Ketahui 7 Bahan Makanan Alami yang Mengandung Vitamin A untuk Jaga Kesehatan Mata

19 Maret 2021
makanan yang mengandung vitamin a dan bagus untuk mata

Vitamin A memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, Realfoodfam bisa mendapatkannya dari berbagai sumber makanan, baik hewani atau nabati.

Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi vitamin A untuk dikonsumsi.

1. Bayam 

Sayuran yang terkenal dengan nutrisi zat besinya ini, ternyata juga mengandung vitamin A. Menurut studi tahun 2005, satu porsi setengah bayam mengandung vitamin A mencapai 570 mcg. Realfoodfam bisa mengolah bayam menjadi menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang sehat dan bernutrisi.

2. Wortel 

Semua tentu tahu bahwa wortel termasuk salah satu penghasil sumber vitamin A yang tinggi dan baik untuk kesehatan mata. Dalam 100 gram wortel, mengandung 459 mcg vitamin A.

Tidak hanya itu saja, beta-karoten yang terkandung dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda Secara Alami

3. Ikan Tuna 

Ikan tuna juga diperkaya akan vitamin A. Dalam 100 gram ikan tuna terkandung 757 mcg atau 60 IU. Selain diperkaya oleh vitamin A, terkandung juga Omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak serta mencegah alzheimer.

4. Selada (Lettuce)

Sebagai salah satu sayuran hijau, selada juga mampu memberikan jumlah vitamin A yang tinggi. Per 100 gram selada, mengandung 133 mcg atau 7.405 IU vitamin A.

Selada juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan tinggi vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis dan osteopenia.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Kacang Polong Hitam 

Kacang polong hitam termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin a dan bagus untuk mata karena dalam setiap 100 gramnya mengandung 66 mcg vitamin A.

Mengonsumsi kacang polong hitam yang dijadikan menu olahan salad ataupun sup sayuran akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

6. Brokoli

Apakah Realfoodfam pernah menyangka bahwa brokoli termasuk salah satu makanan mengandung vit A? Per 100 gram brokoli mengandung 60 mcg atau setara 623 IU yang dapat mencukupi kebutuhan AKG harian.

Realfoodfam dapat mengolah brokoli menjadi salad, tumisan sayur, ataupun menu olahan lainnya sesuai selera.

7. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod termasuk menu makanan tinggi vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Dilansir dari situs Medical News Today, minyak hati ikan mampu menyediakan hingga 4.080 mcg atau 100.000 IU vitamin A yang bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian.

Untuk memaksimalkan kesehatan mata, Realfoodfam juga bisa mengonsumsi Program 12 Hari Bright Sight yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan maksimal sepanjang hari.

Mengandung EGF (Epidermal Growth Factor) yang dapat menjaga kesehatan lambung dan mencegah penuaan penuaan dini. Selain itu, Realfoodfam juga bisa merasakan manfaat asam sialat yang terbukti mampu melawan virus penyebab flu.

Ada juga kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan agar mata tetap segar, vitamin B2 yang dapat mencegah resiko mata katarak, hingga kandungan zinc yang mampu menjaga kesehatan retina mata.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars