makanan penambah imun tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat menjadi hal penting karena imun tubuh yang lemah dapat menyebabkan tubuh mudah sakit atau terpapar virus. Untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Selain menerapkan pola hidup sehat, mengonsumi makanan bergizi juga dapat membantu meningkatkan sistem imun. Seperti dilansir dari Medical News Today, sistem imun terdiri dari organ, jaringan, sel, dan protein yang dapat melawan patogen, yaitu bakteri, virus, dan benda asing penyebab infeksi atau penyakit. 

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Ketika imun tubuh bersentuhan dengan patogen, hal itu dapat memicu respons imun. Sistem imun ini kemudian melepaskan antibodi yang dapat melawan patogen dan membunuhnya.

Makanan penambah imun tubuh 

Menambah asupan nutrisi dari makanan tertentu dapat menjadi imun booster bagi tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit. Lalu, makanan apa sajakah, yang dapat dijadikan sebagai imun booster? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di tulisan ini.

1. Jeruk

Ketika terserang flu, kebanyakan orang langsung beralih ke vitamin C. Lantaran, vitamin C dapat membantu membangun sistem daya tahan tubuh sekaligus berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi kunci untuk melawan infeksi. 

Umumnya, kandungan vitamin C yang tinggi dapat ditemukan di semua buah jeruk. Buah jeruk yang populer dan kaya akan vitamin C ini meliputi:

  • Jeruk lemon
  • Jeruk nipis
  • Jeruk bali

Oleh karena itu, vitamin C dapat dengan mudah dikonsumsi sehingga tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C lagi, kecuali jika dokter merekomendasikannya. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter sebelum Realfoodfam mengonsumsi suplemen vitamin C apa pun, ya!

Baca Juga: 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi atau disimpan di dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi vitamin C memerlukan batasan. Jumlah harian vitamin C yang disarankan untuk orang dewasa adalah 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita. Jika menambahkan suplemen vitamin C, sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 mg dalam sehari. 

Meski vitamin C mampu membantu memulihkan tubuh lebih cepat dari penyakit flu. Namun, belum ada bukti ilmiah yang menunjukan bahwa vitamin C efektif dalam melawan virus corona.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang hampir sering dijumpai di setiap masakan di dunia. Bahan makanan satu ini selain dapat meningkatkan cita rasa pada makanan, dapat berguna juga bagi kesehatan. 

Sejak peradaban awal, bawang putih telah dikenal mampu melawan infeksi dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur atau belerang seperti allicin.

3. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak sumber vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, sayuran satu ini juga mengandung banyak zat antioksidan dan serat yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada brokoli tetap utuh, sebaiknya masak brokoli dengan cara dikukus. 

4. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan probiotik dan sumber vitamin D. Vitamin D sendiri diketahui dapat membantu mengatur sistem imun tubuh dan dianggap dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. 

Ketika mengonsumsi yogurt, cobalah untuk mencari yogurt bebas gula. Jika Realfoodfam ingin menambahkan rasa, lebih baik tambahkan pemanis yang berasal dari madu atau buah-buahan segar.

5. Bayam

Selain brokoli, bayam juga termasuk sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Bayam termasuk makanan super (super food) yang memiliki banyak nutrisi, di antaranya adalah folat yang dapat membantu tubuh dalam membentuk sel-sel baru dan memperbaiki DNA.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. 

Sama dengan brokoli, cara mengonsumsi bayam yang paling sehat adalah dengan cara dimakan secara mentah atau dimasak sesederhana mungkin agar nutrisi pada bayam tetap terjaga.

6. Sarang burung Walet

Sarang burung sudah dikenal lebih dari 500 tahun lalu di Tiongkok lewat Dinasti Ming. Sarang burung walet juga sangat dihargai dalam budaya Tiongkok karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan rasa yang lezat. 

minuman sarang burung walet

Seperti dilansir The Star, sarang burung memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, meredakan penyakit pernapasan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi sarang burung secara rutin minimal 12 hari, hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Realfoodfam.

Baca Juga: 5 Ragam Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Tubuh

Bagi Realfoodfam yang ingin menjaga sistem metabolisme dan daya tahan tubuh tetap sehat, cobalah rutin mengonsumsi sarang burung walet yang mengandung asam sialat yang bisa ditemukan dalam program Royal Wellness

Selain baik untuk penderita asam lambung, Royal Wellness juga dapat membantu memulihkan tubuh setelah operasi berkat kandungan Epidermal Growth Factor (EGF) sehingga mempercepat proses regenerasi sel dalam tubuh.

Nah, itulah enam makanan penambah imun tubuh yang bisa Realfoodfam konsumsi untuk bantu tingkatkan daya tahan tubuh supaya tetap sehat dan terhindar dari penyebaran virus serta penyakit. Yuk coba Realfood Royal Wellness sekarang!

Sumber:

  • The Star. Diakses pada Agustus 2021. Boost your immune system with bird’s nest https://www.thestar.com.my/lifestyle/living/2016/11/28/boost-your-immune-system-with-birds-nest
  • Webmd. Diakses pada Agustus 2021.16 Foods That Boost Your Immune System. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods 
  • Medical News Today. Diakses pada Agustus 2021. The Best Foods for Boosting Your Immune System. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412
  • Healthline. Diakses pada Agustus 2021. 15 Foods That Boost the Immune System. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#citrus-fruits