olahraga untuk diet

Saat ingin menurunkan berat badan, maka kamu harus mencari jenis olahraga yang cocok untuk diet dan beban tubuhmu. Olahraga yang tepat akan meningkatkan manfaat dari kalori defisit, memperkuat jantung, dan juga membakar lemak tubuh. Tentunya, kamu harus lakukan secara konsisten ya. Menurut rekomendasi WHO, sebaiknya kita melakukan olahraga selama 150 menit perminggu untuk olahraga yang high impact seperti berlari atau 300 menit perminggu untuk olah raga moderate impact seperti berenang atau jogging. Tentunya diiringi dengan olahraga yang melatih otot seperti angkat beban. Yuk simak olahraga apa yang mudah dilakukan tapi ampuh bakar lemak dan kalori! 

Jenis-jenis Olahraga untuk Diet 

1. Jalan Kaki

Praktis dan gratis, jalan kaki adalah jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan saat menjalani diet. Pertama, kamu bisa lakukan kapan pun dan di mana pun. Kedua, kamu gak butuh peralatan. Cukup pakaian dan sepatu olah raga, maka kamu siap menjalani olahraga ini. Coba deh jalan kaki setidaknya 15 menit selama sehari, lalu tingkatkan menjadi 30 menit. Lalu tingkatkan menjadi 8.000 langkah sehari. Jika dilakukan dengan konsisten, maka akan membantu penurunan berat badan lho! Buat kamu yang enggan jalan-jalan di luar, bisa coba juga dengan menggunakan treadmill atau menggunakan video YouTube untuk jalan di tempat! 

2. Jogging 

Berbeda dengan jalan kaki, olahraga untuk diet yang satu ini bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki berat badan di bawah 100kg ya. Jogging adalah lari santai yang membantu meningkatkan detak jantung secara stabil sehingga tubuh dalam keadaan aerobik. Tentunya jogging tidak seberat berlari, jadi bisa jadi solusi nih buat kamu yang pengen turun lebih cepat daripada jalan kaki.

3. Bersepeda

Nah, olahraga untuk diet yang kali ini butuh alat tambahan yaitu sepeda. Bersepeda baik sepeda biasa atau sepeda statis adalah jenis olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan terutama pada mereka yang punya permasalahan sendi lutut. Pastikan kamu memilih sepeda yang nyaman untuk ukuran dan bentuk tubuhmu ya, pilih juga track yang mudah terlebih dahulu seperti jalan lurus sebelum mencoba jalan yang lebih menantang. 

4. Berenang 

Salah satu jenis olahraga untuk diet dengan risiko cedera yang rendah adalah berenang. Meskipun terlihat tidak berkeringat, berenang dapat membakar lemak tubuh secara maksimal lho. Gak cuma untuk menurunkan berat badan, berenang juga sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang dan otot, meredakan stress, dan memperbaiki kualitas tidur. Cobalah untuk rutin berenang seminggu 3 kali dengan waktu sekitar 1 jam setiap kali sesi berenang, dan hindari terlalu banyak main air! 

5. Senam Aerobik seperti Zumba 

Olahraga penuh gerakan semamgat ini biasa dilakukan di pusat kebugaran atau kelas senam, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan bantuan video arahan seperti YouTube. Olahraga untuk diet yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena saat bergerak, detak jantung akan meningkat. Selain itu, olahraga ini juga sangat baik untuk memperkuat tulang, sendi, meredakan stress, dan memperbaiki mood dengan produksi endorphine. 

6. Yoga dan Pilates

Keduanya memang olahraga yang berbeda, tetapi hampir mirip. Yoga adalah olahraga yang melatih fleksibilitas dan otot kecil menggunakan berat badan dan keseimbangan pikiran. Sedangkan pilates memiliki gerakan yang melatih otot inti dan rehabilitasi tubuh. Gerakannya mungkin terlihat sederhana dan mudah, padahal ini bakar lemak dan kalori banget lho! Rasa pedesnya ditambah kalau kamu pakai reformer (alat bantu di pilates) atau gerakan yang harus menahan berat tubuh! Kelebihan yoga dan pilates terutama untuk perempuan adalah membuat tubuh terlihat lebih berbentuk tanpa terlihat terlalu berotot lho! 

7. Interval Training

Latihan dengan intensitas tinggi ini biasa disebut interval training atau HIIT. Olahraga kardio intens yang bisa membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Ditambah gerakan-gerakan yang menggunakan berat tubuh, olahraga untuk diet yang satu ini akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat lho! Ditambah olahraga ini dapat membantu mengecilkan perut dan memperkuat otot jantung. 

Selain rutin olahraga untuk diet, ada baiknya kamu menambahkan konsumsi serat di makanan dan minumanmu. Serat memiliki peran penting dalam memberikan rasa kenyang lebih lama karena mampu mencegah penyerapan gula dan mendorong sensitivitas insulin sehingga lemak tubuh lebih mudah terbakar. Kamu bisa menambahkan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, dan buah rendah pati. Kamu juga bisa nih menambahkan minuman tinggi serat seperti Realfood Cleanse Passion Power yang mengandung serat dan enzim dari 12 jenis buah dan sayuran yang kaya akan prebiotik serta sarang burung walet. Di dalamnya terdapat physillium husk yang membantu memberikan rasa kenyang dan pastinya bebas gula. Pas bangetlah untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan.

Artikel Terkait Lainnya: