Ragam Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Tubuh

04 Agustus 2020

Realfoodfam tahu dong bahwa mengkonsumsi sarang burung walet secara teratur memiliki khasiat bagi kesehatan? Menurut sumber dari situs pemerintahan patikab.go.id, sarang burung walet memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini diperkuat dengan berbagai jurnal penelitian ilmiah yang menunjukkan data-data akurat mengenai manfaat sarang burung walet, salah satunya ada di unand.ac.id.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi oleh segala usia,  mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan laki-laki dan perempuan juga bisa merasakan khasiat sarang burung walet. Nah, buat Realfoodfam yang penasaran sebenarnya apa aja sih manfaat mengkonsumsi sarang burung walet? Yuk, simak penjelasan selanjutnya!

1. Manfaat Sarang Walet untuk Anak-Anak

Manfaat sarang burung walet untuk anak-anak di masa pertumbuhan ialah dapat membantu mengurangi rasa lelah, memperkuat memori pada anak, meningkatkan daya konsentrasi serta merangsang tumbuh kembang otak anak.

2. Manfaat Sarang Walet untuk Ibu Hamil

Selain dapat dikonsumsi oleh anak-anak, sarang burung walet juga bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh NCBI, khasiat asam sialat yang terdapat pada sarang walet bermanfaat bagi perkembangan otak pada janin ketika di kandungan. Oleh karena itu, ketika Realfoodfam sedang mengandung bisa juga mengkonsumsi minuman sarang burung walet yang sudah diolah untuk perkembangan kecerdasan otak buah hati.

Realfoodfam bisa mendapatkan minuman ekstrak sarang burung walet yang terkandung dalam Wonder Mom yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Mengandung asam folat yang berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan serta dapat mencegah anemia. Selain itu, ada juga kandungan asam amino yang dapat mengurangi kelelahan dan kecemasan pada ibu hamil.

3. Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Tak hanya itu saja, khasiat sarang walet sudah dikenal sebagai obat untuk segala macam penyakit sejak dahulu kala. Terdapat kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya, seperti:

  • Memiliki beragam sumber mineral yang penting
  • Kadar antioksidan tinggi
  • Mengandung asam amino
  • Berkhasiat menjaga kesehatan dan merangsang perkembangan otak
  • Dapat meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular
  • Mampu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu meredakan peradangan

Baca juga: Sejarah Sarang Burung Walet

4. Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan

Selain terkenal manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Lalu, apa saja manfaat sarang burung walet untuk kulit? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Membantu Proses Peremajaan Kulit

Epidermal Growth factor (EGF) yang terkandung dalam sarang walet dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah tinggi. Seperti yang sudah diketahui bahwa produksi kolagen dalam kulit memiliki peran besar untuk regenerasi, sehingga membuat kulit akan tampak lebih awet muda. Jadi, menggunakan sarang walet sebagai produk kecantikan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kulit.

  • Memudarkan Flek dan Kerutan di Wajah

Flek hitam dan keriput yang muncul di wajah mana kedua faktor tersebut adalah penanda permasalahan pada kulit. Jika dibiarkan begitu saja, maka flek hitam dan kerutan halus pada wajah akan menyebabkan wajah tampak lebih tua dari usia Realfoodfam sebenarnya.

Kabar baiknya, kandungan sarang burung walet memiliki senyawa yang bisa mengurangi produksi melanin pada kulit serta meningkatkan kadar air di dalam tubuh. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lembab dan warna kulit pun akan tampak lebih merata sehingga wajah Realfoodfam akan terbebas dari flek hitam dan kerutan halus.

  • Mengatasi Kulit Kusam

Kenapa kulit wajah terlihat kusam? Hal ini bisa saja dikarenakan kulit Realfoodfam sedang mengalami dehidrasi dan kekeringan, sehingga membuat kulit akan kesulitan untuk melakukan regenerasi. Terlebih jika Realfoodfam beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, sehingga kulit akan akan sering terpapar polusi dan sinar matahari. Kandungan enzim dan hormon yang terdapat pada sarang walet berguna untuk memaksimalkan proses regenerasi sel.

Selain itu, kandungan lainnya yang ada pada sarang burung walet berupa sialic acid yang dapat melindungi kulit agar terhidrasi dengan baik. Hidrasi kulit yang baik dapat mencegah kerutan yang baik untuk proses peremajaan kulit.

Baca juga: Cara Melakukan Budidaya Sarang Burung Walet

5. Manfaat Sarang Burung Walet untuk Pria

Selain bermanfaat untuk anak-anak, wanita, hingga ibu hamil, sarang burung walet juga berkhasiat untuk pria, seperti:

  • Meningkatkan Gairah Seks

Bagi pria, sarang walet dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan libido (gairah seksual kepada lawan jenis), karena kandungan dalam sarang walet berkhasiat untuk merangsang pembentukan hormon testosteron dan estradiol.

  • Membuat Otot Kuat dan Kekar

Hormon testosteron yang terkandung dapat membentuk otot, sehingga cocok dikonsumsi oleh para pria yang ingin punya bentuk tubuh yang atletis.

Setelah mengetahui berbagai manfaat sarang burung walet, jadi semakin yakin untuk ikut Program 12 Hari Realfood, dong?

 

Sumber referensi:

  • https://www.patikab.go.id/v2/id/2011/06/10/mengupas-khasiat-sehat-sarang-burung-walet/
  • http://jsfk.ffarmasi.unand.ac.id/index.php/jsfk/article/view/22

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars