linea negra

Linea nigra adalah salah satu gejala kehamilan yang kerap muncul pada trimester kedua atau ketiga yang biasanya ditandai dengan munculnya garis berpigmen yang memanjang dari pusar ke tulang kemaluan. Sebelum berwarna hitam, garis memanjang yang terlihat pada perut ibu hamil biasanya  awalnya berwarna putih, atau disebut linea alba. Namun seiring dengan semakin besarnya perut dimasa kehamilan, maka akan semakin jelas pula garis kehitaman ini. Biasanya garis linea nigra akan memudar dengan sendirinya setelah kehamilan selesai. 

Penyebab Munculnya Garis Linea Nigra

Banyak yang mengkhawatirkan munculnya garis kehitaman di area perut saat kehamilannya berlangsung dan mencari tahu penyebabnya. Namun perlu diketahui bahwa warna linea nigra yang gelap biasanya disebabkan oleh hormon. Pada saat kehamilan hormon estrogen meningkat dan tubuh memproduksi lebih banyak melanin yang merupakan zat pewarna tubuh manusia. Dari situ muncullah garis yang berwarna gelap di perut bagian bawah semakin nyata terlihat. Hampir sama seperti areola payudara yang berwarna lebih gela, beberapa area lipatan tubuh biasanya juga menggelap di masa kehamilan karena faktor hormon. 

Cara Mengatasi Linea Nigra

Meskipun kemunculan garis linea nigra ini tidak dapat dicegah, namun perlu diketahui bahwa garis kehitaman ini akan menghilang dengan sendirinya ketika bayi lahir. Kemunculan linea nigra pun tidak membahayakan bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Idealnya garis ini akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan setelah melahirkan. Meskipun tak dapat dicegah, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan membantu percepatan hilangnya linea nigra ini. Namun pastikan untuk tidak menggunakan produk pemutih yang biasanya mengandung hydroquinone yang justru berbahaya jika sedang menyusui.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi hiperpigmentasi atau garis hitam di perut saat hamil di antaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan sunscreen

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting, bahkan saat kondisi sedang tidak hamil. Nah, ternyata penggunaan sunscreen di masa kehamilan juga dapat membantu kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. Gunakan tabir surya yang mengandung setidaknya SPF 30 di wajah, badan, dan juga area perutmu ya, Realfoodfam! Selain itu sebagai salah satu cara mengatasi linea nigra, kamu bisa juga mengaplikasikan tabir surya di area perutmu setelah menggunakan lotion atau oil untuk menjaga kelembapan. 

Konsumsi makanan kaya asam folat

Selain menggunakan tabir surya, cara mengatasi linea nigra lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya asam folat. Sebagai ibu hamil ataupun ibu menyusui sudah pasti Realfoodfam mengonsumsi suplemen asam folat sesuai anjuran dokter kandungan. Namun, ada baiknya kamu juga mengonsumsi makanan kaya asam folat seperti sayuran hijau, buah jeruk, alpukat dan pepaya. 

Dilansir dari Healthline, ketika bayi lahir biasanya linea nigra akan memudar dengan sendirinya dan akan menghilang perlahan. Namun memang pada beberapa wanita, garis ini tidak hilang dengan sempurna sehingga diperlukan tambahan treatment lainnya. Dan perlu diketahui bahwa garis linea nigra dapat muncul secara berulang pada kehamilan berikutnya. Itu mengapa diperlukan adanya tambahan perawatan mulai dari tabir surya hingga konsumsi asam folat.

Kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Wonder Mom yang memiliki kandungan utama sarang burung walet dan asam folat untuk membantu menjaga janin dalam kandungan, dan sebagai salah satu upaya mengatasi dan memudarkan garis linea nigra. Mengonsumsi Realfood Wonder Mom setiap pagi selama kehamilan dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil, dan juga mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. 

Artikel Terkait Lainnya: