Jadi Makin Pede! Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

06 Agustus 2020

Bekas luka di wajah dapat mengganggu penampilan. Bahkan, tak sedikit orang yang tidak pede jika wajahnya terdapat bekas luka yang menggelap.

Namun, realitanya hal itu tidak mudah didapatkan, karena bisa saja karena suatu sebab tertentu menyebabkan adanya bekas luka di wajah meskipun itu sangat kecil. Bagaimanapun juga, wajah adalah bagian pertama yang dilihat oleh orang lain. Jadi, seseorang akan merasa minder jika memiliki kekurangan dan harus menjadi pusat perhatian karena kekurangan tersebut.

Bagaimanapun juga, rasa minder bisa terjadi oleh siapa saja. Apalagi bila seseorang merasa ada yang kurang dari penampilan mereka dan hal tersebut mengundang perhatian dari orang di sekitarnya.

Bekas luka yang muncul dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti peradangan kulit, masalah jerawat, flek hitam, pasca operasi, luka bakar, luka karena terjatuh lalu menghitam dan meninggalkan bekas. Bekas luka ini merupakan reaksi dari metabolisme tubuh saat menghadapi sesuatu yang asing.

Meskipun bekas luka ini dapat memudar seiring berjalannya waktu, berbagai upaya dilakukan dengan melakukan tindakan medis di klinik kecantikan untuk membantu menyamarkan flek bekas luka pada wajah.

Saat ini memang sudah banyak obat penyamar bekas luka yang beredar, namun tidak semuanya aman untuk kulit wajah. Beberapa obat-obatan mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang berdampak buruk bagi kulit.

Nah, daripada ragu dan khawatir akan obat-obat penyamar bekas luka berbahaya yang beredar di pasaran, akan jauh lebih baik menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas flek. Selain tidak memiliki efek samping, bahan-bahan alami ini juga tentunya akan menghemat pengeluaran.

Penggunaan obat untuk menyamarkan bekas luka bakar memang bisa digunakan sebagai salah satu alternatif lain, namun tidak ada jaminan bahwa obat tersebut aman bagi kulit. Untuk alternatif yang aman, gunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas flek ataupun luka bakar.

Namun dibutuhkan kesabaran karena bahan alami membutuhkan proses memudarkan bekas jerawat dan luka yang lebih lama. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

1. Lidah Buaya

Secara alami, kandungan lignin dan asam amino pada lidah buaya berguna untuk meregenerasi kulit baru di bagian epidermis kulit wajah. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan lidah buaya ini untuk menghilangkan bekas flek di wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, oleskan lendir gel lidah buaya pada bekas luka di wajah. Diamkan beberapa menit hingga meresap ke dalam kulit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

2. Putih Telur

Campurkan putih telur dengan 1 sendok makan madu, lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar baunya tidak terlalu amis. Campurkan ketiga bahan tersebut aduk-aduk hingga merata. Setelah itu gunakan sebagai masker pada wajah dan tunggu hingga kering.

Jika sudah kering, lepaskan masker dengan perlahan. Bilas juga dengan air bersih agar masker benar-benar sudah terkelupas sempurna. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jadwalkan secara rutin setiap hari minimal 2 kali agar bekas luka segera hilang.

Baca juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Tubuh yang Kusam Hanya Dalam 30 Hari

3. Jeruk Nipis

Tahukah Realfoodfam kalau jeruk nipis ternyata juga bisa dijadikan bahan alami untuk membersihkan bekas luka bakar? Caranya oleskan perasan jeruk nipis pada area wajah yang terbakar. Tunggu beberapa saat kemudian bilaslah dengan air hangat. Menggunakan jeruk nipis sebagai penghilang bekas luka di wajah akan terasa sedikit perih, sehingga Realfoodfam harus sedikit menahan perihnya sebentar.

4. Cuka Apel

Cuka apel kini populer dalam dunia kecantikan sehingga banyak produk-produk perawatan kecantikan yang menggunakan cuka apel sebagai salah satu bahannya. Kandungan dalam cuka apel ternyata dapat membantu memudarkan bekas luka yang sudah menghitam di wajah secara alami dan aman. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah.

Buatlah campuran  cuka apel dengan air biasa dengan perbandingan 1:1. Kemudian cucilah wajah menggunakan campuran air dan cuka apel tadi. Tunggu beberapa saat hingga setengah mengering. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih.

Baca juga: Begini Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering dan Kusam Secara Alami

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan kandungan analgesic dan anti peradangan yang sangat kuat, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar di bagian wajah. Caranya, pertama-tama tuangkan minyak kelapa pada sendok makan lalu panaskan diatas api kecil.

Setelah mulai hangat, tempelkan pada area permukaan kulit bagian luar terlebih dahulu untuk menghindari luka bakar semakin parah. Setelah itu, pijat lembut pada bagian bekas luka bakar dan sekitarnya, tunggu hingga minyak kelapa terserap ke dalam kulit. Setelah itu, bersihkan wajah menggunakan air bersih. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar minyak kelapa benar-benar meresap ke dalam kulit dengan maksimal. Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan bahan-bahan alami. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars