cara menghilangkan jerawat batu

Jerawat batu atau jerawat kista adalah jenis jerawat yang meradang sehingga terasa sangat menyakitkan, berisi cairan nanah, bahkan berasal dari dalam kulit. Terutama karena cara menghilangkan jerawat batu ini cenderung tricky dan sulit dilakukan. Pertama-tama, kita cari tahu dulu penyebab jerawat batu sebelum mencari tahu cara mengatasi jerawat batu ya! 

Penyebab Jerawat Batu 

1. Perubahan Hormon 

Penyebab jerawat batu yang satu ini biasa terjadi pada perempuan yang mengalami ketidakseimbangan hormon androgen seperti PCOS. Sedangkan pada pria, hormon androgen meningkat pada masa remaja dan menyebabkan produksi minyak. Ditambah dengan kotoran, keringat, dan minyak yang terperangkap di pori-pori, menjadi kesatuan yang luar biasa dalam menyebabkan munculnya jerawat batu.

2. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan seperti kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid dapat menjadi penyebab jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu yang muncul akibat penggunaan obat-obatan ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya agar tidak menyebabkan efek samping atau kontradiksi yang bisa memperparah penyakitmu. 

3. Penggunaan Produk Kulit Tertentu 

Produk kosmetik termasuk skincare dapat menjadi penyebab jerawat batu. Hal ini disebabkan karena produksi minyak berlebih ditambah dengan ketidakcocokan bahan tertentu. 

4. Kelembapan yang Tinggi dan Keringat Berlebih

Tinggal di negara tropis yang lembap ditambah cuaca panas yang membuat tubuh mudah berkeringat bisa menjadi penyebab jerawat batu. Oleh karena itu jangan lupa untuk rajin mandi dan menyeka keringat dengan tissue atau lap bersih. 

5. Faktor Genetik 

Tentu saja, faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebab jerawat batu. Memiliki salah satu orang tua atau bahkan keduanya mengalami permasalahan jerawat batu serupa dapat meningkatkan risiko lebih mudah mengalami jerawat batu juga. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Yuk, kita lihat 7 cara mengatasi jerawat batu membandel yang bisa kamu mulai dari sekarang! 

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara menghilangkan jerawat batu yang paling mudah adalah dengan rajin membersihkan wajah terutama sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas. Saat tertidur, wajah kita tetap terpapar kotoran dari bantal, keringat, dan tentunya tetap menghasilkan sebum wajah. Dan setelah beraktivitas seharian untuk angkat kotoran, makeup, sunscreen, polusi yang bercampur dengan bakteri dan minyak. Pilih pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide. 

2. Gunakan Retinoid 

Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan obat jerawat mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan vitamin A poten yang HANYA bisa diresepkan oleh dokter kulit untuk menangani masalah jerawat batu. Bisa berupa obat jerawat topikal (isotretinoin) atau obat minum (accutane). Efek samping yang kamu rasakan adalah kulit kering, mengelupas, hingga tumbuh jerawat baru tetapi ini terjadi karena regenerasi kulit. Bersabarlah setidaknya 3 bulan untuk melihat hasilnya.

3. Gunakan Benzoyl Peroxide 

Selain retinoid, ada bahan lain yang bisa membantu sebagai cara mengatasi jerawat batu yaitu dengan menggunakan benzoyl peroxide sebagai spot treatment atau obat totol di jerawat. Benzoyl peroxide dapat mengurangi peradangan pada jerawat batu dengan cukup cepat karena terdapat kandungan antibakteri. Ingat, jangan berlebihan karena dapat menyebakan kulit menjadi kering dan iritasi.

4. Pilih Pelembap yang Ringan

Meskipun kulit berminyak dapat memperparah jerawat batu, cara menghilangkan jerawat batu yang satu ini juga bisa membantu lho! Pilih dan rutin gunakan pelembap dengan kandungan oil-free atau yang lebih banyak mengandung air. Menggunakan pelembap yang ringan justru membantu meregulasi produksi sebum berlebih sehingga kulit terasa lebih tidak berminyak. 

5. Kompres dengan Es Batu 

Cara mengatasi jerawat batu terutama pada jerawat batu yang terasa perih, panas, dan nyeri adalah dengan mengompres es batu. Selain itu cara ini juga membantu mengurangi bengkak pada jerawat. Pastikan kamu membungkus es batu dengan kain atau handuk kecil yang bersih agar tidak terasa terlalu dingin. 

6. Rutin Ganti Sprei Secara Teratur

Cara menghilangkan jerawat yang sering terlupakan adalah dengan memperhatikan kebersihan barang yang menyentuh kulit wajah seperti handphone & sprei. Rutinlah mengganti sprei setidaknya 2 minggu sekali agar tidak menjadi sumber bakteri dan memperparah jerawat batu yang sudah ada. 

7. Kurangi Konsumsi Gula 

Cara menghilangkan jerawat batu yang satu ini berhubungan dengan perubahan hormon. Gula di dalam tubuh akan menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin yang berlebih akan memicu pertambahan hormon testosteron di tubuh, termasuk di ovarium perempuan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon androgen. Hal ini bisa terjadi di perempuan atau pria, dan menyebabkan produksi kulit lebih berminyak lagi. Yuk, kurangi gula! 

8. Konsumsi Makanan Antiinflamasi 

Jerawat batu biasanya meradang dan merupakan tanda tubuhmu mengalami inflamasi. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan yang antiinflamasi seperti buah beri, ikan berlemak, brokoli, alpukat, teh hijau, dan protein lainnya. Atau kamu bisa coba ganti cemilanmu dengan cemilan sehat dan antiinflamasi seperti Realfood Jelly Pure. Mengandung sarang burung walet untuk stimulasi regenerasi sel dan membantu mengatasi luka bekas jerawat, labu kuning yang kaya akan antiinflamasi, wortel yang kaya akan vitamin A, madu hutan yang memberikan rasa manis tanpa kandungan gula berlebih, dan zinc yang membantu mengatasi jerawat batu dan mengatur produksi minyak di wajah. Pas banget nih konsumsi Realfood Jelly Pure untuk sebagai cara menghilangkan jerawat batu di wajahmu. Tertarik mencoba? 

Artikel Terkait Lainnya: