5 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien untuk Anak

06 Januari 2021
cara belajar yang efektif

Terkadang, anak akan merasa lelah dan mudah bosan bila harus berlama-lama belajar. Lalu, apa yang biasanya para orang tua lakukan? Agar kemampuan anak terus meningkat dan mereka tidak mudah bosan, ada beberapa metode belajar yang bisa digunakan.

Lalu, bagaimana cara belajar yang efektif? Berikut metode cara belajar yang efektif dan efisien untuk anak.

1. Pahami Konsep Bahan Bacaan

Banyak yang beranggapan bahwa dengan menghafal, maka seseorang sudah dianggap belajar dengan cara yang tepat. Namun, hal tersebut tidak benar sepenuhnya. Membaca buku berulang-ulang hanya akan tersimpan didalam memori jangka pendek.

Dikutip dari Learning Center, belajar itu perlu dilakukan secara aktif agar engagement untuk hasil yang lebih maksimal. Dasarnya adalah untuk membuat anak dapat berkonsentrasi dan  memahami apa yang dibacanya. Caranya adalah dengan aktif berpendapat dalam kelas, membuat catatan khusus dari inti bacaan, atau membuat mind map.

2. Temukan Metode Belajar yang Sesuai dengan Anak

Cara belajar yang efektif dari setiap orang akan berbeda satu sama lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemaksimalan belajar seseorang. Tertulis dalam ‘Internal And External Factors Of Effective Learning Education Essay’ yang menyatakan bahwa diri pribadi pelajar, lingkungan rumah, dan sekolah adalah faktor krusial.

Sebagai orang tua, Realfoodfam bisa mencoba menerapkan tips untuk membuat proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan.

  • Pahami Materi

Akan lebih efektif jika belajar berkonsentrasi pada satu hal terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anak benar-benar memahami materi yang dibacanya bila harus belajar banyak hal dalam waktu bersamaan.

  • Berikan Latihan

Setelah anak selesai belajar, coba ajukan beberapa pertanyaan dari apa yang sudah dibacanya. Cara ini bertujuan agar ingatannya tetap menyimpan informasi dari apa yang telah dipelajari.

  • Lakukan Perbaikan

Proses belajar tentu membutuhkan waktu, karena itu bila anak masih belum sepenuhnya benar dalam mengerjakan soal latihan. Berikan kesempatan pada mereka untuk memperbaikinya.

Intinya, jangan pernah memarahinya karena kesalahannya. Akan lebih bijak bila Realfoodfam memberitahu di mana letak kesalahan mereka agar mereka tidak melakukannya lagi.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri yang Menandakan Anak Pintar dan Cerdas 

3. Buat Jadwal Belajar yang Teratur

Jika anak merasa bosan untuk belajar, cobalah untuk menciptakan kebiasaan belajar khusus tapi tidak membuat mereka merasa stres. Salah satunya adalah dengan membuat disiplin jam belajar khusus.

Membentuk kebiasaan seperti ini memang tidaklah mudah. Untuk itu, sebagai orang tua Realfoodfam bisa memberikan pengertian kepada mereka atau bahkan memberi waktu luang untuk mereka beristirahat agar pikirannya bisa rileks sejenak lalu bisa mulai belajar kembali.

Dengan membentuk kebiasaan seperti ini, maka secara otomatis anak akan terprogram untuk selalu belajar dengan cara yang tepat tanpa merasa tertekan. Buatlah proses belajar yang menyenangkan agar mereka lebih mudah menyerap informasi yang dibaca.

4. Minimalisir Gangguan Belajar

Melakukan multi tasking justru akan mengurangi efisiensi belajar. Solusi utamanya adalah mengurangi distraksi atau hal yang mengalihkan perhatian, seperti game, TV, dll.

Jadi, selama periode jam belajar mereka harus fokus dan tidak boleh bermain-main. Setelah selesai belajar, berikan jeda atau jam istirahat sebelum mereka belajar atau diberikan tes. Penting juga untuk para orang tua untuk mengetahui berbagai jenis kecerdasan anak agar tahu kelebihan mereka dibidang apa dan bagaimana cara memaksimalkannya.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini

5. Ajak Anak Berolahraga

Berolahraga dapat membantu memaksimalkan cara kerja otak dalam hal menangkap informasi baru. Hal tersebut didukung penelitian oleh Nanda, Balde, dan Manjunatha, 2013, dan penelitian dari Jepang (2013) yang menyatakan bahwa berolahraga ringan akan mempengaruhi kontrol kognitif, daya serap, dan meningkatkan daya ingat yang lebih baik.

Selain menggunakan waktu dengan baik untuk beristirahat sejenak dan membuat jadwal belajar yang teratur, olahraga dapat mendukung anak agar cara belajarnya semakin efisien.

Melakukan belajar secara berlebihan tidak selalu memberi hasil yang baik. Pada dasarnya, pengaruh dari hasil suatu pembelajaran berkaitan dengan kompetensi dan partisipasi pelajar itu sendiri. Karena itulah, Realfoodfam harus tahu teknik dan metode belajar yang paling sesuai untuk anak agar anak  tidak merasa bosan dan dapat mencapai potensi terbaiknya.

Selain itu, penting juga untuk memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung perkembangan si kecil. Realfoodfam dapat memberikan si kecil Realfood Stay Fit yang diformulasi untuk si kecil. Mengandung Asam Amino Triptofan yang baik untuk meningkatkan daya ingat, program satu ini dapat menjadi andalan ibu untuk mendukung tumbuh kembang anak.

 

Baca juga:

 

Sumber:

  • https://www.ukessays.com/essays/education/internal-and-external-factors-of-effective-learning-education-essay.php
  • https://bpsmedicine.biomedcentral.com/articles/10.1186/1751-0759-7-18
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3809627/
  • https://www.youthcentral.vic.gov.au/study-and-training/help-with-study/how-to-study-better/top-10-study-tips
  • https://www.edutopia.org/article/5-research-backed-studying-techniques
  • https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1080/0309877X.2016.1188898

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars