7 Ciri-Ciri yang Menandakan Anak Pintar dan Cerdas

18 November 2020
ciri ciri anak pintar dan cerdas

Setiap anak memiliki keunikannya tersendiri dan tidak bisa dibandingkan dengan anak lainnya, apalagi dalam hal kecerdasan. Biasanya, tidak sedikit orang yang menghubungkan kecerdasan anak dari tingkat IQ (intelligence quotient). Anak yang memiliki score IQ lebih dari 120 merupakan kategori tingkat IQ tinggi yang merupakan ciri-ciri anak yang pintar dan juga cerdas.

Faktor lingkungan internal dan eksternal juga dapat memengaruhi kecerdasan anak, contohnya seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi, mengikuti bimbingan belajar, dan sebagainya. Dengan memaksimalkan kemampuan anak, tentu mereka akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal baru.

Biasanya, anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata sudah bisa dideteksi sejak dini. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Berikut ini ciri-ciri anak yang cerdas dan pintar, yang berpotensi memiliki kecerdasan tinggi.

1. Memiliki Daya Ingat yang Baik

Anak yang cerdas biasanya akan mudah mengingat suatu peristiwa. Selain mampu mengekspresikan secara verbal, mereka juga bisa melakukan penyelesaian terhadap masalah.

Meskipun peristiwa tersebut terjadi cukup lama, anak akan tetap mengingatkan dan bisa menjelaskannya secara rinci kepada orang tuanya. Hal tersebut dikarenakan kemampuan kapasitas otak yang baik untuk bisa mengingat hal dengan detail.

Namun, ada juga anak-anak yang memiliki masalah dengan daya ingat. Bila hal itu terjadi, Realfoodfam bisa mencoba meningkatkan daya ingat anak sejak dini. Dilansir dari situs Moms, orang tua dapat membantu mengembangkan daya ingat anak dengan memotivasi mereka agar rutin membaca buku ilmu pengetahuan.

Selain meningkatkan kapasitas memori otak, anak juga dapat mengembangkan kemampuan untuk menghafal. Para orang tua dapat melakukan tes pertanyaan terkait dengan buku yang mereka baca untuk mengetahui sejauh mana mereka bisa menyerap informasi.

2. Dapat Berpikir dengan Cepat & Mudah Mengerti

Salah satu tanda anak yang cerdas ialah anak yang dapat berpikir cepat. Realfoodfam bisa melatih mereka dengan bertanya kepada mereka dan lihat bagaimana mereka merespon pertanyaan yang diberikan. Seorang anak yang pintar akan cenderung lebih memahami hal yang dijelaskan dalam waktu singkat.

3. Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Menurut penelitian dari Harvard Business Review, ciri anak yang pintar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang berbagai hal. Mereka tidak akan ragu untuk bertanya secara detail kepada orang dewasa.

Itu sebabnya mengapa anak yang sudah memiliki bakat dari lahir, cenderung akan lebih sering bertanya kepada orang yang lebih dewasa untuk mengetahui jawabannya dibandingkan bertanya dengan teman yang seumuran.

Baca juga: Pedoman Makanan dengan Gizi Seimbang

4. Senang Membaca

Menurut Joseph Addison, anak yang pintar rata-rata akan mulai senang membaca sebelum usia empat tahun. Bila anak sudah memiliki ketertarikan untuk membaca buku, ada baiknya Realfoodfam memberikannya buku pengetahuan khusus untuk anak-anak.

Semakin sering mereka membaca, tentu akan meningkatkan minat serta ketertarikannya untuk terus mengetahui banyak hal. Hal inilah yang akan membuat kecerdasan anak meningkat.

Apabila anak kurang memiliki minat membaca, Realfoodfam bisa mencoba memberikan stimulus dengan membelikan buku cerita bergambar atau mengajaknya menonton film yang mengedukasi untuk menarik perhatiannya.

5. Memiliki Tingkat Konsentrasi yang Baik

Anak yang dapat memusatkan perhatian pada apa yang dilakukannya, menandakan bahwa mereka adalah tipe anak yang dapat berkonsentrasi dengan baik. Namun, bukan berarti anak yang tidak bisa fokus dan berkonsentrasi tidak cerdas sama sekali.

Dengan berkonsentrasi, otak akan lebih fokus untuk berpikir dan memvisualisasikannya dalam pikiran. Bila anak memiliki masalah dengan konsentrasi, ada baiknya agar Realfoodfam berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

6. Dapat Berbicara yang Lancar

Keterampilan anak berbicara dari kecil dipengaruhi oleh perkembangan otaknya yang cepat dan tanggap. Anak bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya melalui kata-kata. Jadi, ajak anak terus berkomunikasi untuk terus mengasah kemampuannya.

Bila anak sudah mulai dewasa, Realfoodfam bisa menjalin komunikasi yang lebih intens kepada anak agar mereka mau terbuka menceritakan hal-hal yang dialaminya sepanjang hari.

Baca juga: Ragam Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Tubuh

7. Memiliki Kemampuan Musikal

Dilansir dari situs Learning Liftoff, studi menunjukkan anak yang cerdas memiliki ketertarikan terhadap musik. Bermain musik dapat membuat anak berpikir lebih kreatif. Jadi, bila Realfoodfam melihat anak sedang mencoba memainkan piano ataupun gitar, cobalah untuk mengajarkannya dengan sabar agar mereka kian tertarik untuk memperdalam minatnya tersebut.

Berikan dukungan dengan mendaftarkan anak untuk mengikuti les musik, melalui persetujuan anak. Dengan begitu, anak akan memiliki hobi yang positif dan bisa membantunya memelajari hal baru di luar bidang akademik.

Itulah beberapa ciri-ciri anak yang pintar dan juga memiliki potensi kecerdasan di atas rata-rata. Sebagai orang tua, Realfoodfam berperan untuk terus menjaga tumbuh kembang anak dengan baik. Namun, ada pula anak yang belum menunjukkan ciri-ciri kecerdasannya sehingga orang tua bisa mengarahkannya. Perlu diingat, arahkan dengan cara yang tidak terlalu keras agar anak tidak merasa tertekan.

Bagi Realfoodfam yang sedang mengandung, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil agar calon bayi bisa tumbuh sehat dan cerdas.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars