Meningkatkan Imun Tubuh

Realfoodfam, tahu gak sih kalau ada banyak sekali hal yang kamu lakukan sehari-hari dan memiliki manfaat untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh? Namun, banyak juga lho yang membuat imunitas tubuh turun! Ini dia 15 cara meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu tubuhmu melawan virus corona!

  1. Penuhi Kebutuhan Air Setiap Hari
    Siapa yang masih suka malas minum air putih? Well, yuk ganti dan pastikan kamu memenuhi 2-3 liter air putih setiap harinya sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh. Salah satu organ yang termasuk menjaga sistem imun adalah kelenjar timus dan sumsum tulang, sangat membutuhkan air dan elektrolit sehingga tubuh sangat membutuhkan air untuk dapat menjaga sistem imunitas tubuh. Tidak melulu harus air putih kok, Realfoodfam bisa mengonsumsi dalam bentuk sup dan minuman suplemen penambah imunitas tubuh.
    Baca Juga: Ganti Kopi Susu Kekinianmu dengan Minuman Rendah Kalori
  2. Menyanyi
    Apa hubungannya menjaga imunitas tubuh dengan menyanyi? Sebelum protes, ternyata menyanyi adalah salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh. Menurut sebuah penelitian, menyanyi dapat meningkatkan kesehatan mental sehingga mood pun menjadi lebih positif dan sistem imun meningkat! Yuk, siapkan dirimu dan kita luangkan waktu to sing your heart out!
  3. Luangkan Waktu untuk Berjemur
    Apakah hanya penderita COVID-19 yang harus berjemur? Faktanya, meskipun Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun, kebanyakan orang Indonesia kekurangan vitamin D! Padahal Vitamin D sangat berpengaruh sebagai cara menjaga imunitas tubuh. Itulah mengapa sangat penting untuk mengonsumsi vitamin D setiap hari setelah makan makanan berlemak dan menghabiskan waktu setidaknya 5-10 menit berjemur antara pukul 10.00-14.00 untuk mendapatkan sinar UV B untuk membentuk vitamin D tubuh.
  4. Penuhi Kebutuhan Tidur yang Berkualitas
    Pastinya sudah tahu dong kalau orang dewasa butuh waktu tidur setidaknya 7-8 jam setiap harinya? Mungkin sebagian dari Realfoodfam merasa lebih penting menghabiskan waktu untuk bekerja daripada beristirahat, tapi percayalah, tubuhmu juga butuh istirahat. Terlalu banyak begadang dan kurang tidur sendiri dapat menyebabkan bertambahnya kadar lemak di tubuh, dan kemudian imunitas tubuh berkurang. Jadi pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur yang berkualitas 8 jam sehari sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh!
    Baca Juga: 3 Manfaat Sarang Burung Walet Sebagai Minuman Sehat
  5. Bangun Lebih Pagi
    Setelah memenuhi kebutuhan tidur 8 jam sehari, pastikan juga untuk menyempatkan bangun tidur lebih pagi. Bangun lebih pagi akan membuatmu merasa lebih siap menjalani hari, terlebih jika menyempatkan waktu untuk berolahraga sebelum sarapan. Setidaknya lakukan jalan pagi setidaknya 30 menit setiap hari sambil menikmati udara pagi yang segar. Niscaya bangun lebih pagi dan lebih banyak bergerak dapat menjaga imunitas tubuh.
  6. Mandi Air Dingin Lebih Sering
    Sebuah penelitian klinis di Belanda menunjukkan bahwa orang yang mandi dengan air dingin 29% lebih tahan dari penyakit dan 54% lebih tahan jika diimbangi dengan olah raga teratur. Hal ini disebabkan rasa kaget dari air dingin akan menstimulasi leukocytes di aliran darah, yang berarti membantu Realfoodfam lebih resisten terhadap penyakit seperti pilek dan flu. So, yuk mulai mandi air dingin terutama di pagi hari!
  7. Tidur dalam Keadaan Gelap Gulita
    Alias hindari penggunaan lampu di malam hari! Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur lebih baik karena mampu meningkatkan kadar melatonin dan mengurangi risiko depresi. Hasilnya? Bangun di pagi hari dengan lebih segar dan pastinya mampu menjaga imunitas tubuh! Biasakan untuk mematikan semua lampu atau gunakan eye sleeping mask agar matamu benar-benar terblokir dari sinar saat tidur.
  8. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Simpel
    Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula dapat mengurangi sistem imunitas tubuh sehingga Realfoodfam akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena gula berlebih dapat menjadi “makanan” untuk virus. Terutama bagi Realfoodfam yang suka makan dan minum produk tinggi gula seperti bubble tea, nasi putih, mie instan, dan kue-kue manis. Sebaiknya mulai mengurangi makanan dan minuman tersebut ya!
    Baca Juga: Kabar Baik! Penelitian Menyebutkan Sarang Burung Walet Mampu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh
  9. Coba Konsumsi Kaldu
    Kaldu yang terbuat dari tulang sapi atau ayam yang dimasak lama dengan suhu yang tidak terlalu tinggi ternyata mampu menjaga kesehatan pencernaan dan bakteri baik di dalamnya. Bakteri baik di pencernaan tentunya akan menjaga imunitas tubuh. Selain itu, konsumsi kaldu juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang malas minum air putih lho!
  10. Tertawa!
    Coba deh habiskan waktu dengan keluarga, bercengkrama, dan bercerita sampai tertawa lepas. Atau coba cari konten yang jenaka agar kamu tertawa. Tertawa ternyata adalah cara meningkatkan sistem imunitas tubuh karena tertawa mampu menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel imunitas dan anti
  11. Pijat Tubuh
    Pijat tubuh, baik dipijatkan oleh orang lain atau memijat diri sendiri ternyata merupakan salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuang racun di dalam tubuh dengan cara meningkatkan peredaran darah. Pijat juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih di dalam tubuh untuk melawan penyakit dan dapat mengurangi hormon kortisol di dalam tubuh.
  12. Bergerak dan Berolah Raga!
    Ternyata setelah kita bergerak dan berolahraga, pro dan anti inflammatory cytokines dikeluarkan sehingga sirkulasi lymphocyte meningkat sehingga olahraga sangat baik sebagai cara menjaga imunitas tubuh. Meskipun gak bisa keluar rumah, Realfoodfam bisa kok berolahraga di rumah menggunakan rekaman video YouTube dan alat sederhana di rumah. Yuk, mulai berolahraga demi menjaga imunitas tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan!
    Baca Juga: Memiliki Ragam Nutrisi, Sarang Burung Walet Juga Memiliki Manfaat Sebagai Antivirus
  13. More Fibers!
    Selain kaldu, Realfoodfam juga sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak fiber atau serat. Baik serat larut maupun serat tidak larut, dapat menjaga sistem imunitas tubuh dan pencernaan. Serat sendiri mampu mendorong pergerakan organ pencernaan bagian bawah dan memberikan makanan baik bagi bakteri baik di pencernaan. Jadi lebih banyak konsumsi sayur, buah, dan serealia ya!
  14. Perkaya Rempah dalam Makanan
    Lebih banyak makan rempah yuk! Ternyata rempah itu bagus banget untuk menjaga imunitas tubuh lho! Pantas dulu negara kita dijajah 3,5 abad lebih karena rempah itu memang bagus banget lho! Rempah alami seperti kemiri, kayu manis, kapulaga, ketumbar, saffron, cabai, lada hitam, jahe, adas, bawang merah, bawang putih, dan jinten bisa ditambahkan di makanan sehari-hari sebagai cara menjaga imunitas tubuh! Rempah sendiri mengandung banyak antioksidan dan meningkatkan “Qi” di dalam tubuh sehingga kita mampu menjaga imunitas tubuh. Lagi pula, makanan tambah enak dengan rempah, kan?
  15. Konsumsi Sarang Burung Walet
    Sarang burung walet yang terbukti memiliki efek antivirus terutama untuk melawan virus Influenza A (IAV). Selain itu, sarang burung walet juga mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan imunomodulator untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Hal ini sudah dibuktikan di penelitian “The Anti-viral and anti-inflammatory Properties of Edible Bird’s Nest in Influenza dan Coronavirus Infection: From Pre-Clinical to Potential Clinical Application” lho!

Pastikan kamu memilih minuman dengan sarang burung walet berkualitas tinggi dan diproses secara higienis seperti Realfood. Kamu bisa memilih Fit With Realfood untuk kamu yang ingin minuman dengan konsentrasi sarang burung walet lebih tinggi atau Realfood UP untuk kamu yang mencari imun booster on-the-go yang menyegarkan tubuh! Tenang aja karena Realfood diproses dan dikemas secara higienis dan modern, sudah tersertifikasi Halal MUI dan BPOM lho! Selain rasanya yang enak, manfaatnya dalam menjaga imunitas tubuh dan kulit pun membuat produk ini banyak dicari masyakarat. Yuk coba Realfood sekarang!

Source: 

  • Immune System Hacks: 175+ Ways to Boost Your Immunity, Protect Against Viruses and Disease, and Feel Your Very Best! By Matt Farr
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6701813/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3639337/benarkah-banyak-penduduk-indonesia-yang-kekurangan-vitamin-d
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7387807/