8 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

21 November 2020
Vitamin Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sistem daya tahan tubuh berfungsi untuk melindungi manusia dari serangan virus, bakteri, jamur, dan patogen yang dapat menyebabkan penyakit flu, batuk, demam, gangguan pencernaan, hingga autoimun.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, diperlukan berbagai jenis vitamin dan mineral. Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Dilansir dari situs UVA Health, ada beberapa penyebab yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh:

  • Usia.
  • Masa kehamilan.
  • Penyakit lupus, diabetes tipe 1, psoriasis, autoimun, radang usus, dan sklerosis ganda.
  • Obat-obat tertentu, seperti:

 

  • Adalimumab.
  • Azathioprine.
  • Certolizumab pegol.
  • Ciclosporin.
  • Cyclophosphamide.
  • Etanercept.
  • Golimumab.
  • Infliximab.
  • Leflunomide.
  • Mycophenolate mofetil.
  • Methotrexate.
  • Sirolimus.
  • Tacrolimus.

 

Lalu, vitamin apa saja yang harus dikonsumsi agar daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik? Berikut berbagai vitamin terbaik yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

1. Vitamin A

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, ternyata vitamin A juga mengandung tingkat anti-inflamasi yang tinggi, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh. Rekomendasi makanan bervitamin A yang bisa dikonsumsi adalah telur, mentega, wortel, minyak ikan, dan paprika merah.

2. Vitamin B6 & B12

Vitamin untuk daya tahan tubuh adalah vitamin B6. Vitamin ini erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh karena vitamin ini turut serta dalam pembuatan sel-T, sel yang dapat melawan kuman dan bakteri.

Di samping itu, vitamin B12 berfungsi untuk memberikan energi dalam tubuh, membentuk produksi sel darah merah, dan juga pembentukan sistem saraf.

Makanan yang memiliki vitamin B6 dan B12 adalah roti gandum, ayam, beras merah, ikan salmon, ikan tuna, susu, dan sayuran hijau (kubis, bayam, brokoli, asparagus, dll).

Baca juga: 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

3. Vitamin C

Vitamin C telah diketahui sejak lama sebagai vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Ketika asupan vitamin C dalam keadaan normal, maka tubuh pun terasa sehat dan daya tahan tubuh pun baik. Sebaliknya, daya tahan tubuh akan berkurang dan rentan terhadap penyakit.

Terlebih lagi, vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan satu-satunya cara memenuhi kebutuhan vitamin C adalah dengan cara mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu, jeruk, buah kiwi, kangkung, bayam, dan strawberry.

Tingkat konsumsi vitamin C berbeda-beda antara wanita dan pria. Wanita  membutuhkan jumlah yang lebih sedikit yakni sekitar 75 miligram/hari. Sedangkan pada pria, jumlah vitamin C yang disarankan adalah 90 miligram/hari.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya menjaga imunitas tubuh, vitamin D juga membantu menjaga peredaran darah, saraf, dan pencernaan.

Agar bisa memenuhi fungsi dan tugasnya, kebutuhan vitamin D harus dipenuhi. Namun, demikian, jumlah asupan vitamin D ini tidak boleh lebih dari 1000 IU per hari karena bisa merusak ginjal dan jaringan tubuh.

Realfoodfam bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur selama 10-15 menit di bawah sinar matahari dan mengonsumsi minyak ikan.

5. Vitamin E

Vitamin buat jaga daya tahan tubuh yang dibutuhkan lainnya adalah vitamin E. Sebagian orang menganggap bahwa vitamin E hanya bermanfaat bagi kecantikan kulit. Nyatanya tidak demikian.

Menurut penelitian dari US National Library of Medicine, vitamin E dapat membantu mencegah munculnya radikal bebas, anti-inflamasi, antioksidan, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan dan buah-buahan bervitamin E bisa didapatkan dari buncis, alpukat, kacang almond, biji bunga matahari, dan kacang panjang,

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

6. Zinc (Seng)

Selain vitamin, mineral zinc juga dapat bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh. Memenuhi kebutuhan mineral dalam jumlah yang cukup juga bisa mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh.

Menurut Recommended Dietary Allowance (RDA), laki-laki dengan usia 14 tahun ke atas memerlukan 11 mg zinc per hari. Sementara, wanita usia 19 tahun ke atas memerlukan 8 mg zinc per hari. Untuk ibu hamil dan menyusui usia 19 tahun ke atas memerlukan tambahan 11-12 mg zinc per hari.

Mineral yang satu ini bisa ditemukan pada makanan daging sapi, telur, kacang-kacangan, oatmeal, kerang, kepiting, dan lobster.

7. Selenium

Selenium berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menurunkan tingkat stres dan dapat mengurangi inflamasi. Beberapa jenis makanan yang mengandung selenium adalah bawang putih, brokoli, ikan sarden, dan kacang Brazil.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi dan Kaya Nutrisi

8. Zat Besi

Zat besi berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan berfungsi sebagai pertahanan paling awal untuk melawan patogen. Jenis makanan yang mengandung zat besi antara lain, ayam, kalkun, kangkung, aprikot, daging merah. Realfoodfam bisa mencoba alternatif lain makanan tinggi zat besi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Pria dewasa usia 19-50 tahun membutuhkan 8 mg/hari, sedangkan untuk wanita dewasa usia 19-50 tahun membutuhkan 18 mg/hari. Bagi ibu hamil usia 19-50 tahun membutuhkan 27 mg/hari.

Selain mengonsumsi vitamin B6 dan B12, Realfoodfam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengikuti Program Realfood Royal Wellness untuk orang dewasa dan Program Realfood Stay Fit untuk anak. Keduanya bisa didapatkan dalam Immune Support Package yang terdiri dari Program 12 Hari Royal Wellness dan Program 12 Hari Stay Fit.

 

Artikel lainnya terkait dengan “imun tubuh”

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars