5 Cara Memilih Makanan Sehat untuk Keluarga

18 November 2020
cara memilih makanan yang sehat

Makanan sehat dan seimbang merupakan salah satu elemen paling penting untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan dan malnutrisi.

Umumnya, ciri makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, penguat rasa, dan makanan diolah dengan cara yang tepat. Selain itu, makanan sehat juga harus mengandung gizi yang seimbang untuk setiap anggota keluarga karena kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda, bergantung pada umur dan aktivitas yang dilakukan setiap orang.

Di masa kini, gaya hidup yang modern membuat kita sulit mengonsumsi makanan sehat. Makanan cepat saji sangat praktis, tetapi banyak mengandung kolesterol jahat kini banyak dikonsumsi. Terlebih makanan tersebut dinilai terasa lebih enak dibandingkan dengan jenis makanan sehat.

Padahal, hal ini tidak baik karena bisa memicu resiko terkena penyakit diabetes, meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal, kanker prostat, hingga terkena memicu penyakit jantung. Akan lebih baik bila Realfoodfam banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Di tengah kesibukan kita sehari-hari, menyiapkan makanan sehat mungkin cukup merepotkan. Lalu, bagaimana sebaiknya kita memilih makanan sehat untuk keluarga? Berikut tips bagaimana memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

1. Perhatikan Nilai Gizi Setiap Bahan Makanan

Saat berbelanja produk makanan, baik makanan berat maupun makanan ringan, Realfoodfam sebaiknya membaca informasi nilai gizi yang tertera di kemasan produk. Jika membeli bahan makanan segar ataupun makanan yang tidak mencantumkan informasi nilai gizi, Realfoodfam dapat mencari tahu kandungan nilai gizinya di internet.

Realfoodfam sebaiknya juga memperhatikan kandungan kalori, lemak, dan vitamin dalam setiap produk makanan yang dibeli. Mengetahui kandungan gizi pada makanan sangat penting untuk merencanakan menu makanan sehat.

2. Variasikan Cara Mengolah Makanan

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi, tubuh akan menerima dan mencerna gizi dengan lebih baik. Selain itu, Realfoodfam dan keluarga juga tidak akan merasa bosan karena menu makanan yang hanya itu-itu saja.

Jika salah satu anggota keluarga merupakan picky eater alias sering memilih-milih makanan, memberikan variasi makanan adalah pilihan yang tepat. Realfoodfam juga dapat mencoba mengolah makanan dengan cara yang berbeda.

Namun, sebaiknya Realfoodfam membatasi gorengan karena lemak jenuh dapat berpotensi menyebabkan penyakit kolesterol hingga obesitas.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

3.  Jangan Lupa Konsumsi Makanan Berserat

Serat merupakan salah satu kandungan gizi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Serat berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan yang telah dikonsumsi. Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan.

Serat dapat ditemukan dalam berbagai jenis sayuran, terutama sayuran hijau, dan buah-buahan. Agar tidak bosan, pilihlah jenis sayuran atau buah baru setiap minggunya. Misalnya, jika minggu ini Realfoodfam mengonsumsi bayam dan pepaya, pilihlah kol dan mangga di minggu selanjutnya sebagai variasi menu makanan.

4.  Konsumsi Makanan Instan dan Cepat Saji Secara Hati-hati

Realfoodfam masih dapat mengonsumsi makanan instan atau cepat saji, namun dikonsumsi secara berhati-hati dengan diimbangi makanan segar. Makanan cepat saji sebaiknya tidak sering dikonsumsi agar tidak membahayakan kesehatan. Realfoodfam bisa mengkonsumsinya pada waktu tertentu saja.

Baca juga: Ini 4 Rahasia Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

5.  Lakukan Perencanaan Menu Makanan Mingguan

Dengan merencanakan menu makanan, Realfoodfam akan terhindar dari lapar mata saat berbelanja bahan makanan. Perencanaan menu akan membuatmu fokus pada bahan makanan yang benar-benar perlu dibeli dan sesuai kebutuhan gizi anggota keluarga.

Sebelum memesan makanan, Realfoodfam harus mengetahui kandungan gizi dari makanan instan atau cepat saji yang akan dikonsumsi. Pastikan nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan gizi harian.

Sebagai referensi perencanaan menu makanan, Realfoodfam dapat mengunjungi situs seperti Tastes Better from Scratch atau menonton channel Youtube The Doctor’s Diet. Disarankan juga agar Realfoodfam berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Cobalah untuk membaca tabel Pedoman Makanan Bergizi Seimbang untuk mengetahui jawabannya.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga, Realfoodfam bisa mengikuti Program 12 Hari Realfood Royal Wellness dan juga Realfood Stay Fit yang diformulasikan secara khusus bagi kesehatan dan mengandung ekstrak sarang burung walet yang bermanfaat bagi tubuh.

Nah, setelah membaca 5 tips memilih makanan sehat untuk keluarga, Realfoodfam jadi semakin semangat untuk menyiapkan makanan sehat setiap hari, dong? Demi keluarga, selalu perhatikan cara memilih makanan yang sehat ya, Realfoodfam!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars