Cara Mengkonsumsi Sarang Burung Walet

17 Juni 2020

Sarang burung walet telah diketahui mengandung banyak gizi dan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Karena itu, bukan hal yang mengherankan apabila banyak orang memburu sarang burung walet untuk dikonsumsi. Agar memperoleh hasil yang optimal, Realfoodfam harus memperhatikan cara mengkonsumsi sarang burung walet dengan olahan yang tepat.

Antioksidan dan glycoprotein merupakan beberapa zat yang terdapat dalam sarang burung walet. Seperti yang telah diketahui bahwa antioksidan memiliki peranan yang sangat penting pada tubuh, yakni menangkal radikal bebas. Sementara itu, glycoprotein  yang terkandung dalam sarang burung walet dapat membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, sehingga bisa mencegah munculnya keriput.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menikmati sarang burung walet. Dengan cara pengolahan yang benar, khasiat sarang burung walet akan terjaga. Selain itu, Realfoodfam juga harus rutin mengkonsumsi sarang burung walet untuk mendapat hasil yang maksimal.

1. Dijadikan Olahan Makanan

Cara pertama untuk mengkonsumsi sarang burung walet adalah dengan mengolahnya menjadi makanan. Ketika akan mengolah sarang burung walet yang perlu diperhatikan yakni hindari memasak sarang burung walet pada api secara langsung.

Umumnya, sarang burung walet diolah melalui perebusan atau pengukusan. Sedangkan untuk varian makanannya, sup adalah pengolahan sarang burung walet yang paling sering ditemui.

  • Sup Sarang Burung Walet Sederhana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sup hasil olahan sarang burung walet yang paling sering ditemui. Pengolahan sarang burung walet menjadi sup pun terbilang cukup mudah. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah merendam sarang burung walet supaya sarang burung walet tersebut hingga membesar dan teksturnya menjadi lembut.

Setelah itu, tiriskan sambil dibersihkan dari kotoran-kotoran yang mungkin menempel. Kemudian, letakkan sarang burung walet pada mangkuk dan isi mangkuk tersebut dengan air. Tambahkan gula batu secukupnya.

Langkah selanjutnya yakni memasak sarang burung walet. Karena tidak dianjurkan dimasak secara langsung, mangkuk yang berisi burung walet dan air diletakan ke dalam panci. Lalu, isi panci tersebut dengan air hingga separuh mangkuk terendam. Nyalakan api dan tunggu hingga air mendidih.

Saat air mendidih, tutup panci selama kurang lebih 15 menit. Angkat sarang burung walet dan segera sajikan. Sup sarang burung walet sebaiknya dikonsumsi saat perut masih kosong, karena sarang burung walet dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan lain.

  • Sup Burung Walet Spesial

Untuk menciptakan rasa yang lebih sedap, Realfoodfam dapat membuat sup sarang burung walet yang dicampur dengan bahan lainnya. Sayuran dan kaldu ayam serta ginseng merupakan beberapa bahan tambahan lain yang dapat dicampurkan bersama dengan sarang burung walet.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Yang pertama yakni campurkan semua bahan tadi yaitu sarang burung walet, ginseng atau kaldu ayam ke dalam mangkuk. Kemudian, kukus atau tim sarang burung walet dan tambahannya selama kurang lebih dua jam. Sup spesial sarang burung walet sudah dapat dinikmati.

2. Dijadikan Olahan Minuman

Sarang burung walet tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan, melainkan juga bisa dinikmati menjadi minuman. Tidak perlu mengkhawatirkan khasiatnya, karena baik makanan maupun minuman tetap memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh.

  • Minuman Sarang Burung Walet Sederhana

Pengolahan burung walet sebagai minuman untuk dikonsumsi sangat sederhana. Realfoodfam tidak memerlukan banyak bahan dan alat-alat. Yang perlu disiapkan hanyalah mangkuk dan botol minum. Sedangkan untuk bahannya yakni sarang burung walet dan air matang.

Cara pembuatan minuman sederhana dari sarang burung walet pertama dilakukan dengan merendam sarang burung walet hingga lemas. Setelah itu singkirkan semua yang menempel pada sarang burung walet.

Pastikan sarang burung walet telah terbebas dari kotoran. Selanjutnya bilas sarang burung walet kemudian masukan ke dalam botol kemasan. Terakhir, isi botol tersebut dengan air secukupnya dan minuman sarang burung walet siap dinikmati.

  • Minuman Sarang Burung Walet Kemasan

Apabila Realfoodfam merasa repot mengolah sarang burung walet dari awal, Realfoodfam dapat membeli sarang burung walet yang sudah berupa kemasan. Dengan begitu waktu yang diperlukan untuk mengolah sarang burung walet menjadi minuman lebih sedikit.

Cara penyajian minuman sarang burung walet dalam kemasan ini sangat mudah. Karena biasanya telah mengandung gula batu, Realfoodfam hanya perlu menambahkan buah-buahan segar dan es batu ke dalam gelas yang telah diisi atau memesan langsung minuman sarang burung walet dari Realfood.

Agar Realfoodfam dapat merasakan manfaat sarang burung walet secara signifikan, konsumsi sarang burung walet baik minuman atau makanan setiap dua hari sekali. Sedangkan, konsumsi minuman sarang burung walet bagi anak kecil yang dianjurkan adalah satu minggu sekali. Selain itu, pastikan perut dalam keadaan kosong apabila ingin mengkonsumsinya.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars