8 Jenis Vitamin dan Mineral untuk Menunjang Daya Tahan Tubuh

Siapa yang tak ingin punya sistem imun atau daya tahan tubuh yang sehat? Realfoodfam pasti ingin, kan? Sebab, imun yang baik berarti tubuh jadi tak mudah sakit. Akan tetapi, tahukah Realfoodfam kalau apa yang Realfoodfam konsumsi setiap hari berperan besar dalam membentuk imun tubuh?

Hal ini dikarenakan adanya beragam nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menunjang dan mengoptimalkan kinerja sistem daya tahan tubuh, seperti vitamin dan mineral. Akan tetapi, meskipun mineral dan vitamin untuk imun tubuh perlu tercukupi kebutuhannya setiap hari, sayangnya masih banyak yang belum memenuhi kebutuhan hariannya, dan Realfoodfam mungkin adalah salah satunya.

Untuk mendapatkan cukup asupan mineral dan vitamin yang penting bagi imun tubuh, Realfoodfam tak bisa hanya makan buah atau multivitamin sesekali saja dengan harapan sistem imun langsung sehat dan kuat. Sebab, kebutuhan vitamin dan mineral untuk sistem imun dari beragam sumber makanan sehat perlu terpenuhi secara rutin.

Di samping itu, meskipun sekarang Realfoodfam sudah bisa penuhi asupan nutrisi dan vitamin untuk imun tubuh lewat multivitamin atau suplemen, sumber yang paling baik tetaplah dari beragam jenis makanan sehat. 

Lalu, apa saja ya jenis vitamin dan mineral penambahan imun tubuh, dan dari mana Realfoodfam bisa mendapatkannya? Simak penjelasannya berikut ini dan selamat membaca!

Jenis dan Sumber Vitamin dan Mineral untuk Imun Tubuh

  1. Vitamin C.

Jenis vitamin untuk imun tubuh yang satu ini bisa bantu mencegah infeksi. Atau jika infeksi sudah terjadi, vitamin C bisa bantu agar infeksi cepat mereda. Nah, vitamin C sendiri adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat diidentikkan dengan fungsi sebagai imun booster alias penambah daya tahan tubuh.

Sumber vitamin C paling umum adalah berbagai jenis buah sitrus seperti jeruk. Akan tetapi, tahukah Realfoodfam kalau sebenarnya vitamin ini juga dapat ditemukan dalam jenis makanan lain dalam jumlah yang tinggi juga? Contohnya bayam, kale, paprika, stroberi, dan pepaya.

  1. Vitamin E.

Serupa dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, keduanya juga sama-sama memiliki sifat antioksidan yang berperan luar biasa dalam melawan infeksi di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E, Realfoodfam bisa mengonsumsi sumber makanan nabati tinggi lemak sehat seperti kacang almond, kacang (bisa juga dikonsumsi dalam bentuk selai kacang), biji bunga matahari, minyak nabati (misal minyak bunga matahari atau minyak kedelai), dan kacang hazelnut.

  1. Vitamin A.

Sebagai vitamin untuk imun tubuh, vitamin A punya peran luar biasa untuk melawan infeksi. Nah, asupan vitamin A ini bisa Realfoodfam dapatkan dari sumber makanan hewani seperti ikan, daging, atau produk olahan susu sapi, maupun dari sumber makanan nabati (karotenoid).

Untuk sumber vitamin A dari makanan hewani, tuna adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Sedangkan untuk karotenoid, Realfoodfam bisa pilih sumber makanan yang warna-warni seperti wortel, ubi, labu, dan sayuran berdaun hijau gelap.

  1. Vitamin D.

Vitamin D tak hanya penting untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi, tapi juga berperan besar untuk cara menaikan imun tubuh, lho! Bahkan, vitamin D merupakan salah satu nutrisi paling penting dan powerful untuk menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh.

Apakah Realfoodfam punya kebiasaan berolahraga sambil berjemur di pagi hari? Kebiasaan yang satu ini memang bisa mendorong tubuh untuk memproduksi vitamin D. Akan tetapi, Realfoodfam juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, makarel, tuna, sarden, hingga sumber makanan vitamin D fortifikasi (misalnya susu, sereal, dan jus jeruk).

Beda dengan beragam jenis vitamin untuk imun tubuh lainnya yang paling baik dipenuhi lewat sumber makanan alami, kebutuhan vitamin D harian Realfoodfam bisa tercukupi dengan lebih baik dengan konsumsi suplemen. Tapi, pastikan Realfoodfam berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa banyak tepatnya dosis vitamin D yang dibutuhkan setiap harinya, ya!

  1. Asam folik atau folat.

Apakah Realfoodfam bisa membedakan keduanya? Secara garis besar, folat adalah bentuk alami, sementara asam folik adalah bentuk sintetisnya. Keduanya sering ditambahkan ke dalam berbagai produk makanan karena manfaatnya untuk kesehatan, termasuk untuk daya tahan tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan folat atau asam folik harian, Realfoodfam bisa menambah konsumsi polong-polongan, kacang-kacangan, serta sayuran berdaun hijau setiap hari secara rutin ke dalam menu makan harian. Sumber makanan lain yang tinggi folat adalah alpukat.

  1. Zat besi.

Fungsi zat besi di dalam tubuh tentu sudah tak lagi asing bagi Realfoodfam, kan? Mineral yang satu ini punya fungsi untuk membantu mengangkut oksigen melalui aliran darah agar tersebar secara merata ke seluruh sel-sel tubuh. Tak hanya itu saja, zat besi juga berperan penting dalam proses imun tubuh, lho!

Secara alami, tubuh manusia akan lebih mudah menyerap zat besi yang berasal dari produk hewani – dikenal juga dengan istilah heme iron. Nah, jenis zat besi yang satu ini bisa Realfoodfam temukan dalam daging merah (tapi batasi frekuensi dan porsinya), ayam, kalkun, sarden kalengan, tiram, dan kerang.

Tapi, bagaimana dengan Realfoodfam yang menerapkan pola makan diet vegetarian? Tak perlu khawatir, karena Realfoodfam yang vegetarian juga tetap bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian lewat beragam sumber makanan nabati seperti polong-polongan, brokoli, kale, dan sereal yang sudah difortifikasi zat besi.

  1. Selenium.

Peran selenium dalam sistem daya tahan tubuh adalah untuk membantu mencegah infeksi. Nutrisi yang satu ini paling umum ditemukan di dalam sumber makanan hewani, seperti makanan laut (ikan tuna, sarden), daging dan hati, unggas, dan keju cottage. Hanya saja, Realfoodfam harus pastikan bahwa porsi dan frekuensinya tidak terlalu banyak agar jumlah selenium yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebih.

Meskipun sumber makanan hewani adalah sumber terbaik untuk mencukupi asupan selenium, ada juga sumber makanan nabati yang tak kalah bagus, lho! Realfoodfam juga bisa dapatkan selenium di dalam kacang Brazil, yang bahkan punya kandungan nutrisi luar biasa hanya dalam satu butir saja 

  1. Zinc.

Zinc adalah mineral penting yang dibutuhkan dalam proses produksi sel-sel sistem imun yang baru. Oleh karena itu, perannya juga tak kalah penting dibandingkan beragam jenis vitamin untuk imun tubuh yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Nutrisi yang satu ini paling sering ditemukan di dalam sumber makanan hewani. Akan tetapi, Realfoodfam juga bisa menemukannya dalam beragam jenis sayur. Sumber makanan yang mengandung zinc misalnya tiram, kepiting, daging dan unggas tanpa lemak, dan yogurt.

Nah, itu dia 8 jenis mineral serta vitamin untuk imun tubuh yang perlu Realfoodfam cukupi kebutuhannya setiap hari. Dengan begitu, tubuh Realfoodfam jadi tidak mudah sakit dan Realfoodfam bisa jalani aktivitas sehari-hari dengan hati tenang.