Yuk, Ketahui 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Sebaiknya Diketahui Para Orang Tua

07 Januari 2021
6 aspek perkembangan anak usia dini

Perkembangan anak pada usia dini dimulai dari usia 0-6 tahun, sehingga para orang tua diharapkan mampu memahami dan dapat memberikan stimulasi yang tepat dalam setiap fase tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat lebih dari 100 milyar sel neuron pada otak kanan dan otak kiri yang terdapat dalam otak manusia, sehingga membantu mereka untuk bisa belajar banyak hal.

Ada beberapa aspek yang harus diketahui orang tua agar perkembangan anak usia dini bisa lebih maksimal.

1. Nilai Agama Dan Moral

Aspek agama dan moral berfokus pada nilai-nilai dasar, kesadaran, dan norma-norma lainya yang diajarkan. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting untuk mendidik karakter anak sejak kecil.

2. Fisik dan Motorik

Berbeda dengan nilai agama dan moral yang berkaitan dengan perilaku, aspek fisik dan motorik lebih berfokus pada perkembangan atau perubahan fisik terjadi dari tubuhnya.

Perkembangan motorik mencakup bagaimana anak bisa menggerakan anggota tubuhnya dengan baik, melakukan gerakan merangkak, berjalan, hingga mencoba menggambar ataupun menulis sesuatu. Sedangkan, perkembangan fisik bisa ditandai dari pertambahan berat badan ataupun tinggi badannya.

3. Kognitif

Fungsi kognitif berkaitan bagaimana anak mulai belajar memecahkan masalah yang ada, bisa memahami sesuatu dengan mudah, mampu mengidentifikasi suatu pola, dapat mengingat dengan baik, dan juga bisa memahami aspek sebab-akibat dari suatu hal. Bila anak menguasainya dengan baik, maka anak Realfoodfam termasuk dalam ciri-ciri anak yang pintar dan cerdas.

4. Bahasa

Kemampuan bahasa bisa dimulai dari balita meski dengan daya tangkap yang berbeda. Perkembangan bahasa dan komunikasi sudah dimulai sejak balita dan mereka akan mulai memahami perkataan orang di sekitarnya memasuki usia 2 tahun.

Mereka akan mulai memperbanyak perbendaharaan kosakata dari apa yang didengar ataupun dilihat. Saat memasuki usia 3 tahun, kemampuan bahasanya akan semakin membaik dan Realfoodfam dapat mulai mengajarkan anak untuk mengeja dan membaca.

Baca juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak dan Cara Mendeteksinya

5. Sosial dan Emosional

Menurut jurnal penelitian dari Syamsul Hadi pada tahun 2011, aspek perkembangan anak usia dini sosial emosional memiliki beberapa poin penting yang harus diperhatikan seperti, self awareness, social awareness, self management, relationship management, dan responsible decision making yang berfokus pada sikap, keterampilan, dan nilai dalam berinteraksi oleh anak-anak.

Realfoodfam bisa mencoba mengajarkan anak untuk bagaimana berteman dan berinteraksi dengan teman yang baru dikenalnya, bagaimana mereka harus bersikap serta apa yang tidak boleh dilakukan.

Pada dasarnya, hampir sebagian anak masih belum mampu mengendalikan egonya dengan baik, sehingga muncul sikap mau menang sendiri. Di sini peran Realfoodfam untuk mengomunikasikan dan memberikan arahan yang benar dibutuhkan.

Perilaku sosial sudah terbentuk dengan baik dari kecil akan membantunya untuk beradaptasi dengan baik ketika ia sudah tumbuh dewasa dan mampu mengomunikasikan segala sesuatu secara terbuka.

Hal ini dipengaruhi oleh emosi yang ada di dalam diri mereka. Untuk mengenali gejala-gejala emosi anak, Realfoodfam bisa mengamatiinya dari responnya dari lingkungan sekitar, bagaimana ia berbicara dengan orang lain, dan apakah anak mau mendengarkan perkataan orang lain atau tidak?

6. Seni

Pada usia 0-6 tahun perkembangan seni akan membantu peningkatan karakteristik anak. Terutama pada aspek perkembangan anak usia dini di bidang seni dan kreativitas. Aspek ini juga akan membantu perkembangan intelegensi visual spasial yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman akan detail di sekitar. Di sinilah peran orang tua dibutuhkan.

Realfoodfam setidaknya harus memahami berbagai jenis kecerdasan anak untuk membantu mendorong potensi yang sudah dimiliki sejak dini. Realfoodfam bisa mengandalkan pendidikan usia dini atau PAUD yang dapat memegang peranan positif untuk perkembangan karakter dan kecerdasan anak sedini mungkin.

Baca juga: 10 Tahapan Tumbuh Kembang Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua

 

Sumber

  • https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20161117154925/
  • https://disdikpora.bulelengkab.go.id/artikel/perkembangan-anak-usia-dini-9
  • http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/1295
  • https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2mo.html
  • https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/early-childhood-development/
  • https://www.verywellfamily.com/definition-of-domain-3288323
  • https://developingchild.harvard.edu/guide/what-is-early-childhood-development-a-guide-to-the-science/
  • JPNF Edisi 10 2013: Puspita, Aspek-aspek Penting Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
  • Bailey, D. B., Burchinal, M. R., & McWilliam, R. A. (1993). Age of Peers and Early Childhood Development
  • https://hundred.org/en/innovations/5-areas-of-development#ae4a7216
  • https://www.verywellmind.com/piagets-stages-of-cognitive-development-2795457

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars