Jenis-Jenis Burung Walet dan Ciri Khasnya

31 Mei 2020

Burung walet adalah salah satu burung yang diinginkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, Realfoodfam harus mengenal ciri-ciri burung walet agar tidak keliru dengan burung lain yang sejenis. Burung ini dicari bukan untuk diburu ataupun dipertunjukan keindahan suaranya, melainkan sarangnya. Mungkin Realfoodfam bertanya-tanya ada apa dengan sarang burung walet?

Berbeda dengan sarang burung lain, sarang burung walet dapat dikonsumsi menjadi minuman dan bahkan bernilai cukup tinggi. Sehingga, banyak yang membuat suatu tempat di mana burung walet bisa membuat sarang. Burung walet sendiri memiliki beberapa jenis dengan ciri-ciri yang berbeda. Tentu saja setiap jenis burung walet memiliki jenis sarang yang berbeda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Burung Walet

Burung walet atau dalam bahasa latinnya Collocalia vestita merupakan burung yang hanya bisa ditemui di daerah Asia Tenggara. Hal ini bukan tanpa sebab. Burung walet hanya bisa tumbuh dan berkembang di daerah dengan iklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi.

Jadi, akan sulit untuk bisa menemui burung walet terbang bebas di benua Eropa. Burung walet sendiri sering ditemukan membuat sarang di daerah pemukiman, goa,  dan pantai.

Ciri-Ciri Burung Walet

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa burung walet, terutama sarangnya banyak dicari dan diminati. Oleh karena itu, Realfoodfam harus benar-benar mengetahui ciri-ciri burung walet seperti bentuk fisik dan perilakunya. Hal tersebut berguna terutama apabila ingin mencari sarang burung walet yang diidam-idamkan oleh banyak orang.

1. Habitat Burung Walet

Sebagian besar burung walet dapat ditemukan di goa-goa. Namun selama memenuhi syarat, burung walet dapat tinggal dimana saja. Tempat yang memenuhi persyaratan habitat burung walet yakni luas, redup dan jauh dari sinar matahari.

Burung ini dapat tinggal di tempat dengan suhu 26 hingga 40° C dengan kelembaban udara antara 80-90%. Burung ini biasanya ditemukan di dataran rendah karena habitatnya kurang dari 1000 mdpl.

2. Bentuk Fisik

Realfoodfam dapat mengenali burung walet dari sayapnya yang panjang dan paruhnya yang runcing. Sedangkan untuk warnanya, sebagian besar jenis burung walet berwarna hitam dengan warna coklat di bagian bawah tubuhnya.

Biasanya, burung walet akan bertengger di kabel listrik. Hal ini dikarenakan kaki burung walet sangat lemah sehingga ia tidak bisa menopang tubuhnya dengan baik.

3. Cara Membuang Kotoran

Bisa dibilang burung walet adalah burung yang menjaga kebersihan sarangnya. Ini dikarenakan burung ini tidak pernah membuang kotorannya di dalam sarangnya sendiri.

Ketika akan membuang kotoran, burung ini akan memundurkan pantatnya ke bibir sarang yang membuat kotoran burung walet jatuh di tempat selain sarang.

4. Sarang Burung Walet

Pada umumnya sarang burung walet berwarna terang putih atau sedikit kecoklatan. Namun, tiap-tiap jenis burung walet mempunyai ciri-ciri sarang yang berbeda pula. Di samping itu, ada banyak sekali khasiat dan manfaat sarang burung walet bagi kesehatan hingga kecantikan kulit.

Contohnya burung walet putih. Burung walet jenis ini memiliki sarang berwarna putih kekuningan. Sarang burung walet putih juga tebal dan menempel. Burung ini membangun sarang demi menyimpan telur dan mengembangbiakanya.

5. Suara Burung Walet

Realfoodfam bisa mendeteksi keberadaan burung walet dari suaranya. Burung ini memiliki suara yang kencang dan sangat cerewet.

Tidak heran banyak orang yang terganggu oleh kicauannya. Namun, bagi orang yang tengah mencari burung ini, mendengar suara kencangnya tentu menjadi pertanda baik.

Jenis Burung Walet

Ada beberapa jenis burung walet yang bisa ditemui di dunia. Setiap jenis burung walet memiliki karakteristik khusus yang berbeda, dan perilakunya dalam membuat sarang pun berbeda satu sama lain. Jenis burung walet yang sering ditemui antara lain:

1. Burung Walet Putih

Burung walet putih dinamai bukan karena bulunya berwarna putih, melainkan warna sarangnya. Sementara itu dilihat dari karakter fisiknya, burung ini memiliki bulu berwarna coklat kehitaman di bagian atas dan dan bulu berwarna coklat di bagian bawahnya.

Burung walet putih dapat dikenali dari suaranya yang nyaring. Sedangkan sarang burung ini seluruhnya terbuat dari air liur. Burung walet putih juga memiliki sayap yang lebih kuat sehingga mampu terbang lebih lama.

2. Burung Walet Sarang Hitam

Ciri dari burung walet sarang hitam yakni bulunya berwarna coklat atau kehitaman dengan bulu ekor berwarna coklat kelapa. Terdapat bulu yang merata di kakinya dan ekor yang sedikit bercelah.

Panjang tubuh burung walet jenis ini tidak terlalu besar hanya sekitar 13 cm. Warna mata burung ini yaitu coklat tua sedang paruh dan kakinya berwarna hitam. Realfoodfam dapat menemukan burung walet sarang hitam di goa-goa di mana suplai sinar matahari sangat sedikit.

3. Burung Walet Gunung

Jika dibandingkan dengan burung walet jenis lain, burung walet gunung memiliki jangkauan terbang yang luas. Burung ini biasanya terbang berkelompok ke daerah puncak gunung atau tebing dengan cepat.

Dilihat dari bentuk fisiknya, burung walet gunung memiliki ekor yang berwarna abu-abu kehitaman. Bagian kaki burung ini memiliki sedikit bulu atau bahkan tidak sama sekali. Selain itu burung ini juga memiliki suara yang nyaring dan tubuh yang tergolong besar, yakni 14 cm.

Itulah beberapa ciri-ciri burung walet yang perlu diketahui. Apabila Realfoodfam berniat untuk menjadi peternak walet, Realfoodfam harus memiliki pemahaman akan ciri-ciri burung walet. Dengan begitu, Realfoodfam akan sukses membuat habitat untuk burung walet membuat sarang.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars