakit. Namun tenang, dokter akan melakukan pembersihan wajah dan memberikan bius topikal sebelum memulai treatment untuk mengurangi rasa sakit. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang satu ini tidak sebentar lho, bisa memakan waktu hingga 9 - 12 bulan tetapi kebanyakan hasilnya permanen. 

7. Operasi Plastik

Khusus untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sangat parah, dokter akan melakukan operasi pastik kecil untuk melonggarkan serat kulit bagian bawah dan membuat wajah tampak lebih rata. Pastinya cara ini permanen dan mahal ya, tapi sangat cocok untuk mereka yang memiliki jerawat kista menahun dan bekas jerawatnya begitu parah. Tertarik mencoba?

Baca Artikel Lainnya: