Rasanya yang manis dan kaya segudang manfaat menjadikan madu sebagai salah satu asupan favorit bagi siapa saja, termasuk para ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil sangatlah beragam, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, hingga mampu mengatasi morning sickness.

Madu juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil, asalkan madu yang dikonsumsi sudah melalui proses pasteurisasi. Yuk, simak apa saja manfaat madu untuk ibu hamil lainnya, berikut ini:

1. Membantu Menguatkan Janin

Ibu hamil rentan terhadap pergerakan-pergerakan yang berdampak pada keguguran, terutama masa kehamilan trimester pertama. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara rutin pada masa kehamilan trimester pertama. Pasalnya, madu mengandung zat galian yang dapat membantu menguatkan janin.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Madu kaya akan senyawa antibakteri dan antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah komplikasi dan infeksi berbahaya. Kemudian madu juga dapat mencegah ibu hamil agar tidak mudah sakit, terlebih saat pandemi seperti sekarang.

3. Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Ibu hamil kerap mengalami nyeri ulu hati atau heart burn yang dipengaruhi oleh hormon sehingga memicu gejala asam lambung. Cara mengatasi nyeri ulu hati secara alami adalah dengan mengkonsumsi madu. Untuk mengurangi rasa nyeri pada ulu hati, ibu hamil bisa mencampurkan satu sendok madu dalam segelas susu.

4. Mengurangi Morning Sickness

Salah satu manfaat madu untuk ibu hamil adalah mengurangi morning sickness. Meskipun morning sickness adalah keluhan umum yang terjadi pada ibu hamil, namun hal ini cukup mengganggu rutinitas. Sebagai solusinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu yang dicampur dengan teh jahe atau teh lemon untuk meredakan rasa mual.

5. Mencegah Anemia

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi pada janin, seperti kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu untuk mencegah anemia karena madu kaya akan kandungan magnesium dan zat besi pada madu.

6. Sebagai Sumber Kalori

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil kerap mengalami penurunan nafsu makan. Kondisi tersebut membuat ibu hamil rentan mengalami kekurangan energi serta nutrisi.

Sebagai solusinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu. Pasalnya, dalam satu sendok madu terkandung 64 kalori dan berbagai jenis gula yang membantu menambah energi ibu, seperti sukrosa, fruktosa, maltose, dan glukosa.

7. Meredakan Sakit Tenggorokan dan Batuk

Ketika sakit tenggorokan maupun batuk dan untuk meminimalisir pengobatan berat maupun mengkonsumsi antibiotik, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu. Campurkanlah madu dengan jahe maupun air lemon untuk meredakan sakit tenggorokan dan juga batuk.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi pada ibu hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan preeklampsia dan eklampsia yang dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan juga janin. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu karena terkandung antioksidan yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Itulah sederet manfaat madu untuk ibu hamil yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral agar perkembangan janin dan ibu hamil tetap optimal. Jika ibu hamil mencari cemilan yang praktis, aman, serta bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, bisa mengkonsumsi Realfood Jelly Pure!

Realfood Jelly Pure adalah cemilan sehat berupa beauty jelly yang mengandung sarang burung walet yang berguna untuk melembabkan kulit, menstimulasi regenerasi sel, dan mengatasi luka bekas jerawat. Kandungan madu yang kaya antioksidan pada Realfood Jelly Pure juga dapat mengurangi efek negatif sinar matahari.

Kandungan lainnya adalah labu kuning yang mampu meredakan peradangan jerawat dan meningkatkan produksi kolagen. Ada juga kandungan wortel yang mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai anti aging, tertarik mencobanya?

Artikel Terkait Lainnya: