Asam folat memiliki manfaat yang dinilai penting bagi ibu hamil atau ibu yang menjalani program hamil karena dapat membantu mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat dan terbentuknya tumor otak pada anak. Berdasarkan rekomendasi Centers for Disease Control (CDC), mengonsumsi asam folat sebaiknya dilakukan sebelum hamil dan setiap hari setelah dinyatakan hamil. 

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi dan Kaya Nutrisi

Selain itu, CDC juga merekomendasikan agar wanita usia subur mulai menambahkan asupan asam folat setiap hari. Namun, konsumsi asam folat sendiri sebenarnya tidak hanya penting bagi kesehatan ibu hamil. Tapi juga penting untuk berbagai kalangan terlepas dari jenis kelamin atau usia seseorang. 

Mengenali manfaat asam folat 

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin yang masuk dalam kelompok vitamin B. Sebagai vitamin B kompleks yang memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah hingga pembentukan DNA (deoxyribo nucleic acid), vitamin ini juga menawarkan ragam khasiat lainnya. 

Melansir dari Medicinenet, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak asam folat secara signifikan dapat membantu mengurangi risiko terkena darah tinggi (hipertensi). Dari hal tersebut menunjukkan bahwa asam folat memiliki banyak manfaat.

Berikut ini sejumlah fungsi asam folat (vitamin B9) yang bisa Realfoodfam peroleh ketika memenuhi asupan nutrisi asam folat bagi kesehatan.

  1. Mencegah komplikasi kehamilan dan bayi lahir cacat

Salah satu kegunaan asam folat atau suplemen folat adalah mencegah bayi terlahir cacat, khususnya cacat tabung saraf (spina bifida) atau bayi lahir tanpa sebagian otak dan tengkorak (anencephaly). 

Oleh karena itu, status folat ibu menjadi prediktor dari risiko cacat tabung saraf yang melahirkan kebijakan kesehatan masyarakat nasional mengenai suplemen asam folat untuk wanita yang sedang atau mungkin hamil. 

Contohnya, Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS merekomendasikan semua wanita yang berencana hamil untuk mengonsumsi  400 - 800 mcg asam folat, setidaknya satu bulan sebelum hamil dan berlanjut hingga 2 - 3 bulan pertama kehamilan. 

  1. Pengobatan defisiensi folat

Kekurangan folat dapat terjadi karena berbagai penyebab, termasuk asupan makanan yang tidak memadai, kehamilan, hingga penyakit malabsorpsi. Kekurangan folat dapat mengakibatkan efek samping seperti anemia megaloblastik, gangguan mental, cacat lahir, gangguan fungsi kekebalan tubuh, dan depresi. Oleh karena itu, asam folat dan suplemen folat dapat digunakan untuk mengobati defisiensi folat. 

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Seperti dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar folat darah yang rendah berkaitan dengan fungsi otak yang buruk dan peningkatan risiko demensia. Bahkan, kadar folat yang normal namun rendah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan mental pada orang dewasa yang lebih tua. 

Berdasarkan studi tahun 2019 pada 180 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan (MCI) menunjukkan bahwa konsumsi suplemen sebesar 400 mcg asam folat per hari selama 2 tahun secara signifikan dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk IQ verbal.

Sementara studi lain pada 121 orang yang mengidap penyakit Alzheimer, kemudian melakukan perawatan dengan mengonsumsi 1.250 mcg asam folat per hari selama 6 bulan telah meningkatkan kognisi dan mengurangi peradangan, dibandingkan penderita Alzheimer yang hanya mengonsumsi donepezil saja. 

  1. Sebagai pengobatan tambahan untuk gangguan kesehatan mental

Orang yang mengidap depresi terbukti memiliki kadar asam folat dalam darah yang lebih rendah dibandingkan orang tanpa depresi. Berdasarkan sebuah studi menunjukkan bahwa asam folat dan suplemen folat dapat mengurangi gejala depresi bila digunakan bersamaan dengan obat antidepresan. Selain itu, konsumsi asam folat juga dapat mengurangi gejala depresi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pengobatan hanya obat antidepresan saja. 

  1. Mengurangi faktor risiko penyakit jantung

Menambah suplemen berbasis folat, termasuk asam folat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara meningkatnya risiko penyakit jantung berkaitan dengan peningkatan kadar asam amino homosistein. 

Kadar homosistein yang terdapat dalam darah ditentukan oleh faktor nutrisi dan genetik. Dalam hal ini, folat memiliki peran utama dalam metabolisme homosistein. Kadar folat yang rendah sangat berperan terhadap kadar homosistein yang tinggi, yang dikenal sebagai hyperhomocysteinemia.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen atau makanan dengan asam folat dapat membantu mengurangi kadar homosistein dan risiko penyakit jantung. Contohnya dari ulasan yang mencakup 30 penelitian dan lebih dari 80.000 orang yang menunjukkan bahwa suplemen dengan asam folat menyebabkan penurunan 4% dalam risiko penyakit jantung dan 10% pengurangan risiko stroke. 

Selain itu, suplemen asam folat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah sehingga membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular.

  1. Mengontrol gula darah

Suplemen berbasis folat pada penderita penyakit diabetes dapat berguna untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular. Selain itu, suplemen folat juga dapat membantu mengurangi komplikasi diabetes termasuk neuropati.

  1. Membantu program hamil

Pada wanita yang menjalani teknologi reproduksi melalui program hamil (promil), menambahkan asupan asam folat dapat membantu meningkatkan kesuburan atau peluang kelahiran hidup. Oleh karena itu, asupan folat yang memadai sangat penting untuk kualitas oosit (telur), implantasi, dan pematangan.

  1. Mengurangi efek samping obat

Penderita rheumatoid yang melakukan terapi dengan obat methotrexate dapat menimbulkan efek samping berupa berkurangnya folat dari tubuh. Hal ini menyebabkan penderita mengalami gangguan pencernaan. Sementara, sebuah penelitian menunjukkan penderita rheumatoid arthritis yang mengonsumsi asam folat juga dapat membantu mengurangi timbulnya efek samping.

Baca Juga: Asam‌ ‌Folat,‌ ‌Kunci‌ ‌Sehat‌ ‌Ibu‌ ‌Hamil‌ ‌

Nah, itulah 8 manfaat asam folat bagi tubuh yang bisa didapatkan, terlebih untuk ibu hamil atau wanita yang sedang menjalani promil. Bagi Realfoodfam yang sedang menjalankan promil, Realfood sendiri memiliki program 12 hari Fit With Realfood Super Mom

Di mana program ini, menghadirkan formula semi concentrated dengan asam folat yang diformulasikan untuk membantu calon ibu dalam mempersiapkan rencana kehamilan. Yuk, tambahkan asupan asam folat sekarang juga!

Sumber: 

  • https://www.medicinenet.com/folic_acid_the_benefits_for_women/views.htm 
  • https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy#1 
  •  https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid#benefits-uses 
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1017/folic-acid 
  •  https://www.medicalnewstoday.com/articles/219853#importance