9 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini

17 November 2020
cara melatih daya ingat anak

Perkembangan memori anak sangat penting bagi pertumbuhan. Kemampuan untuk mengingat atau menghafal yang baik dapat menunjang prestasi akademik di sekolah. Tentunya sebagai orang tua, Realfoodfam ingin buah hati tumbuh dengan sehat, cerdas, dan kreatif, bukan? Keterampilan ini tidak muncul begitu saja, tapi bisa dilatih sejak dini.

Ingin tahu cara melatih ingatan  anak? Yuk, simak cara meningkatkan daya ingat anak sejak dini di bawah ini!

1. Berikan Asupan Makanan yang Bergizi

Cara meningkatkan daya ingat anak yang pertama bisa Anda adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Menurut penelitian dari Harvard University, nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak meliputi Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, protein, zat besi, yodium, kolin, seng, asam folat, dan Omega 3. Realfoodfam bisa mencoba mengikuti Pedoman Makanan Gizi Seimbang yang dibutuhkan untuk anak.

2. Atur Tidur Anak Supaya Teratur

Mungkin selama ini masih banyak orang tua yang memandang sebelah mata kebutuhan tidur si kecil. Padahal dengan mencukupi kebutuhan tidur si kecil ini maka akan membantu tumbuh memori otaknya dengan baik.

Dilansir dari The Australian Parenting, kualitas tidur yang baik dapat membantu anak agar lebih mudah berkonsentrasi. Sebaliknya, waktu tidur yang tidak teratur atau kurang dari 8 jam dapat memmengaruhi daya ingat anak dan membuatnya jadi sulit berkonsentrasi.

Baca juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak dan Cara Mendeteksinya

3. Ajarkan Teknik Mind-Mapping

Teknik mind mapping adalah pemetaan dari topik utama yang dibahas. Prinsipnya seperti akar yang akan memiliki banyak cabang sebagai penghubung antara satu topik dengan topik yang terkait lainnya.

Dengan mempelajari cara ini, anak akan lebih mudah memahami suatu materi dibandingkan sekadar menghafal. Sebab ia akan mendapatkan gambaran informasi yang lebih detail dan ringkas secara visual.

4. Minta anak untuk Menerangkan Kembali

Untuk menguji ingatan anak, cobalah untuk meminta mereka menerangkan kembali apa yang telah diajarkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anak bisa menangkap informasi yang baru saja diberikan.

5. Biasakan Anak untuk Membaca

Membaca buku dapat membantu melatih daya ingat otak sekaligus menambah informasi baru. Realfoodfam bisa membuat jadwal belajar dan membaca buku. Nah, supaya terasa lebih menyenangkan saat membaca buku pelajaran, Realfoodfam juga bisa memberikan arahan kepada anak untuk menandai bagian-bagian penting menggunakan stabilo warna cerah, seperti hijau, biru dan, orange agar lebih mudah mengingatnya.

Baca juga: Ini 4 Rahasia Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

6. Gunakan Imajinasi Anak

Untuk membantu mempermudah penjelasan, Realfoodfam dapat menggunakan imajinasi anak dengan memintanya untuk membayangkan sesuatu yang berhubungan dengan apa yang dijelaskan. Konsepnya adalah dengan mengaitkannya dengan dengan objek visual tertentu.

Misalnya, saat sedang menjelaskan tentang kucing, maka Realfoodfam bisa mulai menyuruhnya membayangkan hewan berkaki empat, berukuran kecil, dan suka mengeong. Dengan membiasakan cara ini, maka otak akan bekerja untuk mengenali pola visual.

7. Bermain Sambil Belajar

Dilansir dari situs understood.org, bermain kartu ataupun catur bisa membantu meningkatkan kapasitas otak untuk mengingat apa yang sudah dilakukan. Dengan menggunakan metode ini, anak tidak merasa terbebani dan merasa bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Realfoodfam juga bisa mencoba beberapa rekomendasi permainan lain untuk melatih daya ingat anak dari berbagai situs seperti yang tersedia di https://faculty.washington.edu/chudler/chmemory.html.

8. Menyusun Puzzle

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan latihan otak pada si kecil.  Salah satunya adalah dengan memainkan puzzle. Puzzle memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Realfoodfam bisa mencoba memberikan puzzle sederhana untuk melatihnya menyusun puzzle menjadi kesatuan gambar yang utuh. Apabila tidak berhasil, Realfoodfam tidak perlu memarahinya. Yang terpenting adalah bagaimana anak mau belajar agar kemampuan daya ingatnya bisa meningkat.

9. Lakukan Secara Rutin

Melakukan hal-hal secara rutin akan membentuk kebiasaan anak. Bila ingin fungsi memori anak terus berkembang, Realfoodfam disarankan membuat jadwal rutin untuk menerapkan berbagai tips yang telah dijelaskan di atas.

Dilansir dari situs Flintobox, kebiasaan yang terus dilakukan akan membuat ingatan anak semakin kuat. Sebagai contoh, jika ada anak yang membaca buku setiap malam sebelum tidur, maka hal itu dapat memengaruhi tingginya minat membaca hingga dewasa.

Untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi harian anak, Realfoodfam bisa mencoba mengikuti Program 12 Hari Stay Fit dari Realfood yang merupakan formula Semi-Concentrated Bird’s Nest dengan gula batu. Terdapat pula kandungan Asam Amino Fenilalanin yang membantu meningkatkan daya ingat. Jadi, selain melakukan hal-hal di atas untuk meningkatkan daya ingat anak sejak dini, dukung si kecil dengan Program Realfood Stay Fit juga, yuk!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars