Realfoodfam pasti sudah gak asing lagi dengan sarang burung walet yang belakangan kembali naik popularitasnya. Konon bahan ini sejak zaman dahulu kala dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki khasiat yang luar biasa lho Realfoodfam. 

Sarang burung walet memang dikenal memiliki harga jual yang cukup tinggi. Meski harga sarang burung walet cukup tinggi namun banyak juga orang yang justru mencarinya karena manfaat sarang burung walet sudah terkenal sejak dulu. Biar gak penasaran, Yuk simak apa saja sih manfaat serta nutrisi dalam sarang burung walet.

Nutrisi Dalam Sarang Burung Walet

Sarang Burung Walet Putih

Sarang burung walet berasal dari burung walet yang bermukim di suatu tempat. Kebanyakan mereka bermukim di daerah Asia Tenggara dan Indonesia merupakan salah satu negara tempat populasi burung walet tinggal. Inilah mengapa Realfoodfam seringkali menjumpai rumah walet. 

Baca Juga: Berbagai Olahan Sarang Burung Walet

Burung walet akan menggunakan air liurnya untuk membuat sarang. Sarang ini yang lama – kelamaan akan mengeras dan menjadi sarang burung walet yang sering kita konsumsi. Manfaat sarang burung walet biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan. Ini karena didalamnya terkandung magnesium, kalium, zat besi dan juga kalsium dalam jumlah tinggi.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, sarang burung walet mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap 100 gram sarang burung walet mentah mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 281 kalori energi per 100 gram
  • 37.5 gram protein
  • 0.3 gram lemak
  • 32.1 gram karbohidrat
  • 485 mg kalsium
  • 18 milligram fosfor
  • 3 milligram zat besi

Berdasarkan nilai gizi yang terkandung dalam sarang burung walet, tidak heran jika khasiat sarang burung walet bagi tubuh sangatlah beragam. Sarang burung walet bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat dan protein dengan kandungan lemak yang sangat sedikit. 

Selain kandungan zat gizi utama, sarang burung walet memiliki kandungan glikoprotein yang mudah larut dan kandungn antioksidan yang cukup tinggi. Sarang burung walet juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin serta mineral yang memiliki khasiatnya masing-masing untuk tubuh. 

Baca Juga: Minuman untuk Diet dari Sarang Burung Walet yang Aman dan Bisa Menjaga Kesehatan Jasmani Sekaligus Rohani

Manfaat Baik Sarang Burung Walet

Stay Fit 02 100 1

Fungsi sarang burung walet sangat beragam. Sarang burung walet umumnya diolah menjadi makanan seperti sup. Namun, kini banyak juga orang yang mengolah sarang burung walet menjadi hidangan penutup atau hidangan manis. 

Bahkan kini Realfoodfam bisa menemukan dengan mudah minuman sarang walet yang menyegarkan dengan kandungan nutrisi baik di dalamnya. Sarang burung walet sudah sejak lama menjadi salah satu ritual dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk melawan anti aging, mencegah kanker serta membantu meningkatkan konsentrasi. Berikut ini beberapa manfaat sarang burung walet untuk tubuh, diantaranya adalah:

Sebagai Sumber Asam Amino Bagi Tubuh

Asam Amino

Sarang burung walet mengandung beragam asam amino yang baik untuk tubuh. Realfoodfam bisa mendapatkan semua asam amino baik dari minuman sarang burung walet. Manfaat minuman sarang burung walet dengan asam amino yang tinggi sehingga mampu meregenerasi sel dalam tubuh. Kandungan asam amino yang terdapat dalam sarang burung walet sangatlah lengkap. Beberapa jenis asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita, salah satu cara mendapatkannya adalah melalui sumber makanan seperti sarang burung walet. Adapun beberapa jenis asam amino yang ada dalam sarang burung walet adalah asam amino glisin yang dapat membantu mencegah preeklampsia pada ibu hamil. Asam amino tirosin untuk mempercepat penyembuhan penyakit. Serta glukosamin yang berfungsi untuk membantu proses pemulihan tulang rawan.

Membantu Pertumbuhan dan Gizi Anak

Anak Makan

Dalam minuman sarang burung terkandung beragam manfaat yang dikemas dalam bentuk minuman menyegarkan. Dalam sarang burung walet terdapat kalsium, zinc, serta mangan yang diperlukan oleh tubuh Realfoodfam. 

Baca Juga: Ragam Khasiat Sarang Burung Walet Ternyata Bisa Untuk Berbagai Penyakit

Mangan akan memberikan manfaat untuk membantu dalam pertumbuhan tulang. Oleh sebab itu, . Manfaat sarang walet untuk anak sangatlah baik untuk membantu proses pertumbuhan tulang. Kalsium yang tinggi juga sangat diperlukan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. 

Mangan juga berfungsi untuk mempercepat proses pemilihan luka dan mampu melancarkan metabolisme terutama untuk karbohidrat serta kolesterol. Selain itu berbagai asam amino yang terkandung didalamnya, seperti asam amino lisin yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang dan gigi pada anak. Manfaat lain sarang burung walet bagi anak dapat membantu menghambat virus influenza yang kerap menyerang anak-anak

Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes dan Kanker

Diabetes

Sarang burung mengandung nutrisi yang mampu melepaskan sinyal pada tubuh untuk menurunkan resistensi insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam tubuh akan menurun dan resiko penyakit diabetes dapat ditekan ke angka yang lebih rendah. 

Metabolisme tubuh juga akan meningkat dengan konsumsi minuman sarang burung walet. Realfoodfam akan mendapati metabolisme lebih lancar sehingga pemecahan lemak akan berjalan dengan lebih optimal lagi. 

Berdasar penelitian yang dikemas dalam jurnal internasional berjudul “Letter In Health and Biological Sciences” dijelaskan bahwa sarang burung mengandung antioksidan tinggi yang mampu menurunkan resiko kanker. 

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Diantaranya adalah kanker serta penyakit berbahaya lainnya. Jadi, sarang burung bisa membantu Realfoodfam untuk terhindar dari penyakit kronis seperti kanker. Selain itu beragam manfaat juga bisa dirasakan dari mengonsumsi sarang burung walet.

Kerusakan sel umum terjadi dalam tubuh karena berbagai pengaruh buruk. Dengan antioksidan maka Realfoodfam mampu memperbaiki kerusakan sel tubuh. Salah satu sumber antioksidan yang mengandung senyawa baik lainnya yaitu sarang burung walet. Bahkan sarang burung sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang sedang melawan kanker. Hal ini dikarenakan sarang burung secara ilmiah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama proses kemoterapi pada pasien kanker. Penelitian terhadap efek atau manfaat sarang burung dalam pengobatan kanker ini juga telah dilakukan. 

Baca Juga: Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Manfaat Sarang burung walet untuk pendampingan kemoterapi tertera dalam jurnal ilmiah ”Drug Design, development and Therapy” yang dibuat tahun 2016. Dalam penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung dapat meningkatkan sistem kekebalan imun di usus yang umumnya akan melemah akibat efek dari kemoterapi. Kondisi imun membaik setelah rutin mengkonsumsi sarang burung selam 30 hari. 

Sudah tau kan beragam manfaat sarang burung walet, bahkan mampu membantu untuk beberapa penyakit kronis. Yuk mulai konsumsi sarang burung walet Realfood sekarang!