Glutathione

Glutathione atau Gamma-Glutamylcysteinyglycine adalah zat yang terbuat dari asam amino glisin, sistein, dan asam glutamat. Glutathione sendiri diproduksi oleh hati dan terlibat dalam banyak proses alami di tubuh, seperti membangun dan memperbaiki jaringan, sebagai salah satu bahan utama pembentuk protein, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Dalam kedokteran, glutathione banyak digunakan untuk menunda penuaan, gangguan penggunaan alkohol penyakit hati, penyakit jantung, dan masih banyak kondisi penyakit lainnya meskipun belum tersedia bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung penggunaan ini. Dasarnya, glutathione adalah zat yang lebih banyak manfaat daripada mudaratnya jika dikonsumsi. 

FUNGSI GLUTATHIONE 

1.     Membantu Mengurangi Kerusakan Sel pada Penderita Hati Berlemak

Kematian sel di hati karena kekurangan antioksidan seperti glutathione, sehingga membuat penyakit hati berlemak baik pada mereka yang konsumsi alcohol berlebih maupun tanpa mengonsumsi alcohol. Glutathione menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan protein, enzim, bilirubin, dan mengurangi malondialdehyde yang menunjukkan kerusakan sel di hati. 

2.     Memperbaiki Resistansi Insulin 

Semakin bertambahnya usia, produksi glutathione semakin menurun. Padahal glutathione sangat dibutuhkan untuk menjaga berat badan dan mencegah resistansi insulin. Penelitian menemukan bahwa kadar glutathione yang rendah terasosiasi dengan kemampuan membakar lemak yang rendah dan tingginya kemampuan menyimpan lemak di tubuh. Waduh! 

3.     Membantu Melawan Penyakit Autoimun 

Peradangan krinis yang disebabkan oleh penyakit autoimun dapat meningkatkan stress oksidatif. Menurut sebuah penelitian, glutathione dapat mengurangi stress oksidatif sehingga mampu mengurangi atau menstimulasi respon imun tubuh. Penyakit autoimun sendiri menyerang mitokondria di sel tertentu. Glutathione bekerja dengan melindungi sel mitokondria dari radikal bebas. 

4.     Mengurangi Stres Oksidatif 

Seperti yang sudah disebutkan di poin di atas, glutathione berperan penting dalam mengurangi stress oksidatif akibat radikal bebas. Hal ini tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan kulit dong! 

5.     Menjaga Kesehatan Kulit dengan Psoriasis

Penderita psoriasis biasanya memiliki autoimun yang muncul dengan pergantian sel kulit terlalu cepat. Penggunaan glutathione disebut-sebut mampu mengurangi stress oksidatif dan tentunya peradangan. 

6.     Membantu Mencerahkan Kulit 

Nah, mungkin ini fungsi terbaik dari glutathione. Glutathione adalah antioksidan kuat dengan kemampuan anti-melanogenic sehingga digadang-gadang sebagai molekul pencerrah kulit sistematis. Meskipun banyak yang bilang glutathione akan bekerja lebih baik dengan infus glutathione. 

Secara alami, glutathione banyak terdapat di daging mentah atau dengan pemasakan minim, susu yang belum dipanaskan, dan sayuran segar seperti alpukat dan asparagus. Wah, cukup sulit ya untuk mengonsumsi glutathione karena suhu tinggi dapat menghilangkan kandungan glutathione. Selain itu, glutathione juga bisa ditemukan di brokoli, kembang kol. Ceciwis, bokchoy, bawang putih, bawang merah, telur, kacang-kacangan, serealia, ikan, dan ayam. Konsumsi makanan ini juga dapat mendorong produksi glutathione secara alami, yaitu milk thistle, flaxseed, dan whey

Jelly lycee glutabright

Buat kamu yang ngerasa, duh ribet banget sih, bisa gak konsumsi glutathione yang tinggal “lep!” dan rasanya enak? Kamu harus cobain Realfood Jelly Lychee Glutabright! Varian Realfood Jelly yang satu ini adalah cemilan beauty lokal dengan kandungan sarang burung wallet, buah leci, strawberry, Vitamin C, L-Glutation, dan Vitamin E. Realfood Jelly Glutabright adalah jelly dengan kandungan gluta pertama dari Indonesia lho! Kaya kandungan collagen dan selenium, bikin kulit kamu #SkinBrightLikeADiamond dan pastinya bisa mengurangi dark spot karena ada kandungan leci dan strawberry yang menstimulasi produksi hyaluronic acid dan kaya akan antioksidan. 

Enaknya lagi, Realfood Lychee Glutabright ini adalah sumber glutathione yang gak ribet, kamu bisa konsumsi kapan aja kamu mau. Bebas gula dan rendah kalori (Cuma 5kcal per-sachet!), pas banget buat kamu yang lagi jaga berat badan. Kandungan zinc, Vitamin C, dan Vitamin E juga bakal melindungi kulitmu dari radikal bebas. Pokoknya buat kamu yang mau kulit cerah dan terlindungi dari sinar UV, radikal bebas, dan stress oksidatif, Realfood Jelly Lychee Glutabright bisa jadi solusi buat kamu. 

Rasakan pengalaman konsumsi glutathione lebih menyenangkan dengan rasa fruity leci yang manis dan tidak asam, serta lihat perubahannya di kulitmu setelah rutin konsumsi setidaknya 12 hari.

Artikel Terkait Lainnya: