cara menghilangkan bekas jerawat

Jerawat merupakan momok setiap orang, tidak hanya terbatas pada perempuan, pria juga sangat menghindari jerawat. Banyak sekali cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan alami di luar sana, tetapi banyak juga lho cara menghilangkan bekas jerawat yang bikin kulit rusak. Simak yuk tiga bekas jerawat yang harus kamu cari tahu, cara menghilangkan bekas jerawat dengan alami, dan cara yang harus kamu hindari. 

hilangkan bekas jerawat

Post Inflammatory Hyperpigmentation

Bekas jerawat menghitam disebut sebagai Post Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH. Bekas jerawat ini muncul karena produksi melanin berlebih di kulit sehingga tampak kehitaman. Butuh usaha yang tidak sedikit untuk menghilangkan bekas jerawat ini secara alami. Namun, buat Realfoodfam yang pingin menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, ada baiknya kamu melakukan rutinitas skincare ini:

  1. Melakukan eksfoliasi dengan Alpha Hydroxy Acid seperti glycolic acid, lactic acid, atau mandelic acid. 
  2. Menggunakan serum wajah dengan kandungan vitamin C, niacinamide, atau kojic acid di pagi hari dan retinol di malam hari 
  3. Rutin menggunakan dan aplikasi ulang sunscreen setiap hari 

Banyak orang yang akan menyarankan untuk melakukan perawatan kulit dengan masker peeling dan air lemon. Sejatinya, masker peeling yang bertekstur kasar memang mampu mengangkat sel kulit mati, tetapi lebih rentan iritasi jika dibandingkan dengan AHA. Begitu pula dengan air lemon yang asam, kandungan asam yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan kulit iritasi. Bukannya menghilangkan bekas jerawat, malah bisa merusak kulitmu dan menyebabkan kemerahan! 

Menghilangkan bekas jerawat

Post Inflammatory Erythema

Selain bekas jerawat kehitaman, ada juga bekas jerawat yang tampak kemerahan. Bekas jerawat ini disebabkan karena adanya peradangan saluran darah kapilari kecil di bawah kulit. Terutama jika Realfoodfam mengalami cystic acne yang membandel. Bekas jerawat kemerahan ini butuh waktu yang lama untuk menghilang dengan sendirinya dan sering muncul pada pemilik kulit cerah lho. PIE bisa bertahan hingga bulanan, tetapi ada caranya untuk menghilangkan bekas jerawat yang satu ini lho! Yuk, simak caranya: 

  1. Rutin membersihkan wajah dengan cleansing oil dan face wash yang sesuai dengan jenis kulitmu agar mampu mencegah munculnya jerawat baru. 
  2. Gunakan serum vitamin C di pagi hari dan niacinamide di malam hari.
  3. Jangan lupa sunscreen setiap hari dan re-apply 2 jam sekali
  4. Kurangi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan jerawat seperti makanan dan minuman tinggi minyak, gula, garam, dan pedas. 

Nah kunci keberhasilan dari cara menghilangkan bekas jerawat kemerahan atau PIE dengan alami adalah SABAR dan KONSISTEN! Hindari memegang dan memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan dan pecahnya pembuluh darah. So, sabar dan jangan coba pegang-pegang jerawat ya! 

menyamarkan bekas jerawat

Atrophic Scars

Kalau sebelumnya adalah jerawat yang kehitaman atau kemerahan, atrophic scars adalah bekas jerawat yang sembuh di bawah lapisan jaringan kulit sehingga membentuk seperti cekungan atau benjolan yang membandel. Tentunya cara untuk menghilangkan bekas jerawat atrophic tidak bisa dilakukan dengan alami melainkan harus berkonsultasi dengan dokter dan dokter akan memberikan treatment dengan cara ini: 

1. Laser 

Tindakan laser adalah prosedur menghilangkan bekas jerawat yang menggunakan fractional laser maupun gelombang. Hasilnya adalah muncul sel kulit baru sehingga bekas jerawat tampak memudar seiring berjalannya waktu. 

2. Microdermabrasi

Nah kalau perawatan yang satu ini adalah tindakan pembuatan luka mikro di kulit sehingga memicu produksi kolagen dermis yang akan memperhalus tampilan atrophic scars. Oleh karena itu, treatment ini harus dilakukan oleh dokter agar tetap steril dan rasa nyeri setelahnya dapat dicegah dengan baik. Namun perlu dicatat, treatment yang satu ini tidak dapat digunakan untuk bekas jerawat yang dalam ya! 

3. Chemical Peel

Kalau di rumah kita bisa menggunakan toner atau serum AHA, chemical peeling adalah treatment yang harus dilakukan oleh profesional karena cara kerjanya adalah dengan mengangkat lapisan kulit terluar menggunakan glycolic acid atau salicylic acid dosis tinggi dalam waktu yang singkat. Hasilnya kulit akan mengelupas dan terlihat lebih halus! 

4. Filler 

Eits, bukan filler asal filler ya! Cara yang satu ini ampuh menghilangkan bekas jerawat atrophic dengan cara menyuntikkan kolagen ke bagian dalam kulit agar bekas jerawat yang cekung tampak lebih rata. 

Ingat ya, bekas jerawat yang satu ini perlu penanganan khusus dan invasif dari dokter sehingga gak bisa dilakukan secara alami. Jangan deh coba-coba suntik air garam ke  bekas jerawat demi memberi kesan bekas jerawat menghilang. Jangan! 

Gimana, Realfoodfam, ternyata selalu ada cara kan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dari tiap jenisnya kan? Pastinya jangan lupa untuk menghindari memegang dan memecahkan jerawat dengan tangan sendiri ya! Konsumsi kolagen secara rutin juga sangat baik lho untuk mencegah munculnya jerawat dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit dengan cepat dapat menghilangkan bekas jerawat tanpa treatment apapun. Good luck!

Baca Artikel Lainnya: