buah yang mengandung vitamin a

Untuk menjaga kesehatan mata, biasanya orang-orang akan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel yang bisa dibuat jus ataupun dibuat menjadi olahan menu sup sayuran.

Perlu diketahui juga, bahwa sumber vitamin A tidak hanya berasal dari makanan saja, tapi vitamin A juga bisa terdapat pada buah-buahan.

Lalu, buah apa saja yang mengandung vitamin A? Berikut buah-buahan yang mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan mata.

1. Stroberi

Menjadi buah yang masam, ternyata stroberi tidak hanya kaya akan vitamin C. Siapa sangka kalau buah mungil berwarna merah ini merupakan buah yang mengandung vitamin a.

Dalam 100 gramnya, mengandung 12 IU. Selain itu, buah stroberi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh, mencegah katarak, hingga mengurangi resiko penuaan dini.

2. Labu 

Labu adalah salah satu buah yang mengandung vitamin A yang ideal untuk merawat kesehatan mata. Dalam Community Eye Health Journal, dituliskan bahwa berbagai jenis labu memiliki kandungan karoten yang bisa bermanfaat bagi kesehatan mata.

Dalam 100 gram buah labu, terkandung 8.513 IU vitamin A. Bila Realfoodfam kurang suka memakan buah labu secara langsung, cobalah untuk dikreasikan menjadi olahan menu masakan lain, seperti sup labu ataupun tumisan labu.

3. Melon

Buah melon pasti sudah tidak asing lagi, buah dengan isi daging buah yang banyak dan segar ini ternyata mengandung vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gramnya, terkandung 3.382 IU yang efektif untuk mencukupi kebutuhan harian dalam tubuh.

Baca juga: 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

4. Aprikot 

Buah aprikot sangat tepat dijadikan cemilan harian yang mampu memberi asupan vitamin A sebesar 1.926 IU per 100 gramnya. Selain buah yang mengandung vitamin a, ternyata aprikot juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi mata dari radikal bebas.

5. Tomat 

Sebuah penelitian dari Mediator of Inflammation pada tahun 2014 mengatakan bahwa buah tomat memiliki kandungan karoten. Pigmen tersebut mencakup provitamin A, dan non-provitamin A seperti lutein dan lycopene. Dalam 100 gram buah tomat, mengandung 833 IU.

Pada tabel penelitiannya, bertuliskan bahwa kehadiran karoten menjadi kunci efek antioksidan dan anti peradangan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: 8 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

6. Mangga 

Tidak hanya buah dengan berwarna merah yang tinggi vitamin A, tapi juga buah yang berwarna orange. Dalam 100 gram buah mangga, mengandung 1.082 IU yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Menurut The Recommended Dietary Allowance (RDA), laki-laki dengan usia 14 tahun ke atas membutuhkan 900 mcg atau setara dengan 3.000 IU per hari. Sedangkan, perempuan dengan usia 14 tahun ke atas membutuhkan sekitar 700 mcg atau setara dengan 2.310 IU per hari.

7. Semangka 

Dalam 100 gram buah semangka, terdapat 569 IU vitamin A. Angka tersebut dianggap cukup untuk memberi asupan vitamin sehat setiap harinya. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi buah semangka juga dapat merawat kesehatan jantung.

Untuk membantu merawat kesehatan mata agar lebih optimal selain mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin a, Realfood menghadirkan Program Bright Sight yang bisa dikonsumsi selama 12 hari berturut-turut. Mengandung ekstrak vitamin A, madu, dan ekstrak sarang burung walet mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap mata.