7 Manfaat Jumping Jack Bagi Kesehatan Tubuh

01 Oktober 2020

Jumping jack merupakan salah satu latihan tubuh yang terdiri dari kombinasi gerakan aerobik dan ketahanan otot paha, bokong, pinggul, dan juga bahu. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja, karena hanya mengandalkan gerakan kombinasi sederhana.

Dilansir dari nytimes.com, cara paling sederhana untuk melakukan jumping jack adalah dengan melakukan beberapa gerakan berikut.

  • Berdiri tegak dengan kedua kaki sejajar.
  • Pusatkan lengan di samping tubuh.
  • Tekuk lutut dan mulai lompat ke atas.
  • Saat melompat, rentangkan kaki hingga selebar bahu.
  • Regangkan lengan ke samping melewati kepala.
  • Lompat kembali ke posisi awal.
  • Ulangi dari atas 5 kali.

Selain untuk meningkatkan masa otot jantung agar stamina tubuh meningkat, jumping jack masih memiliki banyak manfaat lain. Berikut ini beberapa manfaat jumping jack yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Jumping jack memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, mengontrol dan menjaga tekanan darah, membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke atau serangan jantung.

Melakukannya secara teratur perlahan melatih paru-paru Realfoodfam untuk mengembangkan kapasitasnya, mengambil lebih banyak oksigen dan meningkatkan ambang Realfoodfam untuk aktivitas fisik.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Jumping jack dapat membakar kalori berlebih, sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari website femina.in, melakukan jumping jack selama setengah jam setiap hari dapat membakar 200 kalori.

Bagi Realfoodfam yang sedang melakukan diet, dianjurkan untuk melakukan beberapa gerakan olahraga yang dapat menurunkan berat badan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Meningkatkan Koordinasi Otak dan Anggota Tubuh 

Dilansir dari stylecraze.com, melakukan olahraga jumping jack secara teratur dapat meningkatkan respon fungsi otak dan tubuh agar bisa bekerja sama dengan baik. Hal inilah yang membuat seseorang dapat menyelaraskan pola pikir serta gerakannya menjadi lebih seimbang.

4. Mengurangi Stres

Gerakan yang dilakukan ketika melakukan jumping jack adalah ke atas dan ke bawah. Nah, gerak ini dapat menstimulasi pelepasan hormon serotonin yang dapat menyebabkan perasaan bahagia sehingga dapat mengurangi stres berlebih.

Jadi, hormon akan membuat otak menjadi lebih rileks dan perasaan menjadi lebih bahagia  dengan catatan tidak melakukan jumping jack secara terpaksa. Walaupun Realfoodfam  sudah melakukannya dengan benar tapi dalam kondisi mood yang tidak baik, maka akan membuat olahraga ini menjadi sia-sia.

Baca juga: Bikin Sehat! Ini 11 Daftar Makanan Rendah Kalori untuk Diet

5. Merenggangkan Otot yang Kaku

Sebelum melakukan olahraga, seseorang akan direkomendasikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Melakukan jumping pack dapat membantu mengendurkan otot-otot di tungkai, inti, pinggul, punggung, dan wajah.

Teknik pemanasan yang bisa dilakukan sebelum melakukan jumping pack adalah dengan melakukan 10-12 squat untuk mengencangkan otot paha dan kaki, lalu dilanjutkan dengan 5-6 lunge ke samping dan ke depan di setiap sisi.

6. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga ini memanfaatkan seluruh anggota tubuh agar bergerak bersama-sama. Gerakan jumping jack bertujuan agar membuat tubuh mendapatkan kualitas tekanan pada seluruh otot yang sama.

Berbeda ketika push up atau sit up. Kalau push up, hanya akan membuat tangan, paha, serta bokong menjadi lebih kencang. Maka, ketika melakukan jumping jack, Realfoodfam akan mampu meningkatkan stamina dan daya tahan dengan baik.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

7. Menguatkan Tulang Tubuh 

Ketika Realfoodfam bekerja dengan cara duduk atau berdiri secara terus menerus seharian penuh, maka dapat memengaruhi tingkat fleksibilitas tulang menjadi berkurang.  Terlebih, hal ini dapat diperparah  apabila Realfoodfam sangat jarang berolahraga.

Apabila ingin memulai berolahraga, alangkah baiknya dimulai dengan senam atau pemanasan seperti jumping Jack. Tidak perlu memulai dengan set yang terlalu panjang. Cukup lakukan sesuai rekomendasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jumping jack adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang. Tulang terlatih untuk lebih kuat apabila Realfoodfam melakukan latihan ini secara teratur, dan massa tulang tetap terjaga untuk mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.

 

Referensi: 

  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/jumping-jacks
  • https://www.nytimes.com/guides/well/activity/how-to-do-a-jumping-jack
  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jumping_jack
  • https://www.femina.in/wellness/fitness/benefits-of-jumping-jacks-136980.html

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars